Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 01:33 WIB | Selasa, 17 September 2013

Pesan Sekjen PBB di Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon

Lapisan Ozon. (Foto United Nations Regional Information Centre for Western Europe)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Negara-negara diajak untuk memperingati Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon untuk mempromosikan kegiatan yang sejalan dengan tujuan protokol dan amandemennya. Lapisan ozon melindungi bumi dari bagian berbahaya sinar matahari sehingga membantu melestarikan kehidupan di planet ini.

Pada tahun 1994, Majelis Umum PBB menyatakan tanggal 16 September sebagai Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon. Hari itu untuk memperingati penandatanganan Protokol Montreal mengenai Bahan yang Merusak Lapisan Ozon (resolusi 49/114) pada tahun 1987. Tema tahun 2013 adalah sebuah suasana yang sehat, masa depan yang kita inginkan.

Berikut pidato Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon.

Tantangan luar biasa membutuhkan respon luar biasa. Satu generasi yang lalu, negara-negara di dunia sepakat untuk bertindak secara definitif untuk melindungi lapisan ozon, antar pemerintah memulai proses jalan baru dengan berapi-api.

Ketika kita menerapkan hasil Konferensi Rio +20 Tahun 2012 tentang Pembangunan Berkelanjutan, kisah sukses yang luar biasa Protokol Montreal mengenai Bahan yang Merusak Lapisan Ozon menyediakan sebuah mercusuar harapan. Hal ini memberikan perlindungan bagi lapisan ozon, memberikan kontribusi signifikan terhadap mitigasi perubahan iklim dan mengingatkan kita bahwa kita dihadapkan dengan ancaman yang terus ada, bangsa-bangsa di dunia mampu kerjasama untuk kebaikan bersama.

Harapan saya bahwa keberhasilan ini akan menjelaskan  dan menginspirasi masyarakat internasional dalam memberikan arah visi baru dan kerangka responsif untuk periode setelah 2015, batas waktu untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium. Pembangunan berkelanjutan diaktifkan dengan integrasi pertumbuhan ekonomi, keadilan sosial, dan kepedulian terhadap lingkungan harus menjadi prinsip global kami membimbing dan standar operasional.

Pada Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon, saya memuji semua yang telah membuat Protokol Montreal seperti sebuah contoh luar biasa dari kerjasama internasional. Saya mendesak Pemerintah, industri, masyarakat sipil, dan semua mitra lain untuk menerapkan semangat yang sama dengan lingkungan besar lainnya dan tantangan perkembangan zaman kita.
 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home