Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 20:10 WIB | Kamis, 10 Oktober 2019

Penulis Austria Peter Handke Menangi Nobel Sastra 2019

Peter Handke, penulis dari Austria, memenangi Hadiah Bobel bidang sastra tahun 2019. (Foto: Ist)

SATUHARAPAN.COM – Akademi Swedia telah melanggar tradisi dan akan memberikan dua penghargaan sastra tahun ini, untuk mengimbangi kekosongan tahun lalu. Penulis Polandia, Olga Tokarczuk, memenangkan Hadiah Nobel 2018 dalam bidang sastra dan penulis Austria, Peter Handke, memenangkan Hadiah Nobel 2019 bidang sastra.

Menurut situs berita Rusia, Sputniknews, Novelis Polandia,Olga Tokarczuk, dipilih oleh panitia atas "imajinasi naratifnya yang dengan hasrat ensiklopedis mewakili persimpangan dan batas sebagai bentuk kehidupan."

Sementara Peter Handke dipilih karena "buah karya yang berpengaruh, dan yang dengan kecakapan linguistik telah mengeksplorasi pengalaman pinggiran dan khusus dari kehidupan manusia”.

Setiap pemenang disebutkan juga berhak atas hadiah uang tunai senilai sembilan juta Kroner Swedia, atau sepadan dengan 900.000 dolar AS.

Tahun lalu, pengumuman pemenang hadiah Nobel bidang sastra harus dibatalkan, karena skandal di Akademi Swedia,  organisasi yang berwenang memilih pemenang.

Sejak 1901, sebanyak 110 Hadiah Nobel dalam bidang Sastra telah diberikan. Hingga saat ini,  ada 14 perempuan yang telah dianugerahi hadiah ini.

Pemenang Hadiah Nobel termuda dalam sastra adalah Rudyard Kipling (1907) yang berusia 41 tahun, yang menjadi terkenal di dunia karena karyanya “Jungle Book”.

Pemenang hadiah sastra tertua adalah Doris Lessing (2007), yang akhirnya diakui oleh Akademi Swedia pada usia 88 tahun. Tak satu pun dari pemenang Hadiah Nobel dalam bidang sastra telah dianugerahi dua kali.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home