Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:02 WIB | Minggu, 11 Februari 2024

Perayaan Imlek di Taiwan dan Berbagai Negara

Orang-orang datang untuk bersembahyang pada hari pertama tahun baru Imlek di Taipei, Taiwan, hari Sabtu (10/2). (Foto: AP/Chiang Ying-ying)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Dengan kembang api, pesta, dan amplop merah berisi uang tunai untuk anak-anak, banyak negara Asia dan komunitas luar negeri menyambut hari Sabtu (10/2) sebagai Tahun Baru Imlek.

Ini dimulai dengan bulan baru pertama dalam kalender lunar dan berakhir 15 hari kemudian pada bulan purnama pertama. Tanggal hari libur sedikit berbeda setiap tahun, jatuh antara akhir Januari dan pertengahan Februari karena didasarkan pada siklus bulan,

Perayaan untuk memperingati Tahun Naga di Taiwan ditandai dengan penampilan presiden baru terpilih Lai Ching-te dan ketua Badan Legislatif, Han Kuo-yu, yang mewakili oposisi Partai Nasionalis yang mendukung penyatuan politik dengan China.

Dalam pidatonya, Tsai mengatakan Taiwan menghadapi konflik berkelanjutan antara “kebebasan dan demokrasi versus otoritarianisme” yang “tidak hanya memengaruhi stabilitas geopolitik, namun juga berdampak pada restrukturisasi rantai pasokan global.”

“Delapan tahun terakhir ini, kami telah menepati janji dan mempertahankan status quo. Kami juga telah menunjukkan tekad kami dan memperkuat pertahanan nasional kami,” kata Tsai, yang dilarang oleh batasan masa jabatan untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan empat tahun ketiga.

Dia mengacu pada hubungan ekonomi yang erat di negara demokrasi pulau berpemerintahan sendiri itu, tetapi hubungan politiknya yang buruk dengan China, mengancam akan menyerang pulau tersebut untuk mewujudkan tujuannya membawa Taiwan dan perekonomian teknologi tinggi di bawah kendalinya.

Taiwan, China, dan wilayah lainnya mengalami kemacetan jalan raya dan penerbangan yang penuh dipesan karena penduduknya melakukan perjalanan pulang untuk mengunjungi keluarga atau memanfaatkan liburan sekitar satu minggu sebagai kesempatan untuk berlibur ke luar negeri.

Menembakkan roket botol dan kembang api lainnya adalah cara tradisional untuk menyambut tahun baru dan menghilangkan kenangan buruk yang masih ada. Anak-anak diberikan amplop merah berisi uang tunai sebagai tanda kasih sayang dan untuk membantu mereka mendapatkan semangat dalam beberapa bulan mendatang.

Antrean panjang mobil memenuhi jalan raya Korea Selatan pada hari Sabtu ketika jutaan orang mulai meninggalkan wilayah ibu kota Seoul yang padat penduduknya untuk mengunjungi kerabat di seluruh negeri untuk liburan Tahun Baru Imlek.

Istana kerajaan dan lokasi wisata lainnya juga dipenuhi pengunjung yang mengenakan jubah tradisional “hanbok” berwarna-warni. Sekelompok pengungsi lanjut usia Korea Utara dari perang saudara tahun 1950-1953, yang masih belum terselesaikan, membungkuk ke arah utara selama ritual keluarga tradisional yang diadakan di kota perbatasan Selatan, Paju.

Liburan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara, yang telah meningkatkan uji coba senjatanya yang bertujuan untuk melemahkan pertahanan rudal regional dan mengeluarkan ancaman provokatif berupa konflik nuklir dengan Korea Selatan.

 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol memulai liburan ini dengan menyampaikan pesan terima kasih kepada tentara Korea Selatan, dengan mengatakan bahwa layanan mereka di sepanjang “garis depan, laut dan langit” memungkinkan negara tersebut untuk menikmati liburan.

Vietnam juga merayakan Tahun Baru Imlek, yang dikenal di sana sebagai Tet. Parade dan peringatan juga diadakan di kota-kota dengan komunitas Asia yang besar di luar negeri, khususnya di New York dan San Francisco. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home