Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:26 WIB | Senin, 07 Desember 2015

Persiapan Pilkada Capai Angka 99 persen

Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2015 Minggu (6/12) di Ruang Sidang Utama Gedung KPU. (Foto: kpu.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Husni Kamil Manik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Akhir Penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2015 Minggu (6/12), di Ruang Sidang Utama Gedung KPU  mengatakan, persiapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015 telah mencapai 99 persen.

“Sampai hari ini (Minggu, 6/12) persiapan sudah mencapai 99 persen. Dengan demikian maka perencanaan pelaksanaan Pilkada  Tahun 2015, sebanyak sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 36 kota, genap bisa kita selenggarakan,” kata Husni.

Beberapa indikator yang menjadi tolak ukur kesiapan tersebut antara lain telah dilakukannya bimbingan teknis kepada penyelenggara, sampai kepada tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), surat suara yang 100 persen sudah tercetak, telah selesainya penyediaan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh daerah, dan telah dibagikannya formulir C6 kepada pemilih.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri Menteri Dalam Negeri, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilu (DKPP), Pemimpin Kepolisian Republik Indonesia, Pemimpin Tentara Nasional Indonesia, Kepala Badan Intelijen Negara, dan 12 pemimpin partai politik, Husni menyebutkan, sudah tidak ada lagi permasalahan pencairan anggaran.

Dari 269 daerah, 180 di antaranya sudah menerima transfer seluruh dana hibah dari pemerintah daerah, sedangkan 89 daerah sisanya telah menerima dana hibah dari pemerintah daerah kurang dari 100 persen.

Terkait dengan pencalonan di Provinsi Kalimantan Tengah, saat ini surat suara telah tercetak. Namun, KPU masih menunggu Putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Masyarakat juga akan dengan cepat memperoleh gambaran hasil pilkada, karena KPU akan memberikan informasi hasil pilkada sementara dari hasil scan C1 yang diolah dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG). (kpu.go.id)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home