Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:59 WIB | Rabu, 09 Maret 2022

Polandia Serahkan Semua Jet Tempur MIG-29 ke Ukraina

Dua Angkatan Udara Polandia Rusia menerbangkan MIG- 29 di atas dan di bawah dua Angkatan Udara Polandia Jet tempur F-16 AS dalam Pertunjukan Udara di Radom, Polandia, pada 27 Agustus 2011. (Foto: dok. AP/Alik Keplicz)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Polandia siap untuk mengerahkan semua pesawat jet tempur MIG-29 ke Pangkalan Udara Rammstein di Jerman dan menyerahkannya kepada Amerika Serikat, dan mendesak anggota NATO lainnya yang memiliki pesawat jenis itu untuk melakukan hal yang sama, kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (8/3).

Anggota parlemen AS mendorong pemerintahan Presiden Joe Biden pada hari Senin untuk memfasilitasi transfer pesawat tempur ke Ukraina dari Polandia dan negara-negara NATO dan Eropa Timur lainnya, setelah permohonan pada hari Sabtu dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

“Pihak berwenang Republik Polandia siap untuk mengerahkan, segera dan gratis, semua jet MIG-29 mereka ke Pangkalan Udara Rammstein dan menempatkannya di tangan Pemerintah AS,” kata kementerian itu.

“Pada saat yang sama, Polandia meminta AS untuk memberi kami pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai. Polandia siap untuk segera menetapkan syarat pembelian pesawat,” tambahnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home