Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:35 WIB | Sabtu, 15 Februari 2014

Perangko Paling Terkenal di Dunia akan Dilelang

Prangko satu sen buatan 1856 Guyana British telah tiga kali memecahkan rekor harga tertinggi untuk penjualan prangko tunggal. Dan prangko ini siap untuk memacahkan rekor keempat pada penawaran lelang oleh Sotheby pada 17 Juni 2014 nanti. (Foto: bbc.co.uk)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Perangko paling terkenal di dunia, sebuah memorabilia kolonial Inggris dari Amerika Selatan pada abad ke-19, akan dilelang di New York senilai 10 sampai 20 juta dolar AS (sekitar Rp 117,6 miliar - Rp 235,3 miliar).

Perangko tersebut dibuat pada 1856 di Guyana dan Sotheby's akan menjual perangko magenta itu, yang memuat inisial pegawai kantor pos, pada 17 Juni.

Terakhir kali dibeli pada 1980 oleh tersangka pembunuh sekaligusmiliarder Amerika, John du Pont, perangko itu belum pernah terlihat di hadapan publik sejak dipajang di sebuah pameran perangko di Chicago pada 1986.

Sejak 1922 perangko tersebut sudah tiga kali memecahkan rekor untuk harga satu perangko yang dijual di pelelangan dan Sotheby's membanderolnya dengan nilai yang jauh lebih tinggi dari rekor sebelumnya sebesar 2,5 juta dolar AS (sekitar Rp 29,4 miliar).

“Perkiraan harganya sangat realistis untuk nilai kelangkaan yang dimilikinya,” kata David Redden, direktur proyek khusus Sotheby's, kepada AFP. Dia menambahkan “perangko ini memiliki ketenaran dan karisma yang luar biasa.”

Perangko tertua yang masih ada berasal dari 1840, namun British Guiana One Cent Magenta itu adalah perangko yang paling diminati dan berada dalam kondisi luar biasa mengingat usianya yang sudah lebih dari 150 tahun. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home