Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:10 WIB | Kamis, 13 Oktober 2022

Petugas Ukraina Menggali Kuburan Massal di Lyman Yang Dibebaskan

Anggota tim forensik membawa kantong plastik dengan tubuh di dalamnya saat mereka bekerja di penggalian di kuburan massal di Lyman, Ukraina, Selasa, 11 Oktober 2022. (Foto: AP/Francisco Seco)

LYMAN, SATUHARAPAN.COM-Dengan mengenakan pakaian pelindung dari ujung kepala hingga ujung kaki, petugas forensik menarik beberapa mayat yang dibungkus plastik hitam dari kuburan massal pada hari Selasa (11/10) di kota Lyman yang hancur di Ukraina, bagian dari upaya sulit untuk mengumpulkan bukti tentang apa yang terjadi di bawah pendudukan Rusia selama lebih dari empat bulan.

Sepuluh kantong mayat tergeletak di samping parit sekitar 100 kaki (30 meter) dari mana pihak berwenang mengatakan sejauh ini 32 mayat telah digali di kota di wilayah Donetsk timur Ukraina.

Mayat-mayat itu adalah tentara Ukraina yang telah dimakamkan bersama di kuburan massal, kata kepala administrasi militer wilayah Donetsk, Pavlo Kyrylenko, di Lyman, Selasa.

Sebanyak 22 warga sipil lainnya telah digali dari kuburan individu di situs pemakaman, yang terletak di tepi kuburan di kawasan hutan di pinggiran Lyman. Penggalian lebih lanjut direncanakan.

Situs pemakaman itu adalah yang kedua ditemukan di Lyman sejauh ini, kata Kyrylenko, menambahkan bahwa penyelidikan awal menunjukkan bahwa mayat-mayat itu telah dikubur oleh penduduk setempat dan bukan oleh orang Rusia.

"Kami telah menemukan lebih dari 50 mayat tentara dan warga sipil," katanya. "Kami memiliki satu parit panjang atau kuburan massal ... Kami menemukan mayat dan bagian tubuh di sini."

Lyman dibebaskan oleh pasukan Ukraina pada akhir September sebagai bagian dari serangan balik cepat Ukraina yang merebut kembali petak-petak wilayah Donetsk, Kharkiv dan Kherson dari kendali Rusia.

Ketika pihak berwenang Ukraina memasuki kota, mereka menemukan bahwa banyak warga sipil telah terbunuh oleh penembakan. Lainnya, kebanyakan orang tua, telah meninggal selama pendudukan Rusia karena kekurangan makanan dan obat-obatan, Mark Tkachenko, inspektur komunikasi untuk polisi distrik Kramatorsk di wilayah Donetsk, mengatakan kepada The Associated Press pekan lalu.

Kehancuran di Lyman, pusat kereta api dan transit utama, begitu luas sehingga sebagian besar kota telah hancur total. Pihak berwenang Ukraina sekarang bekerja untuk memulihkan infrastruktur dasar dan menyelidiki bagaimana warga sipil hidup dan mati selama pendudukan Rusia.

Penyelidik forensik pada hari Selasa mengangkat kantong plastik hitam dari parit dan membuka ritsletingnya untuk mengungkapkan tubuh membusuk dalam seragam berdarah angkatan bersenjata Ukraina. Jenazah diperiksa sebentar oleh penyelidik, kemudian ditempatkan di kantong mayat lain dan diletakkan di antara beberapa lainnya di samping parit.

Pihak berwenang mengatakan anak-anak telah ditemukan di antara korban tewas, dan sebagian besar korban tampaknya telah meninggal akibat penembakan berat yang mengepung kota selama berbulan-bulan.

Mereka berhati-hati dalam menggambarkan apakah ada mayat yang digali pada hari Selasa menunjukkan tanda-tanda telah dieksekusi atau mengalami penyiksaan, menekankan bahwa penyelidikan masih dalam tahap awal.

Kota-kota lain di Ukraina yang dibebaskan dari pendudukan Rusia, seperti Bucha, barat laut ibu kota Kiev, dan Izium di wilayah Kharkiv, sekarang menjadi lokasi investigasi kejahatan perang.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home