Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:02 WIB | Selasa, 08 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: WHO Sebut Rusia Serang 16 Fasilitas Kesehatan di Ukraina

Perkembangan Invasi Rusia: WHO Sebut Rusia Serang 16 Fasilitas Kesehatan di Ukraina
Seorang prajurit Ukraina memantau pos pemeriksaan dari balik karung pasir di jalan utama di Kiev, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Perkembangan Invasi Rusia: WHO Sebut Rusia Serang 16 Fasilitas Kesehatan di Ukraina
Orang-orang memasak di luar ruangan untuk prajurit Ukraina dan anggota pertahanan sipil yang bertugas di Kiev, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Perkembangan Invasi Rusia: WHO Sebut Rusia Serang 16 Fasilitas Kesehatan di Ukraina
Tentara dan milisi Ukraina membawa seorang perempuandi kursi roda saat artileri bergema di dekatnya, sementara orang-orang melarikan diri dari Irpin di pinggiran Kiev, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. (Foto: AP/Emilio Morenatti)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Kepala kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa mengatakan telah mengkonfirmasi 16 serangan yang telah mempengaruhi penyediaan perawatan kesehatan di Ukraina dalam pertempuran sejak invasi Rusia di negara itu dimulai hampir dua pekan lalu.

Dr. Hans Kluge juga mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (8/3) bahwa otoritas kesehatan Ukraina telah “sangat” mempertahankan pengawasan dan tanggapan COVID-19 sejak invasi dimulai pada 24 Februari, meskipun mereka melaporkan 731 kematian terkait dengan pandemi selama sepekan terakhir.

Kluge memperingatkan bahwa "sayangnya, jumlah ini akan meningkat karena kekurangan oksigen terus berlanjut", dengan orang tua yang terpengaruh secara tidak proporsional. Perawatan dengan oksigen adalah bagian penting dari respons bagi orang-orang yang sistem pernapasannya terganggu oleh infeksi virus corona.

Kepala WHO Eropa juga mengatakan jalur pasokan yang rusak melemahkan kemampuan untuk mengobati kondisi seperti diabetes, dan hipertensi. Catherine Smallwood, petugas darurat senior untuk WHO Eropa, mengatakan serangan terhadap perawatan kesehatan di Ukraina telah menyebabkan sedikitnya sembilan kematian dan 16 luka-luka.

 

Pasukan Ukraina Hancurkan 30 Helikopter Rusia

LONDON, Menteri Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Selasa (8/3) bahwa ada laporan pasukan khusus Ukraina menghancurkan lebih dari 20 helikopter Rusia di darat semalam saat invasi Rusia ke Ukraina terus menghadapi masalah logistik dan perlawanan sengit.

Kemajuan Rusia menuju ibu kota, Kiev, terus menghadapi tekanan dari pasukan Ukraina di sekitar kota-kota terdekat Hostomel, Bucha, Vorzel dan Irpin, kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan intelijen yang dirilis Senin malam. Selain itu, konvoi Rusia yang panjang tetap terjebak di jalan utara Kiev.

Menteri Pertahanan, Ben Wallace, mengatakan pasukan Rusia menjadi semakin putus asa dalam menghadapi perampokan militer dan pasokan semacam itu, yang mengarah pada “penembakan tanpa pandang bulu” terhadap warga sipil.

“Kami juga menyadari bahwa mungkin korban tunggal terbesar, sejauh ini dalam perang, adalah tentara militer Rusia yang telah dikecewakan oleh para pemimpin yang mengerikan, kepemimpinan yang mengerikan, dan rencana yang mengerikan. Dan sekarang Anda melihat mereka, secara harfiah, dalam skala besar sekarat.”

 

Bank Dunia Siapkan US$ 700 Juta untuk Bantuan Darurat Ukraina

WASHINGTON, Bank Dunia mengatakan telah menyetujui lebih dari US$ 700 juta dalam bentuk bantuan darurat untuk Ukraina.

Dijuluki GRATIS Ukraina, itu mencakup hampir US$ 500 juta dalam bentuk pinjaman dan jaminan dan US$ 134 juta dalam bentuk hibah, dengan Jepang menjanjikanUS $ 100 juta lagi dalam pembiayaan. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu pemerintah Ukraina membayar upah pekerja rumah sakit, pensiun dan program sosial lainnya. Menyatukan bantuan ke dalam paket dimaksudkan untuk merampingkan dan mempercepat penyediaan dana, kata Bank Dunia dalam sebuah pernyataan.

“Kelompok Bank Dunia mendukung rakyat Ukraina dan kawasan ini,” kata Presiden Bank Dunia, David Malpass. “Ini adalah langkah pertama dari banyak langkah yang kami ambil untuk membantu mengatasi dampak luas terhadap manusia dan ekonomi dari krisis ini.”

Bank Dunia juga mengatakan sedang mempersiapkan paket dukungan senilai US$3 miliar untuk Ukraina dan kawasan untuk membantunya mengatasi banjir pengungsi yang melarikan diri dari pertempuran.

 

Nisan Hentikan Produksi di Rusia

TOKYO, Produsen mobil Jepang Nissan berencana menghentikan produksi di pabriknya di Rusia karena “tantangan logistik”.

Nissan Motor Co. tidak memberikan tanggal spesifik tetapi mengatakan produksi Selasa akan berhenti "segera." Pabriknya di St. Petersburg memproduksi 45.000 kendaraan tahun lalu, termasuk kendaraan utilitas sport X-Trail.

Pabrikan yang berbasis di Yokohama itu mengatakan keselamatan karyawannya adalah prioritas utamanya. Nissan sebelumnya menghentikan ekspor ke Rusia.

Pesawat Rusia Membom Beberapa Pemukiman di Kota Ukraina

LVIV, Pesawat Rusia membom kota-kota di timur dan tengah Ukraina semalam, kata pejabat Ukraina. Penembakan menghantam pinggiran ibukota, Kiev.

Di Sumy dan Okhtyrka, di sebelah timur Kiev dekat perbatasan Rusia, bom jatuh di gedung-gedung perumahan dan menghancurkan pembangkit listrik, kata pemimpin regional Dmytro Zhivitsky. Dia mengatakan ada yang tewas dan terluka tetapi tidak memberikan angka.

Bom juga menghantam depot minyak di Zhytomyr dan kota tetangga Cherniakhiv, yang terletak di sebelah barat Kiev. Di Bucha, pinggiran kota Kiev, wali kota melaporkan tembakan artileri berat.

“Kami bahkan tidak dapat mengumpulkan mayat-mayat itu karena tembakan dari senjata berat tidak berhenti siang atau malam,” kata Walikota Anatol Fedoruk. “Anjing-anjing memisahkan mayat-mayat di jalan-jalan kota. Ini mimpi buruk."

Pemerintah Ukraina menuntut pembukaan koridor kemanusiaan untuk memungkinkan orang meninggalkan Sumy, Zhytomyr, Kharkiv, Mariupol dan pinggiran Kyiv dengan aman, termasuk Bucha.

 

Kota Lviv Berjuang Memberi Makan Pengungsi

LVIV, Walikota Lviv mengatakan kota di ujung barat Ukraina itu sedang berjuang untuk memberi makan dan menampung puluhan ribu orang yang telah melarikan diri ke sini dari daerah yang dilanda perang di negara itu. “Kami sangat membutuhkan dukungan,” kata Wali Kota Andriy Sadovyi.

Lebih dari 200.000 warga Ukraina yang mengungsi dari rumah mereka sekarang berada di Lviv, memenuhi gedung olah raga, sekolah, rumah sakit, dan gedung gereja. Kota bersejarah yang pernah populer di kalangan turis ini memiliki populasi 700.000 jiwa sebelum perang.

Wali kota mengatakan kota membutuhkan tenda besar yang dilengkapi dengan dapur sehingga makanan dapat disiapkan.

Ratusan ribu orang lagi bisa tiba jika koridor kemanusiaan dibuka dari kota-kota yang sekarang dikepung oleh pasukan Rusia. Kedutaan besar negara-negara AS dan Uni Eropa juga pindah ke Lviv dari Kiev sebelum invasi.

Lviv adalah titik transit utama bagi mereka yang melarikan diri tepat di seberang perbatasan ke Polandia. Banyak dari 1,7 juta orang Ukraina yang sekarang berada di luar negeri melewati kota itu. PBB menyebut situasi itu sebagai krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II.

 

Autralia Jatuhkan Sanksi pada 10 Propagadis Rusia

CANBERRA, Pemerintah Australia mengatakan sedang menjatuhkan sanksi pada “propagandis dan pemasok disinformasi” Moskow yang melegitimasi invasi Rusia ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri Marise Payne mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa bahwa pemerintahnya memberikan sanksi kepada 10 "orang yang memiliki kepentingan strategis bagi Rusia" karena peran mereka dalam mendorong permusuhan terhadap Ukraina.

“Ini  termasuk mendorong dan menyebarkan narasi palsu tentang 'de-Nazifikasi' Ukraina, membuat tuduhan yang salah tentang genosida terhadap etnis Rusia di Ukraina timur, dan mempromosikan pengakuan atas apa yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk sebagai independen," kata Payne, mengacu pada wilayah separatis Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina telah disertai dengan kampanye disinformasi yang meluas, baik di dalam Rusia maupun internasional, katanya.

“Tragisnya bagi Rusia, Presiden (Vladimir) Putin telah menutup suara-suara independen dan mengunci orang-orang Rusia sehari-hari ke dalam dunia yang ditandai dengan kebohongan dan disinformasi,” kata Payne. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home