Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 14:23 WIB | Selasa, 13 September 2016

Penjualan Sepeda Motor Bulan Agustus Turun 15,2 Persen

Industri sepeda motor (Foto: otomotifnet.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penjualan sepeda motor di bulan Agustus 2016 anjlok 15,2 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor pada bulan Agustus tercatat sebesar 527.536 unit, turun 15,2 persen dibanding 622.089 unit pada Agustus 2015.

Kendati demikian, bila dibanding penjualan sepeda motor pada bulan Juli, penjualan bulan Agustus meningkat sebesar 72,9 persen. Pada bulan Juli, penjualan sepeda motor tercatat hanya 305.135 unit, anjlok 41,2 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya dan merosot 27,6 persen dibanding bulan yang sama di tahun sebelumnya.

Lesunya perekonomian domestik dan global menjadi pemicu penurunan penjualan ini. Tidak heran bila AISI telah merevisi target penjualan tahunan yang semula 6,2 juta unit menjadi hanya 6 juta unit.

Dalam berbagai pemberitaan media, Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, mengungkapkan koreksi atas target penjualan itu dilakukan karena daya beli masyarakat menurun. Kendati demikian, ia optmistis target baru itu dapat tercapai.

Penurunan penjualan paling besar terjadi pada sepeda motor bebek lalu kemudian penjualan sepeda motor jenis matik.

Industri berharap ada perbaikan dalam perekonomian sehingga dapat menggairahkan penjualan sepeda motor. Sampai semester pertama tahun ini, penjualan sepeda motor mencapai 3 juta unit. Diharapkan sisa 3 juta unit yang menjadi target dapat terpenuhi hingga Desember.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home