Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:22 WIB | Rabu, 07 April 2021

PGI Imbau Gereja Indonesia Membantu Korban Bencana di NTT

Tanah longsor dan banjir bandang akibat hujan lebat di Kabupaten Flores Timur, NTT, hari Minggu (4/4), menewaskan sejumlah orang dan membuat ribuan orang mengungsi, kata Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan keprihatinan mendalam atas bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur pada Minggu (4/4).

"Bencana alam, seperti angin kencang, longsor dan banjir yang terjadi telah memporak-porandakan ratusan rumah warga, merusak fasilitas umum termasuk rumah sakit, jembatan dan bendungan hingga menelan korban jiwa, korban luka-luka serta warga yang mengungsi," kata MPH PGI seperti disampaikan oleh Humas PGI Philip Situmorang dalam keterangan tertulis kepada satuharapan.com, hari Senin (5/4).

PGI mengungkapkan belarasa terhadap keluarga-keluarga yang terdampak, serta duka mendalam atas korban jiwa dan ribuan warga yang mengungsi.

PGI terus mencermati perkembangan situasi terkini dan mendukung dalam doa kerja Tim Reaksi Cepat untuk mencari korban yang masih belum diketemukan di wilayah-wilayah terdampak.

MPH-PGI mengimbau agar gereja-gereja membawakan dalam doa dan membantu para korban sebagai wujud kepedulian bagi sesama.

"Secara khusus PGI mendorong gereja-gereja di Indonesia untuk mendukukung upaya tanggap darurat bersama gereja-gereja di NTT (GMIT dan GKS). Dukungan tenaga relawan terlatih maupun dukungan bantuan darurat bagi para korban, kelompok rentan dan para pengungsi," imbau MPH PGI.

MPH-PGI meminta perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah, khususnya BNPB, untuk meningkatkan bantuan pagi warga terdampak, serta secepatnya merekonstruksi kerusakan-kerusakan yang terjadi.

"PGI mengimbau agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap fenomena alam yang anomali, sambil terus memperhatikan informasi dari BMKG dan pihak terkait sehingga bisa berjaga-jaga," imbau MPH PGI.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home