Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 13:23 WIB | Selasa, 20 Februari 2024

Perekonomian Israel Menyusut Hampir 20% Setelah Perang Melawan Hamas

Tentara dari Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza hari Jumat (16/2). (Foto: IDF via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Perekonomian Israel mengalami kontraksi terdalam dalam sejarah ketika perang melawan Hamas meletus, setelah permusuhan melumpuhkan bisnis, mendorong evakuasi dan pemanggilan pasukan cadangan.

Produk domestik bruto mengalami penurunan triwulanan untuk pertama kalinya dalam dua tahun, merosot sebesar 19,4 persen yang disesuaikan secara musiman dan disetahunkan dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, menurut data yang dirilis kembali pada hari Senin (19/2).

 Angka tersebut lebih buruk dari setiap perkiraan dalam survei analis Bloomberg, yang mediannya adalah penurunan sebesar 10,5 persen. Mata uang Israel diperdagangkan melemah 0,4 persen terhadap dolar setelah rilis data. Indeks Tel Aviv Stock Exchange 35 memangkas kenaikan dan menguat 0,4 persen.

Meskipun konflik tersebut merusak momentum perekonomian menjelang akhir tahun 2023, PDB masih meningkat sebesar dua persen dalam setahun penuh, sesuai dengan proyeksi departemen riset bank sentral. Perkiraan pertumbuhan Bank Israel untuk tahun 2024 juga sama, yakni sebesar dua persen, sedangkan Kementerian Keuangan memperkirakannya sebesar 1,6 persen.

Penilaian tersebut merupakan penghitungan resmi pertama mengenai jumlah PDB yang diakibatkan perang dan menggambarkan besarnya gangguan yang menghancurkan perekonomian senilai US$ 520 miliar setelah serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober.

Selain pemanggilan tenaga cadangan yang menghabiskan sekitar delapan persen angkatan kerja, hal ini juga menyebabkan pembatasan yang serupa dengan penutupan yang diberlakukan selama pandemi COVID-19, yang menyebabkan keruntuhan manufaktur secara tiba-tiba, mengguncang konsumsi, dan mengosongkan sekolah, kantor, dan lokasi konstruksi untuk sementara waktu. .

Gelombang guncangan ekonomi akibat perang ini jauh lebih dahsyat di wilayah Palestina, dan menambah krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza. Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan wilayah kantong Mediterania itu mengalami “keruntuhan aktivitas yang hampir total” pada kuartal keempat, dan memperkirakan bahwa PDB kumulatif di Gaza dan Tepi Barat anjlok enam persen pada tahun 2023.

Hamas yang didukung Iran, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa, menewaskan 1.200 orang dan menculik sekitar 250 orang ketika militannya keluar dari Gaza dan mengamuk di Israel selatan pada 7 Oktober. Serangan balasan Israel telah menewaskan sekitar 29.000 orang. di Gaza, menurut pejabat kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. Israel mengatakan akan melancarkan serangan darat di kota Rafah di Gaza kecuali sandera yang masih ditahan oleh Hamas segera dibebaskan.

Langkah-langkah yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh otoritas Israel membendung dampak perang terhadap pasar, dengan bank sentral berjanji untuk menjual sebanyak US$3 0 miliar dari cadangannya untuk mendukung mata uang lokal.

Bahkan ketika titik konflik baru muncul mulai dari Yaman hingga Irak, ketakutan terburuk akan konflik regional yang besar belum terwujud. Hal ini memberikan kepastian bagi investor yang khawatir dengan dampak perang terhadap keuangan publik Israel.

Ancaman bahwa Israel akan memperluas serangan daratnya di Gaza atau menghadapi peningkatan lebih lanjut di perbatasan utara dengan Lebanon masih membuat perekonomian berisiko mengalami gangguan yang lebih dalam. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home