Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:28 WIB | Selasa, 26 Januari 2016

Presiden Iran Berpeluang Teken Kerja Sama dengan Peugeot

Presiden Iran, Hassan Rouhani. (Foto: dari Hurriyet)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Iran kemungkinan akan menandatangani beberapa kontrak dengan produsen mobil Peugeot dan Renault, ungkap Presiden Hassan Rouhani, pada hari Senin (25/1) saat dia menuju Eropa dalam upaya memanfaatkan kesepakatan nuklir Teheran dengan sejumlah negara besar.

“Kontrak penting kemungkinan akan ditandatangani dalam kunjungan kali ini termasuk dengan Peugeot dan Renault,” kata Rouhani kepada wartawan di Mehrabad Airport sebelum meninggalkan Teheran, menurut situs televisi pemerintah.

Kunjungan dari Senin hingga Selasa itu dilakukan sepekan setelah kesepakatan nuklir diberlakukan, memungkinkan Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mencabut sanksi ekonomi sebagai imbalan atas pembatasan aktivitas nuklir Teheran.

Banyak delegasi dari 100 pemimpin politik dan ekonomi, termasuk menteri perminyakan, transportasi, industri dan kesehatan akan mendampingi presiden.

“Kami perlu memodernisasi armada penerbangan kami dan membeli sejumlah lokomotif,” kata presiden Iran.

Menteri Transportasi, Abbas Akhoundi, pada hari Minggu mengatakan bahwa Iran akan membeli 114 pesawat Airbus selama kunjungan presiden ke Paris.

“Kunjungan ini dilakukan… pada saat bersejarah,” dan “kami harus memanfaatkan situasi pasca kesepakatan nuklir bagi pertumbuhan, pengembangan dan lapangan pekerjaan bagi para pemuda,” tambah Rouhani. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home