Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:54 WIB | Selasa, 08 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Pengungsi Ukraina Mencapai Dua Juta

Perkembangan Invasi Rusia:  Pengungsi Ukraina Mencapai Dua Juta
Polina Shulga, 27 tahun, seorang administrator di pusat rehabilitasi di Kiev, dengan putrinya yang berusia tiga tahun Aria setelah melarikan diri dari Ukraina, berlari ke kereta ke Budapest, di peron kereta di kota perbatasan Hungaria, Zahony, Hungaria, Senin , 7 Maret 2022. "Saya menjelaskan kepadanya bahwa kami akan berlibur dan kami pasti akan pulang suatu hari ketika perang berakhir," kata Shulga. (Foto: AP/Darko Vojinovic)
Perkembangan Invasi Rusia:  Pengungsi Ukraina Mencapai Dua Juta
Perempuan dan anak-anak, melarikan diri dari Ukraina, tiba di perbatasan di Medyka, Polandia, Polandia, Selasa, 8 Maret 2022. Invasi Rusia ke Ukraina telah memicu migrasi massal terbesar di Eropa dalam beberapa dekade, dengan lebih dari 1,5 juta orang memiliki menyeberang dari Ukraina ke negara-negara tetangga. (Foto: AP/Visar Kryeziu)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Jumlah pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina mencapai dua juta orang pada hari Selasa (8/3), menurut PBB. Dan ini badalah eksodus tercepat di Eropa sejak Perang Dunia II.

“Hari ini arus keluar pengungsi dari Ukraina mencapai dua juta orang. Dua juta,” kata Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, menulis di Twitter.

Pembaruan informasi disampaikan ketika upaya baru untuk mengevakuasi warga sipil di sepanjang koridor yang aman akhirnya berlangsung pada hari Selasa. Rute keluar dari kota Sumy adalah salah satu dari lima yang dijanjikan oleh Rusia untuk menawarkan warga sipil cara untuk melarikan diri dari serangan Rusia.

Michelle Bachelet, komisaris tinggi PBB untuk hak asasi manusia, mendesak semua warga sipil yang terjebak dalam pertempuran di Ukraina untuk diizinkan pergi dengan selamat. Dia mengatakan pada hari Selasa bahwa dia “sangat prihatin dengan warga sipil yang terperangkap dalam permusuhan aktif di berbagai daerah.”

Bachelet juga mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB bahwa kantornya telah menerima laporan tentang aktivis pro Ukraina yang ditahan secara sewenang-wenang di wilayah timur Ukraina yang baru-baru ini berada “di bawah kendali kelompok bersenjata.” Dia mengatakan ada laporan pemukulan terhadap orang-orang yang dianggap pro Rusia di daerah-daerah yang dikuasai pemerintah.

 

Jepang Tahan Aset 32 Orang Rusia dan Belarusia

TOKYO, Jepang mengatakan telah menangguhkan aset 32 ​​lebih individu Rusia dan Belarusia sebagai bagian dari sanksi internasional terhadap Rusia.

Sanksi tambahan yang diumumkan hari Selasa menargetkan 20 orang Rusia termasuk kepala Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, wakil kepala staf dan sekretaris pers untuk pemerintahan Presiden Vladamir Putin, dan wakil ketua parlemen negara bagian.

Daftar tersebut juga mencakup eksekutif bisnis yang memiliki hubungan dekat dengan Putin dan pemerintahannya seperti Volga Group, Transneft, Perusahaan Militer Swasta Wagner dan USM Holdings, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri, keuangan dan perdagangan.

Target sanksi juga termasuk 12 pejabat dan eksekutif bisnis Belarusia, termasuk Presiden Komite Olimpiade Nasional Belarusia, Viktor Lukashenko, serta 12 organisasi di Rusia dan Belarusia.

Para pejabat mengatakan Jepang juga melarang ekspor peralatan kilang minyak ke Rusia dan barang-barang keperluan umum ke Belarus yang dapat digunakan untuk memperkuat kemampuan militer negara itu.

Polandia Serukan Sanksi Yang Lebih Keras ke Rusia

WARSAWA, Perdana Menteri Polandia menyerukan sanksi yang lebih keras lagi terhadap Rusia untuk membongkar mesin perang Presiden Vladimir Putin.

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, membuat komentarnya saat ia meninggalkan Warsawa untuk kunjungan ke negara-negara NATO Inggris dan Norwegia.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa memperkuat sayap timur NATO dan mendorong lebih banyak sanksi akan menjadi topik utama diskusi. Secara khusus, Morawiecki ingin mendesak negara-negara Eropa lainnya untuk mengganti minyak mentah dan gas Rusia dengan pengiriman dari negara lain.

“Untuk menyerang Rusia secara efektif, pukulan kami harus konsisten dan berjangka panjang jika aksi militer berlanjut,” kata Morawiecki.

Polandia telah membangun pipa gas, Pipa Baltik, yang dimaksudkan untuk mengimpor gas dari Norwegia.

Dia menyebut Pipa Baltik sebagai "simbol kedaulatan Polandia, kemerdekaan Polandia dari Rusia, dari pemerasan gas ... segala sesuatu yang memungkinkan Putin membangun mesin perang."

 

AS Nyatakan Komitmen dengan NATO Jika Diserang Rusia

TALLINN, ESTONIA, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengakhiri tur singkat ke tiga negara Baltik yang bertujuan untuk meyakinkan bekas republik Soviet bahwa NATO akan menjamin keamanan mereka saat perang Rusia dengan Ukraina terus berlanjut.

Blinken bertemu dengan pejabat senior Estonia di Tallinn pada hari Selasa, sehari setelah mendengar seruan dari Lithuania dan Latvia untuk lebih banyak dukungan dan kehadiran pasukan AS dan NATO yang lebih besar untuk mencegah intervensi Rusia yang ditakuti.

“Kami akan mempertahankan setiap inci wilayah NATO jika diserang,” kata Blinken, Senin di Riga. “Tidak ada yang meragukan kesiapan kami. Tidak ada yang harus meragukan tekad kita. ”

Para pemimpin di ketiga negara Baltik telah menyatakan keprihatinan mendalam tentang niat Presiden Rusia Vladimir Putin untuk negara-negara bekas blok Uni Soviet yang sekarang bersekutu atau terkait dengan Barat.

Menteri Luar Negeri Latvia, Edgars Rinkevics, mengatakan invasi Rusia ke Ukraina telah menunjukkan kepada negara-negara Baltik khususnya kebutuhan untuk meningkatkan pertahanan udara dan pantai. Dia menambahkan Latvia ingin kerja sama keamanannya dengan NATO menjadi “lebih efisien.”

Presiden Lithuania, Gitanes Nauseda,  mengatakan kepada Blinken di Vilnius bahwa kebijakan pencegahan tidak lagi cukup dan bahwa "pertahanan ke depan" sekarang diperlukan. Dia meramalkan bahwa “Putin tidak akan berhenti di Ukraina jika dia tidak dihentikan.”

 

Badan Pengungsi Norwegia Bantu Ukraina

KOPENHAGEN, Kepala Dewan Pengungsi Norwegia mengatakan bahwa pengungsi yang melarikan diri di Ukraina adalah “krisis perpindahan yang tumbuh paling cepat yang saya saksikan dalam 35 tahun saya sebagai pekerja kemanusiaan.”

Jan Egeland, sekretaris jenderal kelompok kemanusiaan, mengatakan bahwa “setiap detik perang memaksa seseorang untuk melarikan diri melintasi perbatasan Ukraina, dan tak terhitung yang mengungsi di dalam negeri.”

Badan yang berbasis di Oslo, yang telah berada di Ukraina sejak 2014, mengatakan pihaknya meluncurkan rencana bantuan untuk mendukung 800.000 orang di Ukraina dan negara-negara tetangga.

Rencana respons kemanusiaan NRC menyerukan $82 juta dan mengimbau para donor “untuk menggali lebih dalam untuk menemukan dana baru” dan menambahkan “jangan mengambil sumber daya dari krisis lain.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home