Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 11:44 WIB | Senin, 11 Mei 2015

Perang Emas di Pantai Gading

Perang Emas di Pantai Gading
Seorang penambang pencari emas saat menunjukkan satu butir diantara jari-jarinya di sebuah tambang di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat, (16/3) di tengah konflik perang yang melanda di negara tersebut. (Foto-foto: REUTERS/Luc Gnago)
Perang Emas di Pantai Gading
Para penambang pencari emas saat beraktivitas di sebuah tambang emas yang terletak di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat.
Perang Emas di Pantai Gading
Seorang penambang emas saat duduk di lokasi tambang yang dijaga ketat oleh seorang tentara yang berjaga di kawasan tersebut di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat.
Perang Emas di Pantai Gading
Para penambang emas saat sibuk mencuci bongkahan dari bebatuan yang mengandung emas di lokasi penambangan di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat.
Perang Emas di Pantai Gading
Seorang pencari emas terlihat di lokasi penambangan saat mencari kandungan emas di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat.

PANTAI GADING, SATUHARAPAN.COM – Kisah para penambang emas tradisional di wilayah konflik berhasil diabadikan dengan berbagai prosesnya di salah satu desa bernama Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat pada 16 Maret 2015.

Pantai Gading atau Ivory Coast merupakan salah satu negara termakmur yang terletak di wilayah Afrika Barat. Namun kini kondisi tersebut telah terkikis oleh kekacauan politik yang mengakibatkan korupsi serta penolakan reformasi yang berujung pada konflik.

Tambang tanpa izin tersebut merupakan bisnis menguntungkan yang dipimpin oleh Wakil Komandan dari Garda Republik, Afrika Barat. Menurut seorang peneliti Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), komandan militer tersebut merupakan salah satu pemain utama dalam jaringan perwira dari mantan komandan pemberontak yang telah terintegrasi ke dalam militer Pantai Gading dan kini telah menguasai wilayah tambang dengan penghasilan puluhan juta dolar setiap tahunnya.

Kisah masyarakat Pantai Gading barat penambang emas di Desa Gamina telah didokumentasikan meski dengan penjagaan ketat dari militer. Berikut foto-foto yang menggambarkan suasana tambang emas di Desa Gamina, Pantai Gading barat, Afrika Barat. (reuters.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home