Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:04 WIB | Senin, 28 September 2015

Presiden Brasil Janjikan Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca 37 Persen

Ilustrasi: gedung tinggi berdinding kaca di perkotaan menyumbang peningkatan emisi gas rumah kaca. (Foto: Dok. satuharapan.com/ theconversation.com)

NEW YORK,. SATUHARAPAN.COM -  Presiden Brasil, Dilma Rousseff, pada Minggu (27/9), menjanjikan pengurangan besar emisi gas rumah kaca pada 2025.

Berpatokan pada tahun 2005 sebagai batas minimal, target pengurangan akan menjadi 37 persen selama satu dekade mendatang, dan 43 persen pada 2030, katanya dalam konferensi pembangunan di PBB.

Brasil,  akan menyampaikan komitmen ini di konferensi iklim PBB, yang akan digelar di Paris pada Desember.

Tujuannya adalah, menyepakati perjanjian global dan mengikat terkait cara untuk mengekang perubahan iklim.

Sebelumnya, pertemuan semacam itu mengalami kebuntuan saat negara kaya berpolusi berat seperti Amerika Serikat, terbukti gagal mencapai perjanjian dengan negara-negara berkembang seperti Tiongkok dan Brasil.

Rousseff mengatakan, konferensi Paris akan menjadi peluang unik untuk membentuk front bersama.

Dalam konferensi tingkat tinggi di Paris, Brasil juga akan berkomitmen untuk memulihkan sejumlah lahan yang rusak dan menyediakan lima juta hektare area hutan dengan lahan dan peternakan yang terintegrasi.

“Kami melakukan diversifikasi sumber daya yang dapat diperbarui dalam kombinasi energi kami, salah satu energi terbersih di dunia,” kata Rousseff.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home