Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:39 WIB | Selasa, 10 Agustus 2021

PPKM Level 2-4 Diperpanjang hingga 16 Agustus

Diujicoba mall mulai dibuka untuk pengunjung yang sudah menerima vaksinasi.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan. (Foto: Humas Menkomarves)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan  mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 hingga 4. Kebijakan ini berlaku hingga 16 Agustus 2021.

“Atas arahan Presiden RI (Joko Widodo), PPKM Level 4, 3, 2, akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” katanya. “Mari kita patuhi ini semua, jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai susah payah menjadi sia-sia.”

Menurut dia, perpanjangan PPKM ini dilakukan untuk menjaga momentum yang baik, dan dikatakan bahwa penerapan PPKM level 2-4 sebelumnya sudah berjalan baik.

“Penerapan perpanjangan PPKM Level 4, 3, dan 2 yang diterapkan sejak 2 Agustus-9 Agustus di Jawa-Bali menunjukkan hasil cukup menggembirakan,” katanya.

Ia menyebut selama penerapan PPKM 4, 3, dan 2 kasus baru COVID-19 menurun drastic, di mana sebelumnya sempat mencapai puncaknya pada 15 Juli 2021.

“Dari data yang didapat, penurunan terjadi hingga 59,6 persen dari puncak kasus di 15 Juli 2021 yang lalu,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah pusat memutuskan PPKM Level 4 diperpanjang pada 3-9 Agustus. Pada periode ini, ada 141 kabupaten/kota di Indonesia yang menerapkan PPKM level 4, termasuk DKI Jakarta.

Uji Coba Pembukaan Mal

Disebutkan akan dibentuk tim khusus untuk menangani wilayah-wilayah yang memiliki lonjakan kasus kematian yang signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Berbagai perkembangan baik antara lain peningkatan penggunaan masker yang telah mencapai 82 persen, dikembangkannya berbagai instrumen tracing (pelacakan) melalui digital tracer, tracer lapangan dan sistem SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan), serta peningkatan laju vaksinasi pada sejumlah provinsi dan wilayah Aglomerasi.

“Dalam perpanjangan PPKM kali ini terdapat dua roadmap (peta jalan) yang akan diujicobakan, yakni sektor perbelanjaan atau mall, dan industri esensial yang berbasis ekspor atau penunjangnya,” kata Menko Luhut.

Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk pusat perbelanjaan di wilayah-wilayah level 4 yakni Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang dengan kapasitas 25 persen selama sepekan kedepan dengan protokol kesehatan ketat.

Ketentuan yang berlaku yakni pengunjung yang dapat masuk ke mal dan pusat perbelanjaan hanyalah yang telah mendapatkan vaksinasi secara lengkap dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bagi anak berumur di bawah 12 tahun dan orang dewasa berusia di atas 70 tahun dilarang untuk masuk ke dalam mall atau pusat perbelanjaan.

Lalu, untuk industri esensial berbasis ekspor, pada pekan ini akan disusun SOP protokol kesehatan. Diharapkan sejak 17 Agustus 2021,  beberapa kota yang berada pada level 4 dapat segera menerapkan 100 persen staff bekerja dari kantor yang dibagi dalam minimal dua shift.

Penyesuaian di level 4 dilakukan juga untuk tempat ibadah. Dalam perpanjangan mulai 10 Agustus, kabupaten kota di wilayah level 4 dapat melakukan ibadah dengan kapasitas maksimum 25 persen, maksimal 20 orang.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam paparannya menjelaskan bahwa PPKM di area luar Jawa dan Bali akan dilaksanakan selama 10-23 Agustus tahun 2021. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan situasi penularan yang masih tinggi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home