Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:19 WIB | Senin, 14 November 2022

Presiden Ukraina: Pasukan Khusus Diterjunkan ke Kherson

Presiden Ukraina: Pasukan Khusus Diterjunkan ke Kherson
Pengungsi dari Kherson tiba di stasiun kereta api di Anapa, Rusia selatan, 25 Oktober 2022. Rusia melepaskan pijakan terakhirnya di sebuah kota besar di Ukraina selatan pada Jumat, 11 November 2022, membuka jalan bagi pasukan Ukraina yang menang untuk merebut kembali wilayah tersebut, satu-satunya ibu kota provinsi yang dikuasai Rusia yang dapat dijadikan batu loncatan untuk kemajuan lebih lanjut ke wilayah pendudukan. (Foto: dok. AP)
Presiden Ukraina: Pasukan Khusus Diterjunkan ke Kherson
Seorang prajurit Ukraina memeriksa parit yang digali oleh tentara Rusia di daerah yang direbut kembali di wilayah Kherson, Ukraina, pada hari Sabtu, 12 Oktober 2022. (Foto: AP/Leo Correa)

MYKOLAIV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina mengatakan bahwa unit militer khusus telah memasuki Kherson, ibu kota regional utama yang telah direbut pasukan Rusia di awal perang. Warga turun ke jalan untuk merayakan penarikan Rusia, penarikan terbaru oleh Moskow karena menghadapi perlawanan yang kuat.

Dalam pidato video beberapa jam setelah Rusia mengatakan telah menyelesaikan penarikan pasukan dari kota kunci yang strategis, Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan: “Sampai sekarang, pembela kami mendekati kota. Sebentar lagi, kita akan masuk. Tapi unit khusus sudah ada di kota.”

Rusia melepaskan pijakan terakhirnya di kota besar, salah satu yang pertama direbut dalam invasi yang dimulai 24 Februari. Penarikan itu dapat bertindak sebagai batu loncatan untuk kemajuan lebih lanjut ke wilayah pendudukan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya selesai ditarik dari tepi barat sungai yang membelah wilayah Kherson Ukraina pada pukul 05:00 pagi. Daerah yang mereka tinggalkan termasuk kota Kherson, satu-satunya ibu kota provinsi yang direbut Rusia selama hampir sembilan bulan invasi ke Ukraina.

Video dan foto di media sosial menunjukkan penduduk dengan gembira turun ke jalan, mengibarkan bendera Ukraina dan bernyanyi dalam perayaan. Sebuah bendera Ukraina berkibar di atas monumen di alun-alun pusat Kherson untuk pertama kalinya sejak kota itu direbut pada awal Maret.

Beberapa rekaman menunjukkan kerumunan orang menyoraki pria berseragam militer dan melemparkan seorang pria berseragam tempur ke udara. Video lain menunjukkan penduduk desa merangkul pasukan dalam perjalanan ke kota.

Pejabat Ukraina belum mengonfirmasi bahwa kota itu berada di tangan Ukraina.

Zelenskyy mengatakan pasukan Rusia menempatkan ranjau di kota itu dan setelah pasukan masuk, mereka akan diikuti oleh penjinak ranjau, pekerja penyelamat, dan personel energi. Terlepas dari tugas yang berat di depan, “kedokteran, komunikasi, layanan sosial akan kembali. ... Hidup kembali,” katanya.

Pasukan Rusia Diminta Menyerah

Intelijen Ukraina mendesak tentara Rusia yang mungkin masih berada di kota untuk menyerah mengantisipasi kedatangan pasukan Ukraina. "Perintah Anda membuat Anda bergantung pada takdir," katanya dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat regional Ukraina, Serhii Khlan, membantah klaim Kementerian Pertahanan Rusia bahwa 30.000 pasukannya yang mundur membawa semua 5.000 peralatan, dengan mengatakan "banyak" perangkat keras tertinggal.

Penarikan terakhir Rusia terjadi enam pekan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin secara ilegal mencaplok wilayah Kherson dan tiga provinsi Ukraina lainnya, bersumpah mereka akan tetap menjadi Rusia selamanya. Pasukan Moskow masih menguasai sekitar 70% wilayah Kherson.

Di Kiev, perayaan di alun-alun utama ibu kota berlanjut hingga malam hari, dengan orang-orang membuka botol anggur dan meneriakkan "Kemuliaan bagi Ukraina". Beberapa mengungkapkan keterkejutannya atas kecepatan kejadian itu.

“Saya pikir tentara Rusia akan bertahan dan akan ada semacam pengepungan seperti di Mariupol,” pelabuhan timur yang hancur dalam pertempuran berminggu-minggu, kata Andrey Trach, penduduk Odessa yang bekerja di Kiev. “Ini adalah hari yang sangat penting bagi Ukraina karena ini menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Ukraina dapat dan pasti akan mempertahankan setiap kilometer persegi dan inci wilayahnya.”

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengirim tweet dalam bahasa Prancis dan Ukraina memberi hormat atas perebutan kembali Kherson oleh Ukraina, menyebutnya sebagai “langkah penting menuju pemulihan penuh hak kedaulatannya.”

Putin  Tidak Merasa Malu

Kremlin tetap menentang pada hari Jumat, bersikeras penarikan itu sama sekali tidak mempermalukan Putin. Moskow terus memandang seluruh wilayah Kherson sebagai bagian dari Rusia, kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa Kremlin tidak menyesal mengadakan perayaan untuk merayakan pencaplokan wilayah Ukraina yang diduduki atau sebagian diduduki, menunda semua pertanyaan tentang penarikan Kherson ke Kementerian Pertahanan.

Putin sejauh ini diam tentang Kherson, meski tampil beberapa kali di depan umum sejak penarikan diumumkan.

Sesaat sebelum pengumuman Rusia, kantor Zelenskyy menggambarkan situasi di provinsi itu sebagai "sulit". Ini melaporkan penembakan Rusia terhadap desa dan kota yang direbut pasukan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir selama serangan balasan mereka di wilayah Kherson.

Staf Umum tentara Ukraina mengatakan pasukan Rusia meninggalkan rumah-rumah yang dijarah, merusak kabel listrik, dan menyebar janjau jalan di belakang mereka. Penasihat kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, telah meramalkan bahwa orang-orang Rusia yang pergi akan berusaha mengubah Kherson menjadi "kota kematian" dan akan terus menyerangnya setelah pindah ke seberang Sungai Dnieper.

Beberapa bagian dari pemerintah Ukraina nyaris tidak bisa menyembunyikan kegembiraan mereka atas langkah mundur Rusia.

“Tentara Rusia meninggalkan medan perang dalam mode triathlon: pacuan kuda, lompat jauh, berenang,” kata Andriy Yermak, penasihat senior presiden, men-tweet. Video media sosial menunjukkan penduduk desa memeluk pasukan Ukraina.

Merebut kembali kota Kherson dapat memberi Ukraina posisi yang kuat untuk memperluas serangan balasan selatannya ke wilayah lain yang diduduki Rusia, kemungkinan termasuk Krimea, yang direbut Moskow pada 2014.

Namun, dari posisi baru pasukannya di tepi timur, Kremlin dapat mencoba untuk meningkatkan perang, yang menurut penilaian Amerika Serikat mungkin telah membunuh atau melukai puluhan ribu warga sipil dan ratusan ribu tentara.

Jenderal Ben Hodges, mantan panglima pasukan Angkatan Darat AS di Eropa, menggambarkan mundurnya Rusia sebagai "kegagalan kolosal" dan mengatakan dia mengharapkan komandan Ukraina akan terus menekan pasukan Rusia yang terkuras menjelang kemungkinan dorongan Krimea di masa depan tahun depan.

“Masih terlalu dini untuk merencanakan pawai kemenangan, pastinya. Tapi saya perkirakan pada akhir tahun ini, jadi, katakanlah, delapan pekan ke depan, Ukraina akan mulai menetapkan kondisi untuk fase menentukan dari kampanye ini, yaitu pembebasan Krimea, yang menurut saya akan terjadi pada musim panas,” katanya dalam sebuah wawancara telepon.

Serangan Rusia ke Mykolaiv

Sementara itu, serangan rudal S-300 Rusia semalam menewaskan tujuh orang di Mykolaiv, sekitar 68 kilometer (42 mil) dari ibu kota regional Kherson, kata kantor Zelenskyy. Tim penyelamat menyaring puing-puing bangunan tempat tinggal berlantai lima untuk mencari korban selamat.

Berdiri di depan apa yang dulunya adalah apartemen keluarganya, Roman Mamontov menunggu kabar tentang ibunya yang hilang.

Anak berusia 16 tahun itu mengatakan dia tidak menemukan apa pun di sana ketika dia membuka pintu untuk mencari ibunya setelah misil menghantamnya. Jumat adalah ulang tahunnya yang ke-34.

“Pikiran saya kosong saat itu. Saya pikir itu tidak mungkin benar," katanya. “Kue yang dia siapkan untuk perayaan itu masih ada.”

Zelenskyy menyebut serangan rudal itu sebagai "tanggapan sinis negara teroris terhadap keberhasilan kami di garis depan."

“Rusia tidak menyerah dengan taktiknya yang tercela. Dan kami tidak akan menyerah pada perjuangan kami. Para penjajah akan dimintai pertanggungjawaban atas setiap kejahatan terhadap orang Ukraina dan Ukraina,” kata Zelenskyy.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengakui penyerangan terhadap bangunan tempat tinggal di Mykolaiv, hanya mengatakan bahwa depot amunisi dihancurkan "di area kota".

Walikota Mykolaiv, Oleksandr Sienkevych, mengatakan kepada AP bahwa Rusia dapat meningkatkan pengeboman di kotanya. “Semakin sukses tentara Ukraina, Rusia menurunkan standar terorismenya,” katanya.

Sienkevych mengatakan bahwa rudal S-300 yang diluncurkan dari wilayah Kherson dapat mencapai Mykolaiv dalam waktu satu menit. Sekitar 149 warga sipil tewas dan 700 orang terluka parah di kota itu sejak invasi dimulai.

Kantor presiden mengatakan serangan drone, roket, dan artileri berat Rusia di delapan wilayah menewaskan sedikitnya 14 warga sipil antara Kamis pagi dan hari Jumat (11/11) pagi.

Juga pada hari Jumat, wakil kepala staf Zelenskyy, Kyrylo Tymoshenko, mengatakan konstruksi telah dimulai pada pembatas tiang beton dengan kawat berduri di sepanjang perbatasan dengan Belarusia. Rusia menggunakan Belarusia sebagai tempat persiapan pasukan dan senjata ketika menginvasi Ukraina dan kekhawatiran tetap ada bahwa Presiden otoriter Belarusia, Alexander Lukashenko, dapat mengirim pasukan ke Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home