Loading...
FOTO
Penulis: Elvis Sendouw 11:42 WIB | Senin, 01 Desember 2014

Peringatan World HIV AIDS Day

Peringatan World HIV AIDS Day
Massa aksi kepedulian HIV AIDS melakukan teatrikal dalam aksi memperingati World HIV AIDS Day di Bunderan Tugu Selamat Datang Jakarta. (Foto-Foto: Elvis Sendouw)
Peringatan World HIV AIDS Day
Sejumlah massa kasi peduli HIV AIDS saat menyampaikan kepeduliannya dalam peringatan World HIV AIDS Day.
Peringatan World HIV AIDS Day
Massa saat menyerukan aksi sosialisasi HIV AIDS dalam peringatan World HIV AIDS Day.
Peringatan World HIV AIDS Day
Dua perempuan menunjukan stiker kepedulian terhadap HIV AIDS.
Peringatan World HIV AIDS Day
Massa saat melakukan orasi dalam peringatan Hari World HIV AIDS Day.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Peringati Hari HIV AIDS yang jatuh pada tanggal 1 Desember, berbagai elemen masyarakat gelar aksi peduli terhadap HIV AIDS di Bunderan Tugu Selamat Datang, Jakarta, Senin (1/12). Puluhan massa dengan membawa atribut mensosialisasikan penyebaran HIV AIDS.

Minimnya pengetahuan masyarakat tentang penularan HIV AIDS berdampak kepada diskriminasi, baik secara langsung atau tidak lansung terhadap orang dengan HIV AIDS (ODHA). Informasi yang terkait berkaitan dengan fakta ilmiah bahwa penyebaran HIV AIDS melalui darah, cairan vagina, air mani dan air susu ibu. Virus HIV AIDS tidak akan ditemukan di keringat, urine, tinja, air liur dan bersentuhan langsung.

Salah satu kendala dalam pengendalian penyakit HIV AIDS adalah stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV AIDS. Herek dan Capitiano tahun 1999 mengatakan bahwa timbulnya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA disebabkan oleh faktor risiko penyakit ini yang terkait dengan prilaku seksual yang menyimpang dan penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya atau narkoba.

Menurut Prof. DR. dr. H Dadang Hawari orang-orang dengan infeksi HIV (HIV positif) jangan didiskriminasi melainkan diambil simpati dan disanyangi serta jangan dikucilkan.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home