Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 16:25 WIB | Sabtu, 22 Agustus 2015

Presiden Tinjau Pelabuhan Pontianak

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Pelabuhan Samudera bertaraf internasional Pantai Kijing Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8). (Foto: Facebook Joko Widodo)

PONTIANAK, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari Sabtu (22/8) meninjau pembangunan Pelabuhan Samudera bertaraf internasional Pantai Kijing Pontianak dan Pelabuhan Pontianak di tepi Sungai Kapuas yang menjadi titik arus barang dan jasa di wilayah itu.

"Ini tidak seperti lima pelabuhan besar kita yang lain karena banyak yang domestik, jadi dua hari bongkar muat rampung. Cepat, tidak ada masalah di sini," kata Presiden di Pelabuhan Pontianak.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan itu di antaranya Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri PPN/Kepala Bapennas Sofyan Djalil, Mendikbud Anies Baswedan, dan Gubernur Kalbar Cornelis.

Presiden berharap melalui Pelabuhan Pontianak yang terletak di tepi Sungai Kapuas itu arus barang dan jasa dari dan ke wilayah Kalimatan Barat diharapkan kian meningkat. 

Bahkan kalau rentang waktu bongkar muat barang (dwelling time) yang selama ini jadi kendala bisa di banyak pelabuhan lain bisa dipersingkat dengan perbaikan manajemen, maka Pelabuhan Pontianak akan menjadi salah satu pelabuhan strategis di Pulau Kalimantan.

Jokowi mengatakan ke depan Pelabuhan Pontianak akan menjadi pelabuhan sungai sedangkan pelabuhan lautnya akan dipusatkan di Kijing yang ditargetkan rampung dibangun dalam dua setengah tahun ke depan.

"Kita ini mau membangun port yang baru di Kijing, di situ ada lahan 5.000 ha," katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo membagikan kartu sakti yang menjadi salah satu program unggulannya yakni KKS, KIP, KIS, dan ODKB di Kelurahan Dalam Bugis, Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Gedung SMP N 4 Pontianak, Sabtu pagi, membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Asistensi Sosial Orang dengan Kecacatan Berat (ODKB).

Jokowi yang mengenakan pakaian warna putih dengan lengan disisingkan serta celana warna hitam disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat di Kelurahan Dalam Bugis.

Selanjutnya dalam kunjungan kerjanya ke Kalbar, Presiden juga meresmikan Karnaval Khatulistiwa yang menjadi puncak acara HUT ke-70 Kemerdekaan RI. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home