Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:21 WIB | Minggu, 17 November 2013

Nelson Mandela Masih Sakit, Tidak Bisa Berbicara

Nelson Mandela pada bulan April 2013. (Foto: AFP)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM - Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela menderita sakit dan sekarang tidak mampu berbicara. Menurut mantan istrinya, Mandela menggunakan ekspresi wajah untuk berkomunikasi saat ia menerima perawatan medis secara intensif di rumah.

Winnie Madikizela mantan Mandela mengatakan pejuang aparthaid yang sekarang berusia 95 tahun itu sudah tidak memakai alat-alat pendukung hidup tetapi dia tidak lagi berbicara, "karena semua tabung yang berada di mulutnya untuk membersihkan (cairan) paru-paru".

"Dia tidak bisa benar-benar mengartikulasikan apa-apa," katanya kepada surat kabar Sunday Independent.

"Dia berkomunikasi dengan wajah. Tapi para dokter telah mengatakan kepada kami bahwa mereka berharap untuk memulihkan suaranya," kata Winnie Madikizela.

Mandela pada 1 September oleh dokter diijinkan untuk perawatan di rumahnya di Johannesburg setelah hampir tiga bulan di rumah sakit menjalani terapi infeksi paru-paru.

Madikizela mengatakan mantan suaminya berada di bawah pengawasan dan perawatan 22 dokter dan Pneumonia (radang paru-paru) telah dibersihkan, namun paru-parunya tetap sensitif.

Mandela, menghabiskan 27 tahun di penjara apartheid sebelum menjadi pemimpin kulit hitam pertama Afrika Selatan. (abc.net.au)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home