Loading...
MEDIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:17 WIB | Minggu, 28 Desember 2014

Perseteruan The Interview Meluas, PlayStation Tak Berfungsi

Ilustrasi. (Foto: Dok.satuharapan/Istimewa)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Jaringan PlayStation Sony hingga Jumat malam (27/12) tidak berfungsi. Peristiwa ini memicu perdebatan tentang benar tidaknya bahwa hal itu akibat tindakan para peretas yang ingin memblokir penayangan film The Interview yang kontroversial.

Sejumlah peretas yang menyebut diri sebagai “Lizard Squad” mengklaim telah mengganggu jaringan PlayStation Sony itu. Namun, tindakan itu dikecam keras beberapa kelompok peretas lain, termasuk Kim Dotcom, seorang pebisnis online asal Selandia Baru yang selama ini kerap dituduh bersekongkol melakukan pembajakan lewat internet.

Associated Press melaporkan Kim Dotcom menawarkan voucher gratis untuk layanan internet pribadinya jika “Lizard Squad” memulihkan jaringan Xbox.

Jaringan Xbox Live Microsoft yang juga mati pada Kamis (25/12), pada Jumat memang sudah kembali berfungsi meskipun perusahaan itu kembali melaporkan terjadi beberapa masalah pada Jumat malam.

“Lizard Squad” lewat akun Twitter-nya memuji tawaran Kim Dotcom yang kemudian memulihkan sebagian fungsi jaringan Xbox.

Akan tetapi, belum jelas apa yang sesungguhnya terjadi karena baik Sony maupun Microsoft sama-sama belum memastikan apa yang sebenarnya mengganggu jaringan mereka. Para pakar teknologi mengatakan sulit melacak sumber serangan atau memastikan siapa yang harus bertanggung jawab atas tindakan peretasan itu. (VOA)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home