Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:07 WIB | Senin, 21 November 2022

PM Rishi Sunak: Inggris Akan Bantu Uklraina Sampai Menang

PM Rishi Sunak: Inggris Akan Bantu Uklraina Sampai Menang
Foto dari Kantor Pers Kepresidenan Ukraina ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kiri, dan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, mengamati kendaraan militer Rusia yang hancur dan dipasang di pusat kota Kiev, Ukraina, Sabtu, 19 November 2022. (Foto: Kantor Pers Presiden Ukraina melalui AP)
PM Rishi Sunak: Inggris Akan Bantu Uklraina Sampai Menang
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (kanan) menyambut Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, sebelum pertemuan mereka di Kiev. (Foto: Layanan pers kepresidenan Ukraina/AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, pada hari Sabtu (19/11) berjanji negaranya akan berdiri di sisi Kiev sampai Ukraina menang. Itu dikatakan dalam kunjungan ke ibu kota Ukraina.

"Saya di sini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris akan terus mendukung Anda... sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan layak diterimanya," kata Sunak dalam konferensi pers dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Kiev.

Pemimpin Inggris itu mengumumkan paket pertahanan udara baru senilai £50 juta (setara Rp 930 miliar), menurut pernyataan Downing Street. Paket itu termasuk “120 senjata pesawat, radar dan peralatan anti-drone,” kata Sunak.

Ukraina telah meminta lebih banyak sistem pertahanan udara karena Rusia menghancurkan infrastruktur energinya.

Ini adalah kunjungan pertama ke Kiev untuk pemimpin baru Inggris, yang negaranya telah menjadi sekutu setia sejak awal serangan di bulan Februari.

“Sungguh rendah hati berada bersama Anda di negara Anda hari ini. Keberanian rakyat Ukraina merupakan inspirasi bagi dunia,” kata Sunak.

“Di tahun-tahun mendatang kami akan menceritakan kisah Anda kepada cucu kami, betapa bangga dan berdaulatnya orang-orang berdiri di hadapan serangan gencar yang mengerikan, bagaimana Anda berjuang, bagaimana Anda berkorban, bagaimana Anda menang,” tambah Sunak.

Zelenskyy memuji “kunjungan yang berarti dan bermanfaat bagi kedua negara kita” selama konferensi pers bersama.

Dia mengatakan mereka membahas “kemungkinan melindungi keamanan energi Eropa dan Ukraina” dan “kemampuan kami dalam melindungi langit Ukraina, serta kerja sama pertahanan secara umum.”

Di Twitter, Zelenskyy berkata "dengan teman-teman seperti Anda di sisi kami, kami yakin dengan kemenangan kami." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home