Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:52 WIB | Rabu, 17 Juni 2015

Piala Amerika: Argentina Kalahkan Uruguay 1-0

Bek Argentina, Nicolas Otamendi (kaus biru) menghalau bola di udara pada laga penyisihan Grup B Copa America (Piala Amerika) 2015 antara Argentina menghadapi Uruguay yang berlangsung Rabu (17/6) pagi WIB di Stadion La Portada, La Serena, Cile.(Foto: fifa.com).

LA SERENA, SATUHARAPAN.COM – Argentina unggul tipis atas Uruguay dengan skor 1-0 pada laga penyisihan Grup B Copa America (Piala Amerika) 2015 yang berlangsung Rabu (17/6) pagi WIB di Stadion La Portada, La Serena, Cile.

Menurut soccerway.com,  Argentina menggeser Paraguay yang beberapa jam sebelumnya memimpin klasemen Grup B. Argentina dan Paraguay sama-sama telah menyelesaikan dua pertandingan dan memperoleh nilai 4, Uruguay ada di urutan ketiga dengan nilai 3, sementara posisi klasemen terbawah ditempati Jamaika dengan nilai 0.

Uruguay di awal laga kesulitan mengembangkan permainan, karena bola-bola yang disodorkan para gelandang Uruguay – Jose  Maria Gimenez dan Cristian Rodriguez – yang hendak memberi bola ke penyerang Edinson Cavani selalu dapat digagalkan para pemain bertahan Argentina, Pablo Zabaleta, Javier Mascherano dan kawan-kawan.

Menurut eurosport.com Cavani membutuhkan dukungan “duet sehati” di lini depan, Luis Suarez seperti yang mereka lakoni di Piala Dunia karena beberapa kali Cavani harus turun menjemput bola di lini tengah guna menunjang serangan Uruguay. Bagaimana pun juga Uruguay dapat meraih peluang membuat gol seperti yang terjadi di menit ke-22 saat Cristian Rodriguez menggiring bola mendekati kotak penalti Argentina, walau dikawal gelandang Argentina, Lucas Biglia namun Rodriguez sukses mengoper bola ke Diego Rolan, sayang striker Uruguay ini gagal menjangkau bola yang melambung di udara.

Empat menit kemudian giliran Argentina balik mengancam lewat Lionel Messi, penyerang Argentina di Barcelona ini menggiring bola dari luar kotak penalti Uruguay sebelum membuat crossing ke mulut gawang lawan, namun bola sundulan rekannya, Sergio Aguero dapat ditahan kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Argentina menunjukkan keperkasaanya di babak kedua, karena di menit ke-57 kerja sama dua pesepak bola negeri Tango yang bermain di Manchester City, Pablo Zabaleta dan Sergio Aguero menghasilkan gol. Proses gol diawali dari bola silang yang diberi Pablo Zabaleta dari sisi kanan lini penyerangan Argentina, bola meluncur deras  ke kotak penalti  Uruguay, perebutan bola antara bek Uruguay Maxi Pereira dan Sergio Aguero dimenangkan Aguero yang menyundul bola untuk menaklukkan kiper Uruguay, Fernando Muslera.

Uruguay tidak tinggal diam mereka nyaris membalas gol Argentina menit ke-71, Alvaro Gonzalez menendang bola dari jarak jauh, namun bola yang dilepaskan gelandang yang sehari-hari bermain di Torino (Italia) tersebut masih dapat dimentahkan Sergio Romero di bawah mistar Argentina.

Dari sebuah tendangan penjuru, Uruguay mencoba mencetak gol penyeimbang di menit ke-82, salah satu bek Uruguay Diego Godin menyundul bola tendangan penjuru yang dieksekusi Alvaro Pereira namun saat bola mendekati mulut gawang bola dihalau para pemain bertahan Argentina. Berbagai usaha lain yang digencarkan para pemain Uruguay gagal membuahkan gol, karena hingga peluit akhir wasit dibunyikan Argentina unggul 1-0.

Susunan Pemain:

Argentina: Sergio Romero, Pablo Zabaleta, Ezequiel Garay, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Javier Mascherano, Lucas Biglia, Angel Di Maria, Javier Pastore, Lionel Messi, Sergio Aguero.

Uruguay: Fernando Muslera, Maximiliano Pereira, Diego Godin, Alvaro Pereira Baragan, Jose Maria Gimenez, Cristian Rodriguez, Alvaro Gonzalez, Egidio Arevalo, Nicolas Lodeiro, Edinson Cavani, Diego Rolan. (soccerway.com/ca2015.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home