Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 18:27 WIB | Selasa, 23 Desember 2014

Pengungsi Muslim Afrika Tengah dalam Kondisi Mengenaskan

Ilustrasi pengungsi Afrika Tengah. (Foto: hrw.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Ratusan warga Muslim di bagian barat Republik Afrika Tengah terjebak di daerah kantong Muslim dalam kondisi mengenaskan, Human Rights Watch melaporkan, Senin (22/12).

Mereka takut jika pergi dari tempat itu akan diserang. Pejabat pemerintah interim dan pasukan penjaga perdamaian PBB pun mencegah mereka jika melarikan diri ke luar negeri. Selain itu, mereka tidak diberi bantuan keamanan ketika mereka berusaha pergi.

“Mereka terjebak di beberapa daerah kantong menghadapi pilihan suram: pergi dan menghadapi kemungkinan serangan dari pejuang anti-Balaka. Atau, tinggal dan mati karena kelaparan dan penyakit,” kata Lewis Mudge, peneliti Afrika di HRW. “Meskipun ada alasan yang baik untuk memastikan bahwa populasi Muslim di negara itu tidak makin berkurang, dalam situasi saat ini, kebijakan pemerintah tentang tidak adanya evakuasi benar-benar tidak dapat dipertahankan.”

Pasukan penjaga perdamaian PBB tidak boleh terlibat dalam mencegah umat Islam meninggalkan lokasi tersebut untuk mencari keselamatan, kata HRW.

Pemimpin kamp di kantong-kantong Muslim barat, yaitu di Yaloké, Carnot, dan Boda kepada HRW selama misi penelitian dari 7 Desember sampai 14 Desember 2014 memperkirakan 1.750 Muslim—banyak dari mereka etnis penggembala Peuhl—putus asa dan ingin meninggalkan daerah mereka.

Mereka mengatakan bahwa banyak yang terjebak di tempat mereka tidak pernah hidup. Namun, mereka tidak dapat meninggalkan daerah itu karena takut para pejuang anti-Balaka, yang telah menyerang umat Islam di negara itu. Dan, pasukan penjaga perdamaian PBB, MINUSCA tidak berwenang untuk membantu mereka mencari keamanan. Dalam kantong Yaloké, pasukan penjaga perdamaian PBB telah berulang kali menggunakan kekuatan untuk menghentikan Muslim meninggalkan daerah itu.

Sebagian besar Muslim di bagian barat negara itu melarikan diri dari serangan brutal kelompok Kristen dan animisme anti-Balaka pada akhir 2013 dan awal 2014. Mereka yang tidak mampu mencapai Kamerun atau Chad terperangkap dalam kantong, di mana mereka telah menghabiskan bulan-bulan hidup dalam kondisi yang sulit. Para pejabat PBB, serta penjaga perdamaian Uni Afrika (AU) MISCA, dan Sangaris Prancis mendukung evakuasi pada akhir 2013 dan awal 201. Mereka membantu ribuan umat Islam untuk mencari keselamatan, termasuk di Kamerun. Tentara Chad juga mengevakuasi ribuan umat Islam.

Tapi pada April ketika lembaga-lembaga kemanusiaan PBB, bersama dengan Prancis dan penjaga perdamaian AU, akhirnya setuju, setelah tekanan internasional yang cukup besar, untuk mengevakuasi Muslim terkepung dari PK12, sebuah distrik di Bangui yang memicu kemarahan pemerintah interim. Mereka mengatakan tidak memberikan persetujuan. Pemerintah interim juga menentang setiap evakuasi lebih lanjut tanpa persetujuan mereka.

HRW bertemu dengan pejabat pemerintah, diplomat, dan perwakilan lembaga kemanusiaan yang mengatakan pemerintah interim tidak ingin warga lebih Muslim untuk meninggalkan negara itu karena takut dilihat sebagai pembersihan etnis. Pirette Benguele, pejabat administrasi atas Yaloké, mengatakan kepada HRW di Desember: “Kami tidak dapat menerima bahwa Peuhl dievakuasi. Ini adalah krisis politik dan kami membutuhkan mereka untuk tetap di negara kami ... jadi kami bisa mulai rekonsiliasi dengan mereka.”

Pejabat di Departemen Peace Keeping Operations PBB mengatakan kepada HRW pada 20 Desember bahwa PBB sangat mendesak otoritas transisi untuk mendukung transfer orang-orang yang ingin pergi.

Sejak keputusan April, pasukan penjaga perdamaian internasional dari AU dan pasukan pengganti PBB dikerahkan pada September untuk mencegah umat Islam meninggalkan daerah kantong Yaloké, tempat 509 etnis Peuhl hidup di gedung-gedung pemerintah bobrok di pusat kota. Para penjaga perdamaian telah menggunakan kekuatan fisik dan intimidasi untuk menghentikan Muslim mendapatkan pada konvoi komersial—biasanya puluhan truk menuju ke Kamerun—yang menghentikan 100 meter dari kantong dua kali seminggu. Pasukan penjaga perdamaian PBB memberikan pengawalan militer untuk konvoi untuk mencegah serangan dari anti-Balaka dan bandit lainnya.

Petugas kamp mengatakan kepada HRW bahwa mereka melihat konvoi sebagai yang terbaik, dan mereka aman. Ini cara untuk mencapai Kamerun karena mereka tidak memiliki akses lain untuk kendaraan dan pengemudi truk tidak keberatan. Pada Juni, HRW melaporkan bahwa pasukan penjaga perdamaian AU telah mengancam akan menembak Peuhl yang berusaha naik konvoi komersial untuk Kamerun.

Pada Desember, seorang wanita 55-tahun dari Mbaïki mengatakan kepada HRW: “Kami hanya ingin pergi ke Kamerun.  Saya punya anak di sana ... Kami telah berusaha berkali-kali meninggalkan tempat ini, tetapi jawaban dari MINUSCA selalu tidak. Kami telah mencoba setidaknya 12 kali untuk pergi, tapi setiap kali mereka menarik saya dari truk.”

Komandan PBB di Yaloké menegaskan bahwa pasukannya menarik kelompok Muslim itu dari truk, mengatakan bahwa ketika mereka diberi tahu tentang Peuhl yang “berusaha menyelinap ke konvoi, kami membawa mereka keluar dan menempatkan mereka kembali ke situs tersebut.”

Para pejabat penjaga perdamaian PBB di Bangui, ibu kota Afrika Tengah, dan perwakilan dari perwakilan khusus  Sekjen PBB untuk MINUSCA, mengunjungi situs di Yaloké pada Desember. Peuhl yang hidup di sana memberi tahu delegasi bahwa mereka ingin pergi, tapi sedang diblokir oleh pasukan penjaga perdamaian. Hukum Internasional memberi setiap orang hak “untuk meninggalkan negara mana pun, termasuk negara sendiri” dan untuk mencari suaka di luar negeri. Muslim di daerah-daerah kantong juga memiliki hak untuk kebebasan bergerak di negara mereka sendiri.

“Menggunakan kekuatan untuk menjaga umat Islam di daerah kantong Yaloké  agar tidak melarikan diri ke tempat yang aman bertentangan dengan segala sesuatu yang dibela PBB,” kata Mudge. “Pasukan penjaga perdamaian PBB seharusnya tidak memainkan bagian dalam kebijakan pemerintah yang melanggar hak-hak umat Islam untuk mencari keselamatan dan mengutuk mereka untuk kondisi mematikan di kantong.”

Mereka yang terjebak di Yaloké menghadapi kondisi buruk dengan angka yang tidak dapat diterima dan berkembang kematian yang tidak dapat dihindari. Sejak Februari, perwakilan kamp telah mencatat kematian 42 Peuhl, banyak dari mereka anak-anak, kekurangan gizi dan gangguan pernapasan dan penyakit lainnya. Profesional kesehatan di rumah sakit setempat mengatakan tingkat kematian di antara Peuhl secara signifikan lebih tinggi daripada penduduk lainnya Yaloké itu. Pada periode enam bulan yang sama bahwa staf rumah sakit mencatat kematian 13 anak dari wilayah kantong itu, hanya satu anak lokal meninggal. Etnis Peuhl telah menerima beberapa bantuan kemanusiaan, tetapi tidak tepat dan tidak cukup untuk menghentikan tingkat pertumbuhan malnutrisi.

Pada l 9 Desember setelah mengunjungi situs Yaloké, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengeluarkan laporan yang menggambarkan kondisi yang menyedihkan dan menyerukan “evakuasi semua [pengungsi] Peuhl dari Yaloké.”

Di kantong-kantong Carnot, Berberati, dan lingkungan Muslim di Boda, kondisi hidup yang kurang mengancam jiwa, namun ratusan umat Islam masih mengungkapkan keinginan untuk meninggalkan tempat itu. Pasukan penjaga perdamaian PBB di situs tersebut tidak menghalangi umat Islam meninggalkan kaki, tapi Muslim mengatakan mereka takut serangan anti-Balaka dan membutuhkan bantuan pasukan penjaga perdamaian untuk mencapai keselamatan. Sering putus asa, banyak umat Islam telah meninggalkan Carnot dan Berberati dengan menyelenggarakan transportasi mereka sendiri. Dua kantong jauh dari jalan utama ke Kamerun, dan tidak ada konvoi biasa lewat. Beberapa berhasil ke Kamerun atau tempat-tempat lain keselamatan; lain tidak.

Pada akhir November pria Peuhl diserang oleh anti-Balaka ketika ia berusaha meninggalkan Carnot di malam hari dengan istrinya untuk mencari anak-anak mereka, yang mereka percaya berada di Kamerun. Para penyerang berusaha memotong tangannya, patah tulang kakinya dengan parang, dan keesokan paginya menggorok lehernya, membunuh dia.

Di Berberati, pada 19 September, sekelompok orang menyerang Harouna Rachid Mamouda, seorang Imam, ketika ia meninggalkan paroki Katolik untuk menurunkan surat. Penyerang sedang mendiskusikan cara membunuhnya ketika polisi lokal dan pasukan penjaga perdamaian PBB menyelamatkannya.

“Warga Muslim yang tersisa hanya punya pilihan mengerikan hidup dalam kondisi putus asa dalam kantong atau mengarungi tantangan dengan berusaha mencapai Kamerun sendiri,” kata Mudge. “Pemerintah transisi harus bekerja dengan para pejabat PBB untuk membantu Muslim yang ingin meninggalkan dan untuk secara substansial meningkatkan kondisi bagi mereka yang memutuskan untuk tetap.”

Krisis di Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah telah krisis akut sejak awal 2013, ketika pemberontak Séléka sebagian besar Muslim merebut kekuasaan dalam kampanye yang ditandai dengan pembunuhan terhadap warga sipil, pembakaran dan penjarahan rumah, dan kejahatan berat lainnya. Pada pertengahan 2013, kelompok yang menyebut diri mereka anti-Balaka didirikan untuk memerangi Séléka. Anti-Balaka mulai melakukan serangan balasan besar-besaran terhadap warga sipil Muslim di Bangui dan bagian barat negara itu.

Pembentukan Kantong-kantong

Dalam menghadapi serangan dan tekanan militer dari pasukan penjaga perdamaian Prancis, Séléka menarik diri dari wilayah barat, meninggalkan umat Islam pada belas kasihan dari anti-Balaka. Puluhan ribu Muslim yang melarikan diri ke Kamerun atau daerah lain di negeri ini. Ribuan menemukan keselamatan di paroki-paroki Katolik, pangkalan militer AU dan pasukan penjaga perdamaian Prancis, dan di lingkungan Muslim. Pada Desember 2014, diperkirakan 415.000 orang, sebagian besar dari mereka Muslim, telah melarikan diri negara dan 10.500 lainnya yang dilindungi oleh pasukan penjaga perdamaian di beberapa kantong-kantong Barat—Carnot, Yaloké, Boda, dan Berberati, antara lain. Di Bangui, Muslim juga berkumpul terhadap serangan.

Banyak Muslim sipil menghadapi kekerasan ekstrem sebelum tiba ke kantong, dan ribuan orang meninggal. Dalam Carnot, pada Februari, anti-Balaka menewaskan sedikitnya 110 warga sipil Muslim dalam beberapa hari setelah kepergian Séléka, menurut penelitian dan informasi HRW dari para pemimpin Muslim setempat.

Banyak yang berusaha lari ke paroki Katolik, tempat pasukan penjaga perdamaian AU memiliki dasar, tetapi beberapa tidak bisa dan bersembunyi di rumah-rumah atau rumah teman-teman mereka. Di rumah pedagang berlian, 13 orang bersembunyi dari anti-Balaka selama sembilan hari tanpa makanan. Pada hari kesepuluh, sekitar 20 anti-Balaka menyerang, kata seorang saksi mata. Beberapa orang bergegas ke langit-langit untuk bersembunyi, tetapi anti-Balaka menemukan mereka dan mengikat mereka bersama-sama. Para penyerang berusaha meminta tebusan atas enam korban dan mengeksekusi tujuh lainnya.

Pejuang anti-Balaka juga menewaskan sedikitnya 72 pria Muslim dan anak laki-laki, sebagian masih berusia 9, dalam dua serangan di Guen, di barat daya, pada 1 dan 5 Februari. Selama serangan kedua, anti-Balaka menyerang properti tempat ratusan Muslim mengungsi. Mereka dibagi sekitar 45 orang dalam dua kelompok, membawa mereka ke luar dari kompleks, memaksa mereka untuk berbaring di tanah, dan mengeksekusi mereka.

Anti-Balaka juga menyerang etnis Peuhl tanpa henti ketika mereka melarikan diri ke kota-kota barat. Kaum Peuhl adalah etnis minoritas Muslim yang secara tradisional hidup sebagai pengembara dengan kawanan ternak besar. Sebelum konflik mereka diperkirakan jumlah sekitar 300.000—kurang dari satu persen dari 4,5 juta warga Republik Afrika Tengah. Tersebar di seluruh wilayah barat, kelompok Peuhl mencoba melarikan diri ke Kamerun atau membuat jalan mereka ke daerah-daerah kantong sekaligus berusaha keras untuk menjaga ternak mereka—mata pencaharian mereka —dengan mereka. Perjalanan mereka berbahaya dan sulit.

Maimouna Aldou, seorang Peuhl yang melarikan diri dari kota Zawa, 20 kilometer dari Yaloké, menjelaskan kepada HRW Maret bagaimana anti-Balaka membunuh suaminya dan dua anak sehari setelah mereka meninggalkan:

Suami saya Mumarou Dougo dan anak Aliou tewas di jalan. Saya juga kehilangan putra 4 tahun saya, Mamadou. Dia berada di belakang saya dan ia susah bernapas  dan saya turunkan dia untuk mencari air. Tapi anti-Balaka mengejutkan kami dan aku menyelimutinya dengan kain. Saya ditangkap dan anti-Balaka berkata kepada saya, 'Jika seorang gadis Anda bisa menjaganya, tetapi jika itu adalah anak laki-laki, tinggalkan dia dan kami akan membunuhnya. “Saya tidak tahu apakah mereka menguburkan anak saya.

Bersama dengan empat orang Peuhl, dia dibawa ke desa Dingiri. Setelah seminggu, “Pemimpin anti-Balaka kembali dan berkata, 'Mengapa kamu membiarkan orang Peuhl ini di sini?” Orang-orang itu dibawa pergi dan dibunuh,” katanya. Menurut para saksi, orang-orang itu “Oumarou Arto, Abdoulai Maloume, Saidou, dan Aladji Toguel.”

Banyak ibu Peuhl menggambarkan bagaimana anak-anak mereka meninggal setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan putus asa berjalan untuk mencari keselamatan. Astah Adamou, 15, dari Zawa, mengatakan bahwa anti-Balaka membunuh kakaknya, Aliou Gibril, luar Dingiri. Dia melarikan diri dan setelah beberapa bulan berjalan, akhirnya tiba di kantong Carnot dengan putri 8 bulan lamanya, Fadimatou. Putrinya meninggal pada hari berikutnya. “Sebelum kami pergi, dia adalah bayi yang kuat,” kata Adamou. “Tapi dia punya lebih lemah dan lebih lemah di jalan.”

Séléka juga membunuh warga sipil ketika mereka melarikan diri, termasuk sekitar Carnot. Kadang-kadang Séléka bergabung dengan penggembala Peuhl bersenjata dan berusaha memindahkan ternak mereka melalui wilayah tersebut. Bersama kelompok ini menyerang penduduk sipil yang dicurigai melindungi pejuang anti-Balaka.

Evakuasi Muslim

Kekerasan brutal dan ancaman yang dihadapi umat Islam dipimpin AU dan pasukan penjaga perdamaian Prancis, serta pemerintah Chad, untuk mengatur evakuasi Muslim ke Kamerun dan tempat-tempat lain keselamatan pada awal 2014. Seorang pemimpin lokal dari Carnot mengatakan:

Pada awal kekerasan, tentara Kamerun mengatakan mereka akan mengevakuasi orang ke Kamerun yang memiliki identitas yang masih berlaku. Mereka meminta saya untuk membuat daftar. Tetapi ketika mereka membawa truk untuk membawa orang itu adalah kekacauan dan semua orang melompat di papan. Kapten AU akhirnya hanya berkata, 'Ok, semua orang mendapatkan!’ “Itulah bagaimana evakuasi dikelola.

Pemerintah Chad juga mengevakuasi ribuan Muslim terjebak di lingkungan Muslim di Bangui, antara lokasi lain. Pada Maret, populasi Muslim kawasan PK12 Bangui menurun dari 10.000 hingga 2.400.

Keputusan Pemerintah untuk Menghentikan Evakuasi

Pada 27 April, setelah tekanan internasional yang cukup besar, para pejabat PBB membantu mengatur evakuasi 1.300 Muslim dari lingkungan PK12 di bawah perlindungan pasukan penjaga perdamaian AU. Otoritas Interim marah dan mengatakan mereka tidak menyetujui evakuasi dan bersikeras tidak ada evakuasi lebih lanjut tanpa persetujuan pemerintah. Di tengah perjalanan tiga hari ke bagian utara negara itu, anti-Balaka menyerang konvoi, menewaskan dua orang Muslim dan melukai beberapa orang lainnya.

Seorang pejabat senior PBB mengatakan kepada HRW di bulan Desember, “Pemerintah sementara masih marah tentang [evakuasi] PK12 dan tidak mau disalahkan jika sesuatu yang lain yang tidak beres.”

Sejak April, belum ada evakuasi terorganisir Muslim dari kantong. HRW bertemu dengan pemerintah daerah dari pemerintah transisi, diplomat, dan perwakilan lembaga kemanusiaan yang mengatakan bahwa penolakan pemerintah untuk memungkinkan umat Islam untuk meninggalkan didasarkan pada perhitungan politik tidak terlihat bersekongkol pembersihan etnis.

Pemelihara Perdamaian PBB Menahan Muslim Pergi

Karena keputusan pemerintah transisi untuk menghentikan evakuasi Muslim, AU, dan sejak September PBB, pasukan penjaga perdamaian telah mencegah umat Islam meninggalkan daerah kantong Yaloké pada konvoi komersial.

Dua kali seminggu, puluhan truk komersial melewati Yaloké menuju Kamerun, melewati kurang dari 100 meter dari daerah kantong. Konvoi menyediakan pasokan penting untuk Bangui dan sangat penting untuk stabilitas ekonomi di ibukota. Pasukan penjaga perdamaian PBB yang bersenjata berat mengawal konvoi untuk mencegah serangan anti-Balaka. Konvoi ini adalah satu-satunya jalan bagi umat Islam untuk meninggalkan Yaloké, selain berjalan kaki, karena mereka tidak memiliki akses lain untuk kendaraan.

Muslim terjebak dalam Yaloké mengatakan mereka melihat konvoi sebagai terbaik mereka, dan teraman, rute ke Kamerun, di mana banyak memiliki anggota keluarga di kamp-kamp pengungsi. Namun pasukan penjaga perdamaian PBB menghentikan Peuhl dari naik truk, sering menggunakan kekuatan dan intimidasi, atau menghapus Peuhl dari truk mereka naik.

Selama kunjungan ke daerah kantong Yaloké Mei, peneliti Human Rights Watch menyaksikan (MISCA) Kapten AU secara terbuka mengancam Peuhl sipil, bersumpah untuk menembak siapa saja yang berusaha naik konvoi. Setelah HRW protes, kapten mengatakan ia “hanya berusaha menakut-nakuti [dengan Peuhl].” Tapi dia bersikeras dia tidak akan memungkinkan mereka untuk naik truk, mengatakan pemerintah transisi negara itu dengan tegas menentang setiap keberangkatan lanjut Muslim dari negara .

Pada bulan Oktober, saat berkunjung ke kamp-kamp pengungsi di Kamerun, HRW bertemu dengan beberapa Peuhl yang mengatakan mereka telah naik konvoi komersial setelah membayar AU pasukan penjaga perdamaian untuk melihat ke arah lain.

Pasukan penjaga perdamaian PBB di Yaloké mempertahankan bahwa mereka menolak untuk mengizinkan Peuhl untuk meninggalkan atas perintah pemerintah transisi. Komandan di Yaloké kepada HRW pada bulan Desember:

Pemerintah telah memutuskan untuk tidak membebaskan Peuhl sehingga mereka bisa pergi ke perbatasan. Mereka merasa bahwa orang-orang di situs harus tinggal di sana dan lembaga swadaya masyarakat akan datang untuk membantu mereka. ... Kami melakukan menghentikan mereka ketika mereka berusaha bergabung dengan konvoi [meninggalkan]. Jika mereka pergi tanpa izin dari sub-prefektur, itu berarti bahwa kami adalah kaki tangan jika mereka diserang oleh anti-Balaka.

Hal ini mencerminkan apa yang tampaknya menjadi kebijakan umum dipelihara dan ditegakkan oleh pasukan penjaga perdamaian PBB, walaupun ketika para pejabat dari MINUSCA dan perwakilan dari perwakilan khusus PBB dari Sekjen mengunjungi situs di Yaloké, mereka mendengar dari Peuhl sana bahwa mereka ingin meninggalkan tapi sedang diblokir oleh pasukan penjaga perdamaian.

Pasukan penjaga perdamaian tidak mencegah Peuhl di Yaloké meninggalkan kaki, tetapi Peuhl memiliki rentang yang terbatas gerakan seperti yang sering dihina, diancam, atau menyerang. Peuhl mampu bergerak bebas di sekitar radius 400 meter di sekitar daerah kantong, seperti pergi ke klinik kesehatan atau sumber air, tetapi setiap perjalanan lagi bisa berbahaya.

Hukum Internasional menyebutkan bahwa setiap orang hak “untuk meninggalkan negara mana pun, termasuk sendiri” dan untuk mencari suaka di luar negeri. Muslim di daerah-daerah kantong juga memiliki hak untuk kebebasan bergerak di negara mereka sendiri. Pembatasan pemerintah transisi ditempatkan pada gerakan sukarela masyarakat Muslim terancam tidak konsisten dengan kewajiban-kewajiban hukum internasional, dan arahkan ke kebutuhan untuk pendekatan yang lebih tahan lama untuk memastikan keamanan warga Muslim.

Dalam Carnot, Berberati, dan Boda, di mana tidak ada konvoi biasa lewat, pasukan penjaga perdamaian PBB tidak menghalangi umat Islam meninggalkan kaki. Sejumlah Muslim mengatakan mereka ingin tinggal di kantong-kantong tersebut, terutama di Boda, di mana upaya rekonsiliasi lokal tampaknya memiliki ketegangan berkurang antara Muslim dan Kristen. Tetapi yang lain masih ingin pergi.

Mereka yang ingin meninggalkan hanya dapat melakukannya dengan mengatur transportasi mereka sendiri atau hari-lama sulit berjalan ke perbatasan. Penghalang utama adalah ancaman terus-menerus dari serangan anti-Balaka. Muslim yang ingin meninggalkan kantong-kantong tersebut mengatakan bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan pasukan penjaga perdamaian 'untuk mencapai keselamatan.

Meskipun risiko, banyak umat Islam telah meninggalkan Carnot, Boda, dan Berberati. Beberapa telah membuat Kamerun atau tempat-tempat lain keselamatan; lain tidak.

Kondisi mengerikan di Yaloké

Situasi di kantong Yaloké sangat mengkhawatirkan. Tidak hanya Peuhl berhenti meninggalkan pada konvoi komersial, tetapi mereka juga menghadapi kondisi putus asa dan mengancam jiwa jika mereka tinggal. Sejak Februari, perwakilan kamp telah mencatat kematian 42 Peuhl, anak-anak mayoritas, kekurangan gizi dan pernapasan dan penyakit lainnya. Profesional kesehatan di Yaloké mengatakan tingkat kematian di antara Peuhl secara signifikan lebih tinggi daripada penduduk lainnya Yaloké itu. Pada periode enam bulan yang sama bahwa staf rumah sakit mencatat kematian 13 anak dari wilayah kantong itu, hanya satu anak lokal meninggal di antara populasi yang jauh lebih besar.

Pada bulan Desember, ketika Hak Asasi Manusia menonton mengunjungi Yaloké, pemimpin kamp dijelaskan tingkat tinggi tuberkulosis, kekurangan obat-obatan, bantuan makanan tidak dapat diandalkan, dan kondisi hidup sempit, dengan orang-orang terpaksa tidur di luar. Masalah mereka diperparah oleh kurangnya kayu bakar dan air minum karena wanita yang sering mengumpulkan persediaan penting seperti secara rutin diancam dan dihina oleh orang-orang lokal ketika mereka meninggalkan daerah kantong.

The Peuhl disimpan di lima gedung pemerintahan bobrok di atas bukit dekat pusat kota. Salah satu bangunan, dengan empat kamar kecil, rumah 45 orang. Banyak yang terpaksa tidur di tanah dan di tempat terbuka. Salamtu, 25, mengatakan pada Desember: “Lihatlah bagaimana kita hidup di sini. Kami tidur di tanah dan kita semua sakit. “

Dukungan makanan di Yaloké dikoordinasi melalui World Food Program. Muslim mengatakan distribusi makanan datang setiap empat sampai enam minggu, tetapi dalam jumlah sporadis. Masalah yang lebih besar, kata mereka, adalah bahwa makanan tidak memenuhi persyaratan budaya dan gizi mereka. The Peuhl hidup sebagian besar pada diet daging dan susu dan tidak digunakan untuk beras dan kacang lembaga kemanusiaan mendistribusikan.

Seorang wanita 45-tahun itu mengatakan: “Kami sakit karena kurangnya susu. Ini adalah masalah gizi. Kita tidak bisa berbohong dan mengatakan bahwa kita tidak diberikan makanan di sini, tapi kami tidak bisa makan makanan ini. “

Dari 2-4 Desember, tim gabungan dari ahli dari UNICEF dan WHO mengunjungi Yaloké untuk menilai kesehatan dan situasi gizi. Mereka melaporkan bahwa Peuhl di situs “belum manfaat dari bantuan kemanusiaan tepat karena ... Mei 2014.” Mereka mencatat bahwa “kerusakan yang mengkhawatirkan kesehatan mereka telah menjadi subjek dari misi sebelumnya.”

Rekomendasi utama tim adalah untuk “evakuasi semua [pengungsi] Peuhl dari Yaloké ke tempat yang aman di mana mereka dapat bergerak bebas dan di mana masing-masing akan menemukan martabat manusia.”

Tim juga menyerukan bantuan segera kepada Peuhl di Yaloké dengan: “dukungan makanan, biasa dalam kuantitas dan kualitas, dengan kebiasaan makan rekening Peuhl; penampungan untuk setiap keluarga; perawatan medis-nutrisi untuk kekurangan gizi; pelayanan kesehatan yang efektif dan tetap bebas; dan bantuan dengan barang-barang non-makanan seperti penyimpanan air, barang-barang kebersihan, perlindungan terhadap dingin, dan sebagainya.”

Meskipun dekat Yaloké untuk ibukota - 180 kilometer di jalan beraspal - dan pengakuan pejabat PBB dari situasi yang mengerikan di wilayah ini, respons kemanusiaan PBB telah minim. Pekerja kemanusiaan mengatakan kepada HRW bahwa “Yaloké tampaknya telah dilupakan.”

Serangan terhadap Muslim

Muslim menghadapi ancaman terus-menerus ketika mereka meninggalkan daerah kantong, bahkan untuk waktu yang singkat. Situasi keamanan yang sulit dan terbatasnya kapasitas pasukan keamanan internasional dan lokal membuat sulit untuk menawarkan perlindungan yang efektif di daerah terpencil.

Selama kunjungan Desember Yaloké, Carnot, Berberati, dan Boda, korban dan saksi melaporkan pembunuhan baru-baru ini banyak dan serangan.

Pada akhir November, seorang pria Peuhl dan istrinya berusaha meninggalkan Carnot. Istri kemudian mengatakan:

Suami saya dan saya berada di sini di situs, kami telah di sini selama 4 bulan. Kami dipisahkan dari anak-anak kita dan kita tidak tahu di mana mereka berada, jadi kami berangkat ke Kamerun untuk berusaha menemukan mereka .... Kami meninggalkan situs di sini di Carnot pada kaki di malam hari. Kami meninggalkan di malam hari karena kami tidak ingin anti-Balaka untuk menemukan kami. ... Tapi malam berikutnya mereka lakukan. Mereka menyerang suami saya dan memotong lengan dan kakinya dengan parang. Ketika mereka memotong lengannya mereka berusaha memotong tangannya ... mereka memecahkan tulang kakinya. Suami saya tinggal hidup sampai keesokan harinya ketika mereka menemukan dia masih hidup dan menggorok lehernya. Ketika mereka membunuhnya, kita melarikan diri ke semak-semak.

Pada tanggal 25 November seorang pria yang dicurigai oleh anti-Balaka menjadi pejuang Séléka meninggalkan kantong Carnot untuk kunjungan singkat ke pusat kota. Anti-Balaka menangkap dan menggantung dia dekat pasar, memukulinya sampai mati dengan pentungan dan menusuk dengan pisau sebelum pasukan penjaga perdamaian PBB tiba.

Muslim yang belum berhasil sampai ke Kamerun, Chad, atau relatif aman daerah kantong. Pada bulan Juli, anti-Balaka menangkap 34 Peuhl penggembala dekat Ngbaina ketika mereka berusaha mencapai Kamerun dengan ternak mereka. Anti-Balaka mengalahkan mereka, mencuri ternak mereka, dan mengancam akan membunuh mereka jika mereka tidak membayar US $ 3.750 tebusan. Kelompok ini mengatakan bahwa jika mereka membayar, anti-Balaka akan membantu mereka mencapai Kamerun. Tiga bulan kemudian, mereka dibebaskan ketika kerabat di Kamerun diselenggarakan untuk membayar tebusan berkurang. Alih-alih membawa mereka ke Kamerun, anti-Balaka membawa mereka ke dekat daerah kantong Yaloké.

Anti-Balaka terus salah satu anggota kelompok, Yao, yang sekitar 25, untuk mengawasi sapi dicuri. Seorang saksi mengatakan kepada HRW: “Yao diambil dengan paksa, ia ingin tetap bersama keluarganya, tetapi anti-Balaka menolak untuk membiarkan dia. Anti-Balaka mengatakan kepadanya, “Jika Anda berusaha melarikan diri, maka kami akan membunuhmu.” Yao belum dibebaskan.

Para pejuang yang sama di Ngbaina memegang lain 14 Peuhl, sebagian besar perempuan dan anak-anak. Saksi yang berbicara kepada wanita mengatakan anti-Balaka telah membunuh suami mereka dan menuntut uang tebusan bagi pembebasan mereka. Para saksi mata mengatakan para penculik teratur memukul dan menampar perempuan dan anak perempuan. Tidak mampu membayar, perempuan dan anak-anak masih di penangkaran ketika HRW mengunjungi daerah pada 11 Desember.

Saksi lain yang diwawancarai pada bulan Desember menunjukkan bahwa anti-Balaka menangkap kelompok lain 10 orang sipil Peuhl di Pondo, sebuah desa di jalan yang sama seperti Ngbaina.

Baik pasukan keamanan nasional atau internasional telah campur tangan untuk menyelamatkan mereka diculik atau disandera. (hrw.org)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home