Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 13:07 WIB | Selasa, 31 Oktober 2023

Perang Hamas-Israel, Jurnalis Israel Menghadapi Tantangan Peran Ganda

Asap membubung setelah serangan udara Israel di Gaza City, hari Minggu (29/10). (Foto: AP/Abed Khaled)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Ketika perempuan Israel berusia 85 tahun Yocheved Lifshitz dibebaskan dari tahanan Hamas pekan lalu, dia disambut dengan hangat di rumahnya. Kemudian dia mulai berbicara.

Berbicara kepada wartawan dari kursi roda di sebuah rumah sakit, Lifshitz menggambarkan pengalaman mengerikan selama ditahan oleh Hamas, namun juga mengatakan bahwa dia telah diperlakukan dengan adil. Media Israel langsung memanfaatkan gambaran tersebut sebagai pukulan terhadap pesan negara tersebut bahwa Hamas adalah kelompok yang biadab.

Serangkaian opini, postingan media sosial, dan diskusi siaran oleh jurnalis Israel memberikan nasihat kepada para pejabat Israel bagaimana mengelola pembebasan sandera lebih lanjut untuk memastikan narasi Israel dikomunikasikan secara efektif.

Episode ini menyoroti peran ganda yang dimainkan oleh media Israel setelah serangan Hamas yang menghancurkan komunitas Israel selatan pada 7 Oktober dan perang yang dipicunya. Di luar fungsi tradisional mereka sebagai jurnalis, jurnalis Israel juga dalam banyak hal bertindak sebagai advokat publik atas nama upaya perang Israel, yang menunjukkan betapa dalamnya trauma akibat serangan tersebut merasuk ke dalam masyarakat.

Spanduk berkibar di layar dan situs media arus utama, menyatakan “kami akan menang!” Para penyiar berita mengecam kekejaman Hamas sebagai tindakan “Nazi.” Sebuah portal berita dan hiburan Israel telah menyiapkan kampanye di mana pengguna dapat berbagi video berbahasa Inggris yang menyebarkan pesan Israel tentang barbarisme Hamas.

“Anda benar-benar merasakan kebutuhan media untuk ikut serta dalam momen penting ini, ketika Israel berjuang untuk mempertahankan diri,” kata Tehilla Shwartz Altshuler, peneliti senior di Israel Democracy Institute, sebuah wadah pemikir di Yerusalem.

Serangan tersebut, yang menewaskan 1.400 orang dan menyebabkan lebih dari 200 orang disandera, terjadi di dekat rumah sebagian besar warga Israel, sebuah negara kecil di mana banyak orang mempunyai hubungan dengan insiden tersebut. Hal serupa juga terjadi pada jurnalis.

Setidaknya dua orang, termasuk mantan juru kamera Associated Press, tewas di rumah mereka bersama anggota keluarga lainnya. Seorang jurnalis terjebak di dalam rumahnya bersama keluarganya ketika militan mencoba menerobos masuk dan akhirnya diselamatkan oleh ayahnya, seorang mantan jenderal. Seorang jurnalis memposting serangkaian unggahan media sosial yang memerinci bagaimana dia berjuang untuk menyelamatkan putranya dari pembantaian di festival musik.

Beberapa wartawan yang bergegas ke lokasi kejadian menjadi penyelamat dadakan, membawa orang-orang menjauh dari kekerasan di dalam mobil mereka. Penduduk yang ketakutan menghubungi stasiun berita untuk meminta bantuan ketika serangan sedang berlangsung dan militer tidak memberikan bantuan kepada mereka.

Ketika ratusan ribu warga Israel bergabung dalam upaya perang melalui pasukan cadangan militer atau dengan menjadi sukarelawan untuk membantu komunitas pengungsi, para jurnalis juga merasa perlu untuk mengambil bagian dalam pengerahan massal tersebut, kata Shwartz Altshuler.

“Mereka mengatakan 'kami adalah bagian dari bencana yang menimpa kami dan oleh karena itu kami harus bekerja sama dalam menyampaikan pesan kepada Israel,'” katanya.

Nurit Canetti, ketua Persatuan Jurnalis di Israel, mengatakan liputan media “bertanggung jawab dan dapat diandalkan.” Dia menyangkal bahwa jurnalis mengambil peran sebagai pembawa pesan, dan mengatakan bahwa mereka meliput kenyataan yang berdampak langsung pada mereka.

Lanskap media Israel beragam, kuat, dan independen. Selain saluran-saluran milik swasta, stasiun radio dan surat kabar, negara ini juga mempunyai lembaga penyiaran publik, stasiun radio militer dan media konservatif yang sedang berkembang, bergaya Fox News.

Secara umum, media sangat kritis terhadap pemerintah dan jurnalis Israel berada di balik beberapa investigasi paling tajam yang mengungkap pelanggaran pejabat di tingkat eselon politik. Para pemimpin Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, juga tidak luput dari sorotan media. Pada konferensi pers pertamanya mengenai perang pada hari Sabtu (7/10) malam, Netanyahu menghadapi tantangan, menghadapi pertanyaan sulit mengenai apakah dia bertanggung jawab atas bencana 7 Oktober tersebut.

Namun di masa perang, media Israel, seperti komponen masyarakat Israel lainnya, mengesampingkan perbedaan dan mendukung kepemimpinan militer. Beberapa kritikus yang tidak melakukan hal tersebut akan dijuluki pengkhianat. Liputan mengenai penderitaan pihak lain dijaga seminimal mungkin.

Meskipun beberapa media mengkritik kegagalan kepemimpinan politik Israel dalam mencegah serangan Hamas, banyak media yang masih mengambil peran aktif dalam mencoba menyebarkan pesan Israel yang lebih luas bahwa negara tersebut sedang berperang dalam perang antara kebaikan dan kejahatan.

Pernyataan publik Lifshitz tampaknya menjadi contoh utama. Ran Boker, seorang jurnalis di situs berita populer Ynet, menyebut kesaksiannya sebagai “kesalahan PR (public relation)” dan bertanya, “Bagaimana mungkin kami, dengan tangan kami sendiri dan di tanah Israel, jatuh ke dalam perangkap PR Hamas?”

Panel reporter di berita Channel 12 yang berperingkat teratas juga tampak bingung dengan deskripsinya tentang para penculik yang bersikap sopan, memberi makan sandera, menjaga kebersihan tempat tinggal mereka, dan memberikan perawatan medis. Mereka mengkritik para pejabat karena tidak melatihnya sebelum dia muncul di hadapan wartawan.

Kritikus media mengatakan bahwa reaksi tersebut menggarisbawahi bagaimana beberapa jurnalis mengambil tanggung jawab untuk membantu mengkomunikasikan narasi Israel. Yasmine Levi, kritikus TV dan penulis opini untuk harian liberal Haaretz, mengatakan bahwa jurnalis bertindak “seolah-olah mereka bekerja di departemen advokasi publik dan lupa peran mereka dalam demokrasi.”

Canetti, ketua Persatuan Jurnalis di Israel, mengatakan dia melihat reaksi media terhadap pernyataan Lifshitz sebagai bagian dari kritik yang lebih luas terhadap apa yang secara umum dianggap sebagai tanggapan pemerintah yang tidak berdaya terhadap krisis ini.

Ini bukan pertama kalinya jurnalis Israel terlihat memihak. Media Israel telah lama memiliki hubungan yang baik dengan militer, dengan banyak jurnalis yang memulai masa wajib militer mereka di stasiun radio atau majalah milik pasukan tersebut.

Setiap outlet berita besar mempunyai “koresponden pertahanan” yang menerima pengarahan dari pejabat tinggi militer, dan sering kali menjalin hubungan akrab. Dalam konflik Israel dengan Gaza sebelumnya, jurnalis cenderung melaporkan informasi yang diberikan militer Israel sebagai fakta.

Sejak Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005, warga Israel, termasuk jurnalis, dilarang memasuki wilayah pesisir tersebut, sehingga membatasi liputan langsung mengenai penderitaan warga Palestina di media Israel. Media Israel memang menggunakan cuplikan dan konten berita dari media asing tentang Gaza, namun ketenaran dan jam tayangnya sangat minim.

Liputan mengenai serangan Hamas dan perang yang terjadi selanjutnya juga demikian. Meskipun serangan tersebut terjadi tiga pekan lalu dan liputan internasional sebagian besar telah mengalihkan fokusnya pada kekerasan dan kehancuran di Gaza, media Israel masih didominasi oleh cerita-cerita tentang para penyintas, korban tewas, dan penculikan dalam serangan tersebut. Siaran berita sering kali diiringi musik muram, dan nama-nama orang yang terbunuh dibacakan di udara di atas gambar nyala api yang berkelap-kelip.

“Liputan di rumah, khususnya para korban, pembunuhan, dan penculikan, bersifat empati dan mendapat perhatian yang luas, sebagaimana mestinya. Objektivitas bukanlah perhatian utama dalam konteks ini,” kata Meital Balmas-Cohen, seorang profesor komunikasi di Universitas Ibrani Yerusalem, seraya menambahkan bahwa media lokal di negara-negara lain juga berperilaku serupa di masa perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home