Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:57 WIB | Selasa, 06 Desember 2022

Polisi San Fransisco AS Akan Gunakan Robot Bersenjata Menghadapi Penjahat

Seorang petugas polisi menggunakan robot untuk menyelidiki ancaman bom di San Francisco, pada 25 Juli 2008. Kota liberal San Francisco menjadi pendukung robot polisi yang dipersenjatai pada Selasa, 29 November 2022, setelah pengawas menyetujui penggunaan terbatas perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh, menangani secara langsung teknologi yang berkembang yang telah tersedia lebih luas bahkan jika jarang digunakan untuk menghadapi tersangka. (Foto: dok. Michael Macor/San Francisco Chronicle via AP)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM-Kota San Francisco di Amerika Serikat yang liberal tanpa malu-malu menjadi pendukung robot polisi yang dipersenjatai pada pekan lalu setelah pengawas menyetujui penggunaan terbatas perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh. Ini untuk menangani secara langsung teknologi yang berkembang yang telah tersedia lebih luas bahkan jika itu jarang dikerahkan untuk menghadapi tersangka.

Dewan Pengawas San Francisco memberikan suara 8-3 pada hari Selasa pekan lalu untuk mengizinkan polisi menggunakan robot yang dipersenjatai dengan bahan peledak dalam situasi ekstrem di mana nyawa dipertaruhkan dan tidak ada alternatif lain yang tersedia.

Otorisasi datang ketika departemen kepolisian di seluruh AS menghadapi pengawasan yang meningkat untuk penggunaan peralatan dan kekuatan militer di tengah perhitungan selama bertahun-tahun pada peradilan pidana.

Pemungutan suara dipicu oleh undang-undang California baru yang mewajibkan polisi untuk menginventarisir peralatan kelas militer seperti granat flashbang, senapan serbu dan kendaraan lapis baja, dan meminta persetujuan dari publik untuk penggunaannya.

Sejauh ini, polisi hanya di dua kota California, San Francisco dan Oakland, yang telah secara terbuka membahas penggunaan robot sebagai bagian dari proses tersebut. Di seluruh negeri, polisi telah menggunakan robot selama dekade terakhir untuk berkomunikasi dengan tersangka yang dibarikade, memasuki ruang yang berpotensi berbahaya, dan dalam kasus yang jarang terjadi, untuk kekuatan mematikan.

Polisi Dallas menjadi yang pertama membunuh tersangka dengan robot pada tahun 2016, ketika mereka menggunakan satu untuk meledakkan bahan peledak selama kebuntuan dengan penembak jitu yang telah menewaskan lima petugas polisi dan melukai sembilan lainnya.

Pemungutan suara San Francisco baru-baru ini, telah memperbaharui perdebatan sengit yang dipicu bertahun-tahun lalu atas etika penggunaan robot untuk membunuh tersangka dan pintu kebijakan semacam itu mungkin terbuka. Sebagian besar, kata para ahli, penggunaan robot semacam itu tetap langka bahkan seiring kemajuan teknologi.

Michael White, seorang profesor di Sekolah Kriminologi dan Peradilan Pidana di Arizona State University, mengatakan bahkan jika perusahaan robotika menghadirkan opsi yang lebih mematikan di pameran dagang, itu tidak berarti departemen kepolisian akan membelinya. White mengatakan perusahaan membuat claymore khusus untuk mengakhiri barikade dan berebut untuk melengkapi kamera yang dikenakan di tubuh dengan perangkat lunak pengenal wajah, tetapi departemen tidak menginginkannya.

“Karena masyarakat tidak mendukung tingkat pengawasan itu. Sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi saya pikir robot yang dipersenjatai dengan sangat baik bisa menjadi hal berikutnya yang tidak diinginkan departemen karena komunitas mengatakan mereka tidak menginginkannya,” kata White.

Robot atau lainnya, pejabat San Francisco David Chiu, yang menulis RUU California ketika berada di badan legislatif negara bagian, mengatakan masyarakat berhak mendapatkan transparansi lebih dari penegakan hukum dan memiliki suara dalam penggunaan peralatan militer.

San Francisco “kebetulan adalah kota yang menangani topik yang saya tidak pernah pikirkan ketika proses hukum sedang berjalan, dan itu berurusan dengan subjek yang disebut robot pembunuh,” kata Chiu, sekarang pengacara kota.

Pada tahun 2013, polisi menjaga jarak dan menggunakan robot untuk mengangkat terpal sebagai bagian dari perburuan tersangka pengeboman Boston Marathon, menemukannya bersembunyi di bawah terpal.

Tiga tahun kemudian, petugas polisi Dallas mengirim robot penjinak bom yang dikemas dengan bahan peledak ke ceruk El Centro College untuk mengakhiri kebuntuan selama berjam-jam dengan penembak jitu Micah Xavier Johnson, yang menembaki petugas saat protes terhadap kebrutalan polisi berakhir.

Polisi meledakkan bahan peledak, menjadi departemen pertama yang menggunakan robot untuk membunuh tersangka. Dewan juri menolak dakwaan terhadap para petugas, dan Kepala Polisi Dallas saat itu, David O. Brown, dipuji secara luas atas penanganannya terhadap penembakan dan kebuntuan.

“Ada percikan malapetaka tentang bagaimana departemen kepolisian akan menggunakan robot dalam enam bulan setelah Dallas,” kata Mark Lomax, mantan direktur eksekutif Asosiasi Petugas Taktis Nasional. "Tapi sejak itu, saya tidak mendengar banyak tentang platform yang digunakan untuk menetralisir tersangka ... sampai kebijakan San Francisco menjadi berita."

Pertanyaan tentang robot yang berpotensi mematikan belum muncul dalam wacana publik di California karena lebih dari 500 polisi dan departemen sheriff meminta persetujuan untuk kebijakan penggunaan senjata tingkat militer mereka di bawah undang-undang negara bagian yang baru. Polisi Oakland meninggalkan gagasan mempersenjatai robot dengan senapan setelah reaksi publik, tetapi akan melengkapi mereka dengan semprotan merica.

Pada Juni 2018, di kota kecil Dixmont, Maine, polisi bermaksud menggunakan robot untuk mengirimkan bahan peledak kecil yang akan merobohkan dinding luar, tetapi malah meruntuhkan atap rumah.

Pria di dalamnya ditembak dua kali setelah ledakan, selamat dan tidak mengajukan keberatan atas tindakan sembrono dengan senjata api. Negara kemudian menyelesaikan gugatannya terhadap polisi yang menantang bahwa mereka telah menggunakan bahan peledak secara tidak benar.

Pada April 2020, polisi Maine menggunakan sedikit muatan untuk meledakkan pintu rumah selama kebuntuan. Tersangka ditembak mati oleh polisi ketika dia keluar melalui pintu yang rusak dan menembakkan senjata.

Hingga pekan ini, Kejaksaan Agung belum menyelesaikan peninjauan taktik yang digunakan dalam kebuntuan 2018, termasuk penggunaan bahan peledak. Sebuah laporan tentang insiden tahun 2020 hanya membahas tentang tembakan yang fatal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home