Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:16 WIB | Minggu, 14 April 2024

Penyerang Bunuh Enam Orang di Pusat Belanja di Australia, Bukan Serangan Teroris

Orang-orang keluar dari Pusat Perbelanjaan Westfield tempat banyak orang ditikam di Sydney, hari Sabtu, 13 April 2024. (Foto: AP/Rick Rycroft)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria menikam enam orang hingga tewas di sebuah pusat perbelanjaan Sydney yang sibuk pada hari Sabtu (13/4) sebelum dia ditembak mati, kata polisi, dan ratusan orang melarikan diri dari tempat kejadian yang kacau itu, banyak yang menangis saat mereka menggendong anak-anak mereka. Delapan orang, termasuk seorang bayi berusia sembilan bulan, terluka.

Polisi New South Wales mengatakan mereka yakin seorang pria berusia 40 tahun bertanggung jawab atas serangan hari Sabtu sore di Pusat Perbelanjaan Westfield di Bondi Junction, di pinggiran timur kota dan tidak jauh dari Pantai Bondi yang terkenal di dunia. Mereka mengatakan mereka tidak dapat menyebutkan namanya sampai identifikasi resmi dilakukan, namun mereka tidak menganggap serangan itu terkait dengan terorisme.

Pria itu ditembak mati oleh seorang inspektur polisi setelah dia berbalik dan mengangkat pisau, kata Asisten Komisaris Polisi New South Wales, Anthony Cooke, kepada wartawan.

“Ini semua terjadi sangat-sangat cepat. Petugas yang berada di sekitar datang sendiri, dipandu ke lokasi pelaku oleh orang-orang yang berada di tengah,” KATAnya. “Dia mengambil tindakan yang dia lakukan untuk menyelamatkan banyak nyawa orang.”

Serangan di pusat perbelanjaan tersebut, salah satu pusat perbelanjaan tersibuk di negara itu dan merupakan pusat aktivitas pada suatu sore musim gugur yang hangat, dimulai sekitar pukul 15:10 dan polisi segera dipanggil.

“Mereka hanya bilang lari, lari, lari – ada yang ditikam,” kata seorang saksi mata kepada ABC TV di Australia. ”(Penyerang) berjalan dengan sangat tenang seperti sedang makan es krim di taman. Lalu dia naik eskalator… dan mungkin dalam satu menit kami mendengar tiga suara tembakan.”

Enam korban – lima perempuan dan satu laki-laki – meninggal dan tersangka tewas. Petugas melakukan CPR terhadap penyerang hingga kedatangan paramedis yang juga menangani pria tersebut.

Komisaris Polisi New South Wales, Karen Webb, mengatakan delapan orang yang terluka sedang dirawat di rumah sakit. Bayinya sedang menjalani operasi, tapi masih terlalu dini untuk mengetahui kondisinya, katanya.

“Kami yakin bahwa tidak ada risiko yang berkelanjutan, dan kami sedang menangani satu orang yang kini telah mati,” kata Webb dalam pengarahan selanjutnya. “Ini bukan insiden terorisme.”

Para saksi terkejut dengan ledakan kekerasan yang jarang terjadi. Australia memberlakukan undang-undang senjata yang ketat setelah seorang pria membunuh 35 orang dan melukai 23 lainnya pada tahun 1996, di Tasmania.

“Saya melihat semua orang berlarian dan saya tidak tahu apa yang terjadi,” kata Ayush Singh. “Saya pikir itu adalah beberapa orang yang sedang bercanda atau semacamnya dan setelah beberapa waktu saya melihat seorang pria dengan pisau berlari dari jalan setapak menuju kafe tempat saya bekerja.”

Dia mengatakan polisi tiba dengan cepat dan menyuruh semua orang untuk tetap diam.

Singh mengatakan dia melihat pria itu berlari hanya beberapa meter jauhnya sambil memegang pisau. “Saya tidak mendengar dia mengatakan apa pun,” tambahnya. “Hanya orang sembarangan yang menikam orang. Orang gila.”

Rekaman video yang dibagikan secara online menunjukkan seorang pria menghadapi penyerang di eskalator pusat perbelanjaan dengan memegang sebuah tiang ke arahnya.

Roi Huberman, seorang sound engineer di ABC TV di Australia, mengatakan kepada jaringan tersebut bahwa dia berlindung di sebuah toko selama insiden tersebut.

“Dan tiba-tiba kami mendengar satu atau mungkin dua tembakan dan kami tidak tahu harus berbuat apa,” katanya. “Kemudian orang yang sangat cakap di toko itu membawa kami ke bagian belakang tempat toko itu bisa dikunci. Dia kemudian mengunci toko dan kemudian membiarkan kami lewat belakang dan sekarang kami keluar.”

Saat serangan terjadi, orang-orang yang panik berhamburan keluar dari pusat perbelanjaan, banyak di antara mereka membawa anak-anak. Paramedis merawat orang-orang yang terluka di lokasi kejadian. Pusat perbelanjaan dan daerah sekitarnya masih dikunci sementara polisi menyelidiki apa yang terjadi.

“Ini adalah tindakan kekerasan mengerikan yang tanpa pandang bulu menargetkan orang-orang tak berdosa yang sedang berbelanja di hari Sabtu seperti biasa,” kata Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese.

“Hari ini Bondi Junction adalah tempat terjadinya kekerasan yang mengerikan, namun juga menjadi saksi kemanusiaan dan kepahlawanan sesama warga Australia, polisi pemberani, petugas pertolongan pertama, dan tentu saja masyarakat kita sehari-hari yang tidak pernah membayangkan bahwa mereka akan menghadapi kekerasan yang mengerikan, momen seperti itu,” tambahnya.

Anggota paling senior keluarga kerajaan Inggris, yang juga merupakan bangsawan di Australia, mengungkapkan keterkejutan dan kesedihan mereka atas penikaman tersebut.

Raja Charles III mengatakan dia dan istrinya Ratu Camilla “sangat terkejut dan ngeri” dengan hal tersebut“serangan yang tidak masuk akal” di Sydney dan bahwa “hati mereka tertuju pada keluarga dan orang-orang terkasih dari mereka yang telah dibunuh secara brutal.” Putra tertua raja, Pangeran William dan istrinya Catherine, Putri Wales, mengatakan mereka juga “terkejut dan sedih” dan bahwa pikiran mereka tertuju pada mereka yang terkena dampak dan “petugas tanggap darurat heroik yang mempertaruhkan nyawa mereka sendiri untuk menyelamatkan orang lain.”

Paus Fransiskus juga mengungkapkan kesedihannya atas “tragedi tidak masuk akal” di Sydney, dengan menyampaikan “kedekatan spiritual” kepada semua yang terkena dampak dan doa bagi mereka yang meninggal dan terluka. Pesan tersebut tertuang dalam telegram kepada Uskup Agung Sydney Anthony Fisher dan dikirim oleh Kardinal Pietro Parolin, Menteri Luar Negeri Vatikan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home