Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:07 WIB | Minggu, 13 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Satu Lagi Jenderal Rusia Tebunuh dalam Pertempuran

Perkembangan Invasi Rusia: Satu Lagi Jenderal Rusia Tebunuh dalam Pertempuran
Citra satelit multispektral yang disediakan oleh Maxar Technologies ini menunjukkan pemandangan kebakaran di kawasan industri di distrik Primorskyi di Mariupol barat, Ukraina, selama invasi Rusia, Sabtu, 12 Maret 2022. (Foto-foto: Citra satelit © 2022 Maxar Technologies via AP)
Perkembangan Invasi Rusia: Satu Lagi Jenderal Rusia Tebunuh dalam Pertempuran
Citra satelit Maxar Technologies ini menunjukkan gedung apartemen yang terbakar di Jalan Zelinskovo di Mariupol barat, Ukraina, Sabtu, 12 Maret 2022.
Perkembangan Invasi Rusia: Satu Lagi Jenderal Rusia Tebunuh dalam Pertempuran
Citra Gambar satelit dari Maxar Technologies menunjukkan tampilan gedung apartemen sebelum invasi Rusia di distrik Zhovtnevyi di barat Mariupol, Ukraina, pada 21 Juni 2021.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Seorang pejabat Ukraina mengatakan bahwa seorang jenderal Rusia lainnya tewas dalam pertempuran.

Anton Gerashchenko, seorang penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, mengatakan pada hari Sabtu (12/3) bahwa Mayor Jenderal Rusia, Andrei Kolesnikov, tewas dalam pertempuran selama pertempuran di Mariupol. Dia akan menjadi jenderal Rusia ketiga yang tewas dalam perang, menurut pejabat Ukraina.

Kematian Kolesnikov tidak dikonfirmasi oleh militer Rusia, yang sangat menutup informasi tentang kerugiannya.

Sebelumnya, sumber tidak resmi Rusia mengkonfirmasi kematian seorang jenderal Rusia.

Kematian Mayjen Andrei Sukhovetsky, komandan jenderal Divisi Lintas Udara ke-7 Rusia, dikonfirmasi oleh rekannya dan asosiasi perwira di Rusia selatan. Kematian jenderal lain, Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov, tidak dikonfirmasi oleh sumber Rusia mana pun.

 

Sparatis Ukraina Mengharapkan Relawan dari Timur Tengah

KIEV, Kepala wilayah separatis di Ukraina timur yang didukung Rusia mengatakan dia mengharapkan ribuan pejuang dari Timur Tengah datang untuk memerangi pasukan Ukraina.

Denis Pushilin, kepala pemerintah separatis di wilayah Donetsk, mengatakan dalam pidato yang disiarkan di televisi pemerintah Rusia pada hari Sabtu (12/3) bahwa "ribuan" sukarelawan dari Timur Tengah dapat segera bergabung dengan pemberontak dan berperang "bahu-membahu" melawan pemberontak tentara Ukraina.

Pernyataan Pushilin mengikuti komentar Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada hari Jumat bahwa pihak berwenang Rusia telah menerima permintaan dari lebih dari 16.000 orang dari Timur Tengah yang ingin bergabung dengan aksi militer Rusia di Ukraina. Dia menambahkan bahwa banyak dari orang-orang itu sebelumnya telah berjuang bersama dengan Rusia melawan kelompok Negara Islam (ISIS).

Rusia melancarkan aksi militer di Suriah sejak September 2015, membantu pemerintah Presiden Bashar Alo-Assad untuk merebut kembali kendali atas sebagian besar negara dalam perang saudara yang menghancurkan. Pernyataan Shoigu mengikuti seruan Ukraina pada sukarelawan dari luar negeri untuk datang membantu memerangi pasukan Rusia.

 

Rusia Ancam Serang Pengiriman Senjata dari Barat ke Ukraina

MOSKOW, Seorang diplomat senior Rusia memperingatkan bahwa Moskow dapat menargetkan pengiriman peralatan militer Barat ke Ukraina.

Berbicara pada hari Sabtu (12/3), Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, mengatakan bahwa Moskow telah memperingatkan AS bahwa mereka akan melihat pengiriman senjata Barat ke Ukraina sebagai target.

Ryabkov mengatakan Rusia “memperingatkan AS bahwa memompa senjata dari sejumlah negara yang diaturnya bukan hanya langkah berbahaya, itu adalah tindakan yang membuat konvoi itu menjadi target yang sah.”

Dia juga mengecam sanksi AS terhadap Moskow sebagai “upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memberikan pukulan serius terhadap berbagai sektor ekonomi Rusia,” tetapi mencatat bahwa Moskow akan bertindak dengan cara yang terukur untuk menghindari merugikan dirinya sendiri.

Ryabkov mengatakan bahwa Rusia tidak memiliki niat untuk mengusir media dan bisnis Barat di tengah meningkatnya ketegangan dengan Barat, menambahkan bahwa "kami tidak akan meningkatkan situasi."

 

Kota Mariupol Yang Dikepung Rusia Kekuarangan Obat-obatan

BERLIN, Kelompok bantuan Doctors Without Borders mengatakan beberapa penduduk kota Mariupol di Ukraina sekarat karena kekurangan obat-obatan, sementara yang lain yang tewas dalam pertempuran dikubur di kuburan darurat oleh tetangga mereka.

Kelompok itu, yang dikenal dengan akronim bahasa Prancisnya MSF, mengatakan kota itu sudah lebih dari sepekan tanpa air minum atau obat-obatan. Dikatakan orang-orang menggunakan air dari tanah atau menyadap pipa pemanas, lalu merebusnya di atas kayu bakar.

MSF mengatakan makanan langka dan kurangnya konektivitas ponsel atau internet di Mariupol berarti hanya penduduk dengan akses ke radio portabel yang memiliki informasi tentang apa yang terjadi di luar lingkungan terdekat mereka.

Dalam pesan suara yang dibagikan hari Sabtu (12/3) kepada The Associated Press, salah satu anggota staf MSF menggambarkan melihat orang-orang yang telah meninggal karena kekurangan obat menambahkan bahwa “ada banyak orang seperti itu di dalam Mariupol.”

Pekerja bantuan kemanusiaan mengatakan bahwa ada “banyak orang yang terbunuh dan terluka dan mereka hanya terbaring di tanah. Tetangga hanya menggali lubang di tanah dan memasukkan tubuh mereka ke dalamnya.”

 

Italia Sita Superyacht Milik Rusia

MILAN, Polisi keuangan Italia telah menyita superyacht milik Rusia senilai 530 juta euro (US$ 578 juta) di pelabuhan Trieste sebagai bagian dari penyitaan kekayaan oligarki untuk menekan Presiden Rusia, Vladimir Putin, agar menghentikan perang terhadap Ukraina.

Kapal pesiar "Sy A" diidentifikasi oleh polisi Italia sebagai milik miliarder Andrey Igorevich Melnichenko, yang menghasilkan banyak uang dalam produksi pupuk dan energi batubara. Itu disita pada Jumat malam.

Video menunjukkan polisi di mobil dengan lampu berkedip mendekati kapal pesiar tiga tiang dan petugas menaikinya.

Pihak berwenang Italia pekan lalu menyita sekitar 143 juta euro (US$ 156 juta) di kapal pesiar dan vila mewah milik miliarder Rusia di tempat peristirahatan yang indah seperti Sardinia, pantai Liguria, dan Danau Como. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home