Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 00:36 WIB | Selasa, 23 April 2024

Perempuan Dayak Kuping Panjang ke Belanda Ikut Misi Kebudayaan

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat audiensi bersama Panitia Dayak Long Ears Through the Lens serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud Kaltim) di Jakarta. (HO-Adpim Pemprov Kaltim)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM - Perempuan Dayak kuping panjang dijadwalkan tampil pada misi kebudayaan bertajuk Dayak Long Ears Through The Lens yang dilaksanakan di Belanda pada 31 Mei hingga 30 Juni 2024.

"Kita akan hadirkan salah satu tokoh perempuan dayak berkuping panjang, Ibu Yek Lawing dari Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai Mahulu, Kaltim," kata Ketua Panitia Misi Kebudayaan: Dayak Long Ears Through The Lens, Yani Saloh dalam keterangan di Samarinda, Senin (22/4).

Yani Saloh menjelaskan, saat ini hanya tersisa 47 perempuan telinga panjang yang tersebar di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Baginya, warisan budaya ini harus terus dijaga dan dilestarikan.

Kegiatan Dayak Long Ears Through The Lens dimulai pada 31 Mei 2024 yang diisi dengan pameran photo etnofotografi kuping panjang dan pertunjukan budaya di Museum Sophiahof Den Haag, Belanda.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tong Tong Fair (TTF) pada 2 Juni 2024 mendatang. TTF menjadi Festival Budaya Indonesia tertua dan terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap tahun di Belanda sejak 1959.

"Pada pameran Etnofotografi ini menampilkan karya Ati Bachtiar, diisi dengan pertunjukan musik, screening video, tarian Dayak hingga diskusi ringan mengenai kearifan lokal Masyarakat Adat Dayak,"kata Yani Saloh.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengaku mendukung kegiatan tersebut. Ia bahkan menyarankan pameran kebudayaan seperti itu juga bisa digelar di Kaltim.

"Pada prinsipnya bagus dan saya mendukung. Kalau perlu, kita bikin di Kaltim undang pegiat budaya dari negara lain, misalnya Myanmar atau Vietnam," ujar Akmal Malik.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home