Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:53 WIB | Kamis, 10 Desember 2015

Pilkada Sumatera Barat Kurang Bergairah

Ilustrasi. (Foto: Dok. satuharapan.com)

SUMATERA BARAT, SATUHARAPAN.COM – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman, Pilkada Serentak di Sumatera Barat kurang bergairah. Laporan yang ia terima, hingga pukul 11.00 WIB, baru 35 persen masyarakat menggunakan hak pilihnya. Pemilih Pilkada Gubernur dan Wakil Gebernur Sumbar tercatat 3,4 juta orang.

Padahal KPU sendiri menargetkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 70 persen lebih. “Mungkin karena kurang sosialisasi, makanya  kurang bergairah. Ini menjadi pelajaran kita untuk pelaksanaan Pilkada serentak kedua tahun 2017,” kata Irman.

Irman sendiri menyempatkan diri pulang kampung, untuk berpartisipasi di daerah pemilihannya di kawasan Dangau Taduah, Banda Buek, Padang. Menurutnya, KPU akan melakukan evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak, dimana hasilnya akan disampaikan ke pihak terkait.

“Tentu hasil pemantauan akan menjadi evaluasi terkait pelaksanaan Pilkada,” katanya.

Hasil pemantauan penulis, sebagian warga Sumatera Barat maupun kabupaten dan kota yang melaksanakan Pilkada memilih untuk tidak memilih karena tidak suka dengan calon yang ada. Uncu misalnya, warga Parak Gadang, Kota Padang, memilih untuk golput karena dari debat-debat yang diikutinya, ia melihat para calon tidak berbobot dan visi misi yang tidak kuat.  (rumahpemilu.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home