Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 12:50 WIB | Sabtu, 09 Maret 2024

Polri Perkirakan Puncak Arus Mudik Terjadi pada 5 April

Lalu lintas di jalan tol trans Jawa selama mudik liburan. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri memperkirakan puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 H bakal terjadi sekitar 5 April 2024.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan puncak arus mudik tersebut masih perlu dilakukan analisis dan dikoordinasikan dengan pihak terkait.

“Kami sudah sampaikan sekitar tanggal 5 april 2024 (puncak arus mudik) tadi. Namun demikian, hasil analisis dan evaluasi sementara ini akan dilakukan rapat dengan stakeholder terkait nanti kita akan sampaikan terkait dengan puncak baik itu mudik maupun arus balik,” katanya di Divisi Humas Polri, hari Rabu (6/3/2024).

Dijelaskan bahwa pihaknya juga telah siap menerapkan rekayasa lalu lintas mulai 5 April 2024. Rekayasa lalin ini di antaranya, contraflow, one way dan pembatasan operasional angkutan barang sumbu tiga.

Khusus untuk contraflow, Polri bakal memberlakukannya mulai dari KM36 tol trans Jawa. Sementara, sistem one way bakal diterapkan mulai dari KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 Tol Kalikangkung.

Selain itu, khusus pemberlakuan rekayasa lalu lintas ganjil-genap pada mudik lebaran bakal diterapkan secara situasional.

Trunoyudo menyebutkan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini merupakan hasil analisis dan evaluasi tahun lalu. Pihak kepolisian juga telah memprediksi akan ada penambahan pergerakan massa mudik sebesar 5%-6% dibandingkan dengan periode mudik pada 2023.

Sedangkan tentang pergerakan orang, hasil prediksi dan analisis tahun ini kemungkinan akan bertambah 5-6 persen atau kurang lebih di angka 136 juta orang yang akan mudik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home