Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:24 WIB | Sabtu, 12 November 2022

Piala Dunia, Pertama Kali, Warga Israel dan Palestina Dapat Terbang Langsung ke Qatar

Sebuah pesawat Qatar Airways mendarat dengan anggota tim sepak bola nasional Amerika Serikat di bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar, Kamis, 10 November 2022 menjelang Piala Dunia mendatang. AS akan memainkan pertandingan pertama mereka di Piala Dunia melawan Wales pada 21 November. (Foto: AP/Hassan Ammar)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Penggemar sepak bola dari Israel dan wilayah Palestina akan dapat terbang langsung ke Piala Dunia FIFA di Qatar dari Tel Aviv. Ini untuk pertama kalinya, badan sepak bola global mengumumkan hari Kamis (10/11). Perkembangan tersebut merupakan terobosan kesepakatan bagi Israel dan Qatar, dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

Penerbangan sewaan ke Doha dari Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv untuk turnamen dimulai 20 November, dan akan terbuka untuk semua warga Palestina, kata FIFA. Itu termasuk penduduk dan pekerja media terakreditasi dari Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, yang telah berada di bawah blokade Israel-Mesir selama 15 tahun.

Warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza tidak memiliki bandara sendiri dan harus mengajukan permohonan izin bandara yang sulit diperoleh untuk menggunakan bandara Ben Gurion. Izin tersebut hanya disetujui, jika ada, sesaat sebelum lepas landas.

Israel mungkin masih menolak untuk memberikan izin keluar kepada penduduk Gaza yang diblokade yang ingin terbang keluar dari Tel Aviv untuk menghadiri Piala Dunia. Izin tersebut hanya diberikan dalam keadaan luar biasa.

Pejabat Israel tidak memiliki perincian langsung tentang berapa banyak penerbangan yang akan dilakukan atau berapa banyak warga Palestina yang diizinkan untuk bepergian. Ketika dimintai komentar tentang pengaturan tersebut, Ahmad Deek, direktur jenderal Kementerian Luar Negeri Palestina, mengatakan bahwa itu adalah yang pertama kali dia dengar.

Warga negara Israel biasanya tidak dapat terbang langsung ke Doha atau memasuki Qatar dengan paspor Israel mereka. Hubungan memburuk sejak Doha menutup kantor perdagangan Israel pada 2008 karena perang Gaza. Bahkan tanpa hubungan diplomatik, Qatar membantu menengahi antara Israel dan penguasa Hamas yang militan di Gaza selama putaran konflik.

Respons AS dan Qatar

Washington memuji perkembangan itu dan mengatakan itu akan “menguntungkan para penggemar sepak bola Israel dan Palestina sebagai langkah untuk memperluas kebebasan bepergian yang lebih besar untuk semua.”

"Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada FIFA, Israel, dan Qatar atas langkah bersejarah pembukaan penerbangan langsung antara Tel Aviv dan Doha selama Piala Dunia," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price. “Pengumuman hari ini adalah perkembangan bersejarah dan langkah penting yang juga menjanjikan untuk meningkatkan ikatan antar manusia dan hubungan ekonomi.”

Namun, terobosan pengaturan perjalanan masih bisa berantakan.

Pemerintah Qatar mengatakan bahwa Doha mengatakan kepada Israel bahwa “setiap eskalasi di Yerusalem, Gaza atau Tepi Barat selama waktu ini akan berisiko pembatalan perjanjian, termasuk penerbangan langsung.”

Layanan Konsuler

FIFA juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa layanan konsuler sementara akan membantu warga Israel di Doha selama turnamen. Sekitar 3.800 warga Israel dan 8.000 warga Palestina telah mengajukan permohonan kartu Hayya, yang berfungsi sebagai visa masuk ke Qatar untuk turnamen sepak bola.

“Layanan konsuler untuk warga negara Israel akan disediakan dalam koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Israel melalui perusahaan perjalanan internasional yang dioperasikan secara pribadi yang berbasis di Doha,” kata FIFA.

Perdana Menteri Israel, Yair Lapid, menyambut baik kesepakatan itu sebagai hasil "kerja keras selama berbulan-bulan."

Sebuah pernyataan pemerintah Qatar mengatakan pengaturan perjalanan untuk warga Israel adalah "bagian dari komitmen Qatar untuk persyaratan tuan rumah FIFA dan itu tidak boleh dipolitisasi."

Israel sebelumnya telah membuat terobosan ke wilayah tersebut sebagian karena acara internasional. Pameran dunia Expo 2020 Dubai melihat Israel berpartisipasi. Uni Emirat Arab dan Bahrain menormalkan hubungan dengan Israel dua tahun lalu.

Untuk menghindari kritik, Qatar menekankan bahwa “sikapnya pada normalisasi tidak berubah” dan bahwa negara itu terus mendukung pembentukan negara Palestina merdeka bersama Israel sebagai solusi untuk konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Tidak ada pembicaraan damai yang serius selama lebih dari satu dekade.

“Akhir-akhir ini, kami belum melihat perkembangan positif dalam proses perdamaian yang memerlukan perubahan dalam kebijakan kami,” tambah pemerintah Qatar.

Qatar menyetujui untuk menyambut semua penggemar sepak bola ke negara itu ketika mulai berkampanye untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, dan ketika menandatangani kontrak dengan FIFA setelah memenangkan pemungutan suara pada Desember 2010.

Kewajiban serupa dibuat untuk menghormati mitra komersial FIFA dengan mengurangi batasan ketat Qatar pada konsumsi dan pembelian minuman beralkohol sehingga dapat disajikan di situs resmi Piala Dunia.

Turnamen Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Timur Tengah dan negara Arab ini akan berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember.

Namun, penggemar Israel dan Palestina tidak akan mendukung tim nasional mereka. Tim nasional Israel, yang belum bermain di Asia lolos ke Piala Dunia sejak 1970-an untuk alasan keamanan, tidak maju ke turnamen di Qatar dari grup Eropa. Tim Palestina tersingkir di babak penyisihan grup yang dimenangkan oleh Arab Saudi.

Hanya penggemar dengan tiket pertandingan yang diizinkan memasuki Qatar hingga 2 Desember untuk mengurangi permintaan akan persediaan akomodasi yang terbatas di emirat kecil itu ketika semua 32 tim masih bermain. Penggemar yang tidak memiliki tiket dapat tiba lebih lambat, tepat pada waktunya untuk babak sistem gugur pertama dari 16 tim. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home