Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 20:23 WIB | Senin, 10 Oktober 2016

Perdagangan Ekspor Jerman Bulan Agustus Alami Kenaikan

Ilustrasi kegiatan ekspor-impor di pelabuhan (Foto: Dedy Istanto)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Perdagangan ekspor di Jerman mengalami kenaikan pada bulan Agustus pada saat seruan untuk menggunakan uang tunai dapat mempertahankan pertumbuhan perekonomiannya Jerman.

Kantor Statistik Federal Destatis pada hari Senin (10/10) mencatat pada bulan Agustus nilai ekspor sebesar 102,3 miliar euro dengan menyesuaikan dampak musiman dan kalender.

Kenaikan tersebut 5,4 persen lebih tinggi dibandingkan perolehan pada bulan Juli, yang mencatatkan penurunan ekspor di tingkat terendahnya sejak bulan Januari 2015 atau pasca Brexit.

Sementara itu, Jerman mengimpor barang senilai 80,1 miliar euro atau sekitar Rp 1,16 kuadriliun pada bulan Agustus, meningkat 3,0 persen lebih sedikit dibandingkan jumlah pada bulan sebelumnya, membuat surplus perdagangan tercatat menjadi 22,2 miliar euro atau sekitar Rp 322 triliun.

Dalam ketentuan yang tidak disesuaikan, ekspor untuk negara-negara Uni Eropa di luar mata uang tunggal euro mencatatkan pertumbuhan tertinggi, naik 11,8 persen dibandingkan dengan perolehan pada bulan Agustus 2015.

Namun, penjualan barang Jerman ke sesama anggota zona euro juga tumbuh kuat, naik 8,8 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu, sementara penjualan secara global naik 9,6 persen.

Impor Jerman dari Uni Eropa meningkat 5,2 persen dari negara-negara lain di seluruh dunia naik 5,5 persen dibandingkan pada bulan Agustus 2015. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home