Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 09:22 WIB | Sabtu, 31 Oktober 2015

Polisi: Pembubaran Demo Buruh Kondusif

Para petugas saat membersihkan tumpukan sampah yang disapu di sepanjang Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (29/10) seusai ribuan buruh berunjuk rasa yang digelar di seberang Istana Negara setelah dua hari sebelumnya juga menggelar hal yang sama. Berbagai jenis sampah mulai dari kantong plastik, botol plastik dan kertas sisa atribut demo berserakan di sepanjang ruas jalan tempat demo berlangsung. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pihak Polda Metro Jaya menyatakan proses pembubaran aksi demo buruh di depan Istana Kepresidenan, Jakarta berjalan kondusif kendati sempat diwarnai dengan semprotan air ke arah massa.

"Sebanyak 10 kali `watercanon` menyemprotkan air ke arah kendaraan `sound system` massa aksi buruh namun situasi kondusif," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal di Jakarta, Jumat  (30/10) malam.

Iqbal mengatakan petugas kepolisian mengambil tindakan pembubaran paksa buruh dengan cara menyemprotkan air karena aksi demo telah melebihi batas jam ketentuan hingga pukul 18.00 WIB.

Iqbal menyatakan polisi sempat bernegosiasi dengan pimpinan organisasi buruh namun pendemo tidak meninggalkan lokasi sehingga petugas membubarkan pengunjuk rasa.

Sekitar pukul 19.00 WIB, petugas kepolisian membubarkan paksa ribuan buruh yang telah berunjuk rasa sejak Jumat pagi.

Ribuan buruh yang berada di sekitar kawasan Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat meninggalkan Istana Kepresidenan dengan pengawalan dari petugas kepolisian.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri sempat menerima perwakilan serikat pekerja/serikat buruh yang mengadakan unjuk rasa terkait Peraturan Pemerintah (PP) pomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Deputi Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo ikut menerima perwakilan buruh bersama Hanif Dhakiri.

"Kalau soal demo atau menyampaikan pendapat itu kan hak demokrasi dari rakyat yang tentunya harus kita hormati dan kita hargai. Tapi yang perlu kita sampaikan adalah kebijakan pengupahan itu merupakan kebijakan yang terbaik yang bisa kita ambil," kata Menaker seusai menemui perwakilan buruh. (Ant).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home