Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 09:38 WIB | Senin, 18 November 2013

Presiden Prancis Sarankan Itikad Baik Israel

Tembok pembatas yang dibangun tentara pendudukan Israel di Betlehem, Palestina. (Foto: Bayu Probo)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Prancis mengharapkan Israel “bertindak” atas pembangunan permukiman di tanah yang diinginkan Palestina untuk dijadikan wilayah mereka, kata Presiden Francois Hollande di Yerusalem, Minggu (17/11).

Komentarnya muncul tepat tiga hari setelah tim negosiasi Palestina mengundurkan diri sebagai bentuk protes atas pembangunan permukiman Israel yang terus berlanjut, berpotensi menyabotase perundingan damai langsung didukung Amerika Serikat, yang dimulai pada akhir Juli.

“Masih ada beberapa tindakan yang harus dilakukan (oleh kedua negara),” kata Hollande, mengakui bahwa Israel sudah melakukan itikad damai dengan membebaskan 52 tahanan veteran Palestina sesuai dengan komitmennya terhadap proses perdamaian tersebut.

“Beberapa upaya sudah dimulai oleh Israel – pembebasan para tahanan,” katanya.

“Tindakan lain perlu dilakukan, khususnya mengenai permukiman,” katanya dalam konferensi pers dengan Presiden Israel Shimon Peres.

Hollande mengatakan dia akan mengangkat masalah “tindakan” dari pihak Palestina ketika dia berangkat ke Ramallah pada Senin untuk berbincang dengan Presiden Mahmud Abbas. (AFP/Antara)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home