Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:01 WIB | Selasa, 24 Oktober 2023

Seorang Jurnalis Ungkapkan Pengalaman Serangan Hamas di Ofakim, Israel

Tentara Israel mengambil posisi di wilayah selatan di kota Ofakim, pada hari Minggu, 8 Oktober 2023. Hamas menyerbu perbatasan pada hari Sabtu (7/10) membunuh ratusan warga Israel ini komunitas sekitar, mereka membakar mobil, dan menembaki penduduk. (Foto: dok. Ap/Ilan Assayag)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-“Ada pepatah di antara kita para jurnalis video: Semoga beritanya jauh dari rumah Anda. Namun pada hari Sabtu, 7 Oktober, kejadian tersebut sangat dekat dengan kampung halaman saya.”

Tia Goldenberg, jurnalis dari Associated Press (AP) yang bekerja sebagai juri kamera, menuturkan tentang pengalaman dia ketika kelompok Hamas menyerbu Israel selatan, termasuk ke Ofakim di mana keluarga dan keluarga istrinya tinggal di sana.

Saya tinggal di Yerusalem, tempat saya bekerja sebagai juru kamera untuk The Associated Press, saya dibesarkan di Ofakim, sebuah kota yang berjarak setengah jam perjalanan dari perbatasan dengan Gaza. Ibu, mertua, dan saudara saya masih menyebutnya rumah. Saya bertemu istri saya di sana.

Komunitas ini sangat erat dan aman, terdiri dari sekitar 13.000 orang Yahudi kelas pekerja keturunan Afrika Utara. Semua orang tahu semua orang.

Ketika ratusan militan menyerbu perbatasan dari Jalur Gaza ke Israel selatan pada hari Sabtu (7/10) itu, saya tinggal bersama orang tua istri saya, memperingati hari raya Yahudi Simchat Torah, sebuah festival penuh kegembiraan yang mulai sekarang akan dikenang sebagai hari paling kelam di negara tersebut.

Kami dibangunkan oleh sirene serangan udara pada pukul 06:30. Aroma hamin, sup daging dan kacang tradisional Yahudi yang dimasak lambat, mulai memenuhi rumah. Istri saya, orang tuanya dan saya bergegas ke ruang terlindung, tidak terlalu memikirkannya. Ofakim, seperti banyak komunitas lain di Israel selatan, selama dua dekade terakhir telah menjadi sasaran serangan roket dari Gaza. Ini semua terasa rutin.

Banyak rumah tua di masyarakat tidak memiliki ruang aman, biasanya setiap kali sirene berbunyi, Anda akan lari ke tempat penampungan bersama. Untungnya, orang tua istri saya telah membangun ruang aman mereka sendiri lima tahun lalu, berukuran kira-kira 3 kali 4 meter (10 kaki kali 13 kaki). Kami tidak punya makanan atau air di dalamnya, hanya tempat tidur ganda, kasur, dan TV.

Namun seiring berlalunya pagi, kami menyadari bahwa ini bukanlah hari biasa. Saat kami menggulir ponsel kami tanpa henti dari ruang aman, kami mulai memahami apa yang menunggu Ofakim. Para militan telah menyerbu kibbutzim garis depan, atau desa-desa pertanian, di sepanjang perbatasan, menembak orang-orang di rumah mereka dan membakar beberapa orang serta menawan puluhan orang.

Menjelang siang, saya memutuskan untuk keluar sejenak. Tapi saya mendengar suara tembakan dari jarak yang sangat dekat dan saya kembali ke ruang aman.

Kami menunggu dengan cemas di dalam ruang terlindung selama berjam-jam. Saat kami lapar, kami menyelinap dengan hati-hati ke dapur untuk membawa semangkuk hamin. Ketidakpastian merajalela dan satu-satunya sumber informasi kami adalah kisah-kisah kengerian dari banyak penduduk yang datang melalui media Israel, yang memicu ketakutan kami terhadap apa yang mungkin terjadi pada komunitas kami.

Kami menghabiskan waktu dengan menonton TV, membaca berita di ponsel, berkomunikasi dengan orang-orang terkasih di grup chat WhatsApp. Terjebak di sebuah ruangan kecil bersama-sama, kami mulai berdebat tentang politik: mengapa pemerintah tidak melindungi kami?

Saya ingin pergi, untuk memeriksa ibu saya, putri saya. Namun ayah istri saya mengatakan kepada saya bahwa jika saya berani keluar rumah, ke daerah di mana para militan berkeliaran, dia akan mengikat saya ke tempat tidur.

Kami belum memahami gambaran besarnya. Seperti warga Israel lainnya, kami tidak siap, mengalami disorientasi karena kurangnya informasi tentang apa yang terjadi di luar rumah kami, dan diteror oleh kabut yang tidak diketahui.

Pada sore hari, saya mengetahui betapa serangan itu menjadi sangat pribadi. Yaniv Zohar, mantan juru kamera AP yang pernah bekerja bersama saya selama bertahun-tahun, terbunuh di rumahnya di Nahal Oz, sebuah pemukiman komunal di sepanjang perbatasan Gaza, bersama istri dan dua putrinya, berusia 18 dan 20 tahun.

Teman dan juru kamera lainnya, Roy Edan, terbunuh di Kfar Azza, juga di sepanjang perbatasan Gaza. Istri Edan juga terbunuh, dan putrinya yang berusia tiga tahun disandera oleh Hamas.

Saya tidak tahan lagi duduk di dalam. Rumah ibu saya berjarak beberapa ratus meter dari lokasi pertempuran melawan militan dan saya perlu memeriksanya. Putri saya yang berusia 15 tahun tinggal di rumah saudara laki-laki saya dan kerabat lainnya, di antara mereka ada seorang bayi berusia empat bulan, juga berada di dekat lokasi pertempuran.

Jadi saya berangkat, menempuh perjalanan hampir satu kilometer (sedikit lebih dari setengah mil) untuk menemui ibu saya. Saya telah berkomunikasi dengannya melalui SMS, tetapi saya perlu memastikan dia aman.

Saya juga tidak bisa menjauh dari berita, tidak peduli seberapa besar desakan keluargaku. Menjelang sore, saya memberanikan diri keluar dengan kamera saya dan menemukan akibatnya gambaran medan perang: jip putih yang dikendarai oleh militan di pinggir jalan, membuat takut warga yang rumahnya dilubangi peluru.

Liputan saya terasa sangat pribadi. Mobil jip tersebut ditinggalkan di tempat warga Ofakim biasa berkumpul untuk menyaksikan matahari terbenam. Orang-orang yang saya kenal sejak remaja mengizinkan saya memfilmkan rumah mereka yang penuh peluru. Seorang teman baik ibu saya terkejut setelah para militan menembak mati tetangga sebelah rumahnya. Ini adalah gambaran kampung halaman saya yang dulunya sepi, beberapa jam setelah penyerangan.

Pihak militer tidak banyak bergerak pada hari itu. Polisi setempat dan petugas pemadam kebakaran terpaksa menggunakan sedikit kemampuan mereka untuk melawan militan yang menyerbu kota dan diyakini telah membunuh sedikitnya 50 orang sebelum mereka berhasil dihalau atau dibunuh.

Hidup kita telah berubah dalam banyak hal.

Setelah kekerasan tersebut, saudara perempuan saya berangkat ke Amerika Serikat bersama putri, menantu laki-laki, dan cucu perempuannya yang sedang berkunjung. Putri saya yang sudah dewasa, yang tinggal di Israel selatan, melarikan diri dari serangan roket tanpa henti ke kota Eilat yang terpencil di Israel.

Saya kembali ke Yerusalem pada pagi hari setelah serangan itu, ibu dan mertua saya sekarang tinggal di rumah saya tanpa batas waktu. Sejak itu, saya telah meliput banyak sekali pemakaman dan menyaksikan mantan rekan saya Yaniv dimakamkan.

Saya tidak memiliki kewarganegaraan asing. Saya orang Israel dan seperti semua orang di negara ini, saya harus memikul bagian dari kehancuran yang besar, menghadapi trauma nasional yang diakibatkan oleh serangan tersebut dan memikirkan cara untuk terus bergerak maju.

Kampung halamanku tidak akan pernah sama lagi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home