Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:01 WIB | Rabu, 09 Maret 2022

Presiden Ukraina Tak Lagi Mendesak Keanggotaan di NATO

Volodymyr Zelensky siap bernegosiasi dengan Vladimir Putin tentang dua wilayah yang mau memisahkan diri.
Foto tangkap layar video yang diambil dan dirilis oleh layanan pers Kepresidenan Ukraina pada 7 Maret 2022 menunjukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara di ibukota Kiev. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia tidak lagi mendesak keanggotaan NATO untuk Ukraina, masalah sensitif yang menjadi salah satu alasan Rusia untuk menyerang tetangganya yang pro Barat.

Dalam anggukan kepala lain yang ditujukan untuk menenangkan Moskow, Zelenskyy mengatakan dia terbuka untuk "berkompromi" pada status dua wilayah pro Rusia yang memisahkan diri yang diakui Presiden Vladimir Putin sebagai independen sebelum melepaskan invasi pada tanggal 24 Februari.

“Saya telah tenang mengenai pertanyaan ini sejak lama setelah kami memahami bahwa… NATO tidak siap untuk menerima Ukraina,” kata Zelenskyy dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Senin (7/3) malam di ABC News.

“Aliansi takut akan hal-hal kontroversial, dan konfrontasi dengan Rusia,” tambah presiden. Mengacu pada keanggotaan NATO, Zelenskyy mengatakan melalui seorang penerjemah bahwa dia tidak ingin menjadi presiden dari “negara yang memohon sesuatu dengan berlutut.”

Rusia mengatakan tidak ingin negara tetangga Ukraina bergabung dengan NATO, aliansi transatlantik yang dibuat pada awal Perang Dingin untuk melindungi Eropa dari Uni Soviet.

Dalam beberapa tahun terakhir aliansi telah berkembang lebih jauh dan lebih jauh ke timur untuk mengambil negara-negara bekas blok Uni Soviet, yang membuat marah Kremlin.

Rusia melihat perluasan NATO sebagai ancaman, seperti halnya postur militer sekutu baru Barat ini di depan pintunya.

Sesaat sebelum dia mengejutkan dunia dengan memerintahkan invasi ke Ukraina, Putin mengakui sebagai dua "republik" separatis pro Rusia di Ukraina timur: Donetsk dan Lugansk, yang telah berperang menentang Kiev sejak 2014. Putin sekarang ingin Ukraina juga mengakui mereka sebagai negara yang berdaulat dan mandiri.

Ketika ABC bertanya kepadanya tentang permintaan Rusia ini, Zelenskyy mengatakan dia terbuka untuk berdialog. "Saya berbicara tentang jaminan keamanan," katanya.

Dia mengatakan kedua wilayah ini “belum diakui oleh siapa pun kecuali Rusia, republik semu ini. Tetapi kita dapat mendiskusikan dan menemukan kompromi tentang bagaimana wilayah-wilayah ini akan terus hidup.”

"Yang penting bagi saya adalah bagaimana orang-orang di wilayah itu akan hidup yang ingin menjadi bagian dari Ukraina, yang di Ukraina akan mengatakan bahwa mereka ingin mereka masuk," kata Zelenskyy.

“Jadi pertanyaannya lebih sulit dari sekadar mengakui mereka,” kata presiden. “Ini adalah ultimatum lain dan kami tidak siap untuk ultimatum. Yang perlu dilakukan adalah Presiden Putin mulai berbicara, memulai dialog, bukannya hidup dalam gelembung informasi tanpa oksigen.” (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home