Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:45 WIB | Sabtu, 31 Oktober 2015

Perundingan Wina: Negara Adidaya Tak Sepakat Soal Assad

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kiri), Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmeier (kedua kiri), Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura (ketujuh kiri), Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kelima kanan), Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (keempat kanan), Wakil Menteri Urusan Luar Negeri Li Baodong (kedua kanan) dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif (kanan) menunggu sebelum pertemuan dengan 17 negara, Uni Eropa dan PBB di Hotel Imperial pada 30 Oktober 2015 di Wina, Austria. Kerry dan pemimpin lain berada di Wina untuk mendiskusikan solusi bagi konflik di Suriah. (Foto: AFP)

WINA, SATUHARAPAN.COM – Negara-negara adidaya seperti AS, Uni Eropa dan 17 negara lainnya dalam pembicaraan internasional di Wina telah satu suara terkait dengan keadaan Suriah saat ini. Di antaranya adalah mengenai masa transisi, pemilu dan peran PBB. Namun, mereka masih belum sepakat soal nasib Presiden Suriah Bashar al-Assad yang saat ini masih berkuasa.

“Kami membahas seluruh masalah, bahkan yang paling pelik sekalipun,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, hari Jumat (30/10) kepada wartawan setelah pembicaraan yang untuk pertama kalinya dihadiri semua aktor asing penting dalam konflik tersebut.

“Terdapat sejumlah poin ketidaksetujuan, namun kami mencapai cukup kemajuan untuk dibahas kembali, dalam susunan yang sama , dalam waktu dua pekan.”

“Ketidaksetujuan penting itu adalah tentang nasib Mr. Bashar al-Assad,” kata Fabius setelah sejumlah menteri luar negeri dari 17 negara, serta PBB dan Uni Eropa (UE), mengakhiri pembicaraan mereka.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Frederica Mogherini mengakui bahwa hal ini memang tidak mudah dan ke depannya negoisasi ini akan terus dijalankan di bawah pengawasan PBB.

Putaran pembicaraan lainnya akan digelar dalam kurun waktu dua pekan mendatang. (AFP)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home