Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 07:56 WIB | Sabtu, 13 Januari 2024

Perayaan Natal Gereja Ortodoks Dibayangi Konflik dan Perang

Perayaan Natal Gereja Ortodoks Dibayangi Konflik dan Perang
Jemaat Gereja Ortodoks Rusia ambil bagian dalam ibadah malam Natal di Gereja Holy Martyr Tatiana, dekat Kremlin, Moskow, Rusia, hari Sabtu (6/1). (Foto: AP/AlexanderZemlianichenko)
Perayaan Natal Gereja Ortodoks Dibayangi Konflik dan Perang
Orang-orang membakar rantiang pohon ek sebagai symbol kedatangan Yesus Kristus ke dunia pada malam Natal Gereja Ortodoks di depan gereja St Sava di Belgrade, Serbia, hari Sabtu (6/1). (Foto: AP/Darko Vojinovic)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Umat ​​Kristen Gereja Ortodoks Rusia memadati gereja pada hari Sabtu (6/1) malam untuk menghadiri kebaktian Malam Natal, hari libur yang bagi banyak orang beriman yang dibayangi oleh konflik.

Tradisinya berbeda-beda, tetapi biasanya kebaktian utama bagi umat Kristen Ortodoks berlangsung pada malam sebelum Natal, yaitu pada tanggal 7 Januari.

Patriark Kirill, pemimpin Gereja Ortodoks Rusia, denominasi Ortodoks terbesar di dunia, memimpin kebaktian yang rumit dan dihadiri banyak orang di Katedral Kristus Juru Selamat di Moskow. Dengan mengenakan jubah yang dihias dengan penuh hiasan, puluhan pendeta dan pejabat mengambil bagian, mengayunkan pedupaan dan melantunkan liturgi.

Dalam pesan Natalnya, yang disiarkan tepat sebelum kebaktian hari Sabtu malam, Kirill berbicara tentang tema cinta pengorbanan, dan menekankan bahwa Yesus Kristus “menyelamatkan kita dari jalan hidup yang salah, dari orientasi hidup yang salah.” Ia juga menyerukan doa bagi Rusia, agar “tidak ada niat jahat asing yang dapat mengganggu aliran kehidupan yang damai.”

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi oleh keluarga personel militer yang tewas dalam perang di Ukraina pada kebaktian Malam Natal di kediamannya di Novo-Ogaryovo, di pinggiran barat Moskow.

Dalam pernyataan ucapan selamatnya kepada umat Kristen Ortodoks, Putin menyoroti “upaya organisasi keagamaan yang bertujuan mendukung para pahlawan kita, yang ikut serta dalam operasi militer khusus,” sebagaimana Kremlin mengacu pada upaya Rusia di Ukraina.

Para pejabat mengatakan sekitar satu juta orang diperkirakan pergi ke gereja di ibu kota Rusia. Namun layanan malam hari dibatalkan di kota Belgorod di perbatasan Rusia karena “situasi operasional,” kata Walikota Valentin Demidov.

Serangan Ukraina di Belgorod pada 30 Desember menewaskan 25 orang, kata para pejabat di sana, menjadikannya salah satu serangan paling mematikan di wilayah Rusia sejak dimulainya invasi Moskow ke Ukraina hampir 23 bulan lalu. Serangan roket dan drone terhadap kota tersebut terus berlanjut sepanjang pekan ini.

Orang Rusia dan gereja Ortodoks di beberapa negara lain merayakan Natal pada tanggal 7 Januari.

Namun Ukraina, yang merupakan negara mayoritas Ortodoks, secara resmi merayakan Natal tahun ini sebagai hari libur umum pada tanggal 25 Desember. Perubahan tersebut, yang disahkan dalam undang-undang yang ditandatangani oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy pada bulan Juli, mencerminkan kekecewaan masyarakat Ukraina terhadap anak berusia hampir 23 bulan itu. Invasi Rusia dan penegasan identitas nasional mereka.

Di negara tetangganya,  Belarusia, Natal secara resmi dirayakan dengan hari libur umum pada tanggal 25 Desember dan 7 Januari. Sekitar 80% penganutnya adalah Ortodoks, yang tergabung dalam Gereja Ortodoks Rusia, sementara sekitar 14% adalah Katolik, yang sebagian besar tinggal di wilayah barat, utara dan tengah negara.

Presiden Alexander Lukashenko, yang telah memerintah Belarus selama 30 tahun, menyebut dirinya “ateis Ortodoks.” Dia biasanya menghadiri kebaktian Malam Natal dan menyalakan lilin di gereja Ortodoks.

Ia mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristen Ortodoks, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia “yakin bahwa dengan melestarikan tradisi belas kasihan dan kemurnian moral Ortodoks, bersama-sama kita akan menciptakan masa depan terbaik untuk negara asal kita, Belarusia.”

Penganut Ortodoks di Serbia memperingati hari itu dengan membakar ranting-ranting pohon ek pada kebaktian di luar gereja dan kuil, termasuk ratusan orang yang berkumpul di Kuil St. Sava, gereja Ortodoks terbesar di Balkan.

Pohon ek muda melambangkan Kristus dan kedatangan Dia ke dunia, dengan tradisi berusia berabad-abad yang dipimpin oleh para pendeta gereja Ortodoks Serbia. Saat api dinyalakan, puluhan orang dari segala usia melemparkan ranting-ranting kecil pohon ek kering ke dalam api unggun besar.

“Di masa-masa sulit ini, kita perlu bersatu dan memupuk perdamaian, cinta, dan rasa hormat satu sama lain,” kata Mica Jovanovic, warga Beograd, kepada The Associated Press.

Perayaan di Timur Tengah dibayangi oleh konflik lain: Perang Israel-Hamas.

Di Betlehem, tempat Malam Natal bagi Gereja Ortodoks biasanya menarik puluhan ribu wisatawan untuk mengunjungi tempat kelahiran tradisional Yesus, sekitar 100 pengamat berkumpul di Manger Square. Jumlah mereka hampir kalah dengan petugas polisi dan pendeta.

Perayaan Natal dibatalkan di kota Tepi Barat tersebut setelah para pemimpin gereja-gereja besar di Yerusalem meminta jemaat mereka untuk “menghindari kegiatan perayaan yang tidak perlu” sehubungan dengan pertempuran di Gaza. Mayoritas umat Kristen di wilayah tersebut adalah warga Palestina, dan para pemimpin Kristen telah meminta para pengamat untuk menghabiskan liburan mereka dengan berdoa bagi perdamaian dan diakhirinya perang.

Meskipun perayaan tersebut dibatalkan, para pemimpin gereja masih berkumpul untuk menyambut kedatangan para patriark dari berbagai gereja Ortodoks:Yunani, Koptik, dan Etiopia, dan prosesi adat Pramuka berlangsung melalui Betlehem, meskipun tanpa kemeriahan seperti biasanya. Misa tengah malam juga diselenggarakan.

Samir Qumseyeh, seorang Kristen Palestina dan pendiri saluran TV Kristen, telah memfilmkan perayaan tersebut sejak tahun 1996. Dia mengatakan perayaan tahun ini bahkan lebih sepi dibandingkan saat puncak intifada kedua, ketika pasukan Israel mengunci sebagian Tepi Barat. sebagai respons terhadap warga Palestina yang melakukan bom bunuh diri  dan serangan lain yang menewaskan warga sipil Israel.

“Bahkan selama intifada, perayaan dan kegembiraan tetap ada,” kata Qumseyeh. “Tetapi tahun ini, saya merasa sangat, sangat, sangat sedih. Namun saya memahami mengapa para pemimpin gereja harus melakukan hal ini. Anda tidak bisa menunjukkan kegembiraan ketika rakyat Gaza menderita.”

Di Irak, banyak umat Kristiani membatalkan perayaan Natal dan Tahun Baru sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, serta sebagai bentuk rasa duka yang berkelanjutan bagi para korban kebakaran mematikan yang menewaskan lebih dari 100 orang di sebuah pesta pernikahan di wilayah Hamdaniya yang mayoritas penduduknya beragama Kristen. Irak utara pada bulan September.

Puluhan umat Kristen Ortodoks Armenia Irak menghadiri Misa Malam Natal di Bagdad namun perayaannya hanya sebatas doa dan ritual Natal.

“Pada tahun 2023, kami mengalami banyak krisis, termasuk tragedi Hamdaniya yang diketahui seluruh dunia, serta Gaza dan saudara-saudara kami di Palestina,” kata Gebre Kashikian, pendeta Gereja Armenia di Bagdad, pada Misa.

Di Istanbul, Turki, Patriark Ekumenis Bartholomew I memimpin upacara Pemberkatan Air di Tanduk Emas. Tradisi tersebut menampilkan sang patriark melemparkan salib kayu, yang tahun ini hampir 50 perenang berkompetisi untuk memulihkannya.

Kostas Kypros, dari Alexandroupoli di Yunani, muncul dari air sambil memegang salib. "Saya sangat senang. Saya berharap yang terbaik untuk semua orang. Saya beruntung dan saya menarik salib itu,” kantor berita Anadolu milik pemerintah Turki melaporkan ucapannya.

Sebelumnya, anggota komunitas kecil Ortodoks Yunani di Istanbul dan pengunjung dari negara tetangga Yunani menghadiri kebaktian Epiphany yang dipimpin oleh Bartholomew I di Gereja Patriarkal St George di distrik Fener Istanbul.

Bartholomew I dianggap sebagai “yang pertama di antara yang sederajat” di antara para patriark Ortodoksi Timur dan pemimpin spiritual umat Kristen Ortodoks dunia. Patriarkat ini berasal dari Kekaisaran Bizantium Yunani Ortodoks yang berusia 1.100 tahun, yang berakhir pada tahun 1453 ketika Turki Ottoman yang Muslim menaklukkan Konstantinopel, yang sekarang disebut Istanbul. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home