Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:49 WIB | Minggu, 13 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: 86 Warga Turki, Berlindung di Masjid Yang Diserang Rusia

Perkembangan Invasi Rusia: 86 Warga Turki, Berlindung di Masjid Yang Diserang Rusia
Ledakan di gedung apartemen yang diserang oleh tank tentara Rusia di Mariupol, Ukraina, Jumat, 11 Maret 2022. Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah merebut pinggiran timur kota Mariupol yang terkepung. (Foto-foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Perkembangan Invasi Rusia: 86 Warga Turki, Berlindung di Masjid Yang Diserang Rusia
Petugas medis menggendong bayi perempuan yang baru lahir, Alana, dekat dengan ibunya setelah operasi caesar di sebuah rumah sakit di Mariupol, Ukraina, Jumat, 11 Maret 2022. Ibu Alana harus dievakuasi dari rumah sakit bersalin lain dan kehilangan beberapa jari kakinya setelah tertembak peluru.

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM-Kedutaan Besar Ukraina di Turki mengatakan sekelompok 86 warga negara Turki, termasuk 34 anak-anak, termasuk di antara mereka yang berlindung di sebuah masjid di kota Mariupol yang terkepung.

Seorang juru bicara kedutaan, mengutip informasi dari wali kota, mengatakan mereka telah berlindung di masjid bersama dengan orang lain yang mencari perlindungan dari serangan Rusia di pelabuhan yang dikepung Rusia di Laut Azov.

Dia berkata, "Ada masalah komunikasi yang sangat besar di Mariupol dan tidak ada kesempatan untuk menjangkau mereka."

Ratusan ribu warga sipil telah terperangkap di Mariupol selama lebih dari sepekan tanpa makanan, air, panas atau listrik di tengah suhu beku. Upaya untuk membuat gencatan senjata untuk membiarkan mereka pergi telah berulang kali gagal.

Pejabat Turki tidak menanggapi permintaan komentar. Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan pada hari Jumat bahwa Turki telah mengevakuasi hampir 14.000 warganya dari Ukraina.

 

Jerman Serukan Uni Eropa Kerja Sama Atasi Pengungsi Ukraina

BERLIN, Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock mengatakan Jerman bekerja sama dengan sekutunya untuk menerbangkan orang-orang yang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara yang lebih jauh ketika negara-negara tetangga berjuang untuk mengatasi semua pendatang baru.

Baerbock mengatakan pada hari Sabtu (12/3) bahwa Moldova, sebuah negara berpenduduk 2,5 juta di perbatasan dengan Ukraina, telah menampung 100.000 orang, hampir sebanyak Jerman, yang memiliki populasi lebih dari 30 kali lebih besar.

Berbicara di Chisinau bersama rekannya dari Moldova, dia mengatakan Jerman "hanya mengambil alih sebagian kecil dari tanggung jawab" sejauh ini dan memuji negara Eropa Timur yang miskin atas upayanya untuk membantu para pengungsi.

Baerbock mengatakan Uni Eropa sedang menyiapkan "koridor hijau" untuk membawa orang dengan bus melalui Rumania ke negara-negara Uni Eropa lainnya, tetapi juga bekerja dengan mitra untuk membantu menerbangkan warganya yang telah meninggalkan Ukraina kembali ke rumah dan "khususnya juga untuk menerbangkan orang Ukraina melintasi Atlantik.”

Dia mendesak sekutu untuk menunjukkan solidaritas terhadap mereka yang terkena dampak perang dan menuduh Rusia menyebarkan “propaganda yang semakin gila yang sekarang bahkan tidak mengecilkan ancaman untuk menggunakan senjata pemusnah massal.”

 

IMO Tuduh Rusa Serang Kapal Kargo

PBB, Organisasi Maritim Internasional (IMO), badan pengawas PBB untuk pelayaran internasional dan hukum laut, menyerukan koridor yang aman di Laut Hitam dan Azov untuk membiarkan kapal komersial mengungsi.

Banyak perairan yang ditambang, dan kapal angkatan laut Rusia berada di lepas pantai Ukraina. Ledakan telah menghantam setidaknya dua kapal kargo di daerah itu dan puluhan lainnya terdampar.

Dewan IMO mengadakan sesi darurat dan mengatakan menyesalkan serangan Federasi Rusia yang ditujukan pada kapal komersial, serangan mereka, termasuk kapal pencarian dan penyelamatan, yang mengancam keselamatan dan kesejahteraan pelaut dan lingkungan laut.

 

Rusia: Sanksi Ancam Stasiun Luar Angkasa Internasional

MOSKOW, Badan antariksa Rusia, Roscosmos, mengirim surat kepada NASA dan mitra internasional lainnya yang menuntut diakhirinya sanksi, dengan mengatakan mereka dapat mengancam Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dalam sebuah tweet hari Sabtu, kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin, mengatakan surat itu meminta badan antariksa Amerika Serikat, Kanada dan Eropa untuk menjaga stasiun luar angkasa tetap beroperasi.

Dia mengilustrasikan daya tarik dengan peta yang menunjukkan jalur penerbangan ISS, dan zona jatuh potensial yang melintasi sebagian besar dunia tetapi hampir tidak menyentuh Rusia.

Empat astronot NASA, dua kosmonot Rusia dan satu astronot Eropa saat ini berada di stasiun luar angkasa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home