Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:11 WIB | Senin, 25 Juli 2022

Presiden Ukraina: Tidak Ada Gencatan Senjata Tanpa Rebut Kembali Wilayah dari Rusia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy (Foto: dok. Ist.)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan gencatan senjata dengan Rusia tanpa merebut kembali wilayah yang hilang hanya akan memperpanjang perang, menurut sebuah wawancara dengan Wall Street Journal pada hari Jumat (22/7).

Dia memperingatkan bahwa gencatan senjata yang memungkinkan Rusia untuk mempertahankan wilayah Ukraina yang direbut sejak invasi pada Februari hanya akan mendorong konflik yang lebih luas, memberi Moskow kesempatan untuk mengisi kembali dan mempersenjatai kembali untuk putaran berikutnya.

Zelenskyy juga berbicara tentang sistem roket artileri mobilitas tinggi (HIMARS) yang dipasok Amerika Serikat, dengan mengatakan, “pasokan HIMARS Barat, sementara membuat perbedaan materi, jauh lebih rendah daripada yang dibutuhkan Ukraina untuk membalikkan keadaan.”

“Membekukan konflik dengan Federasi Rusia berarti jeda yang memberi Federasi Rusia istirahat untuk beristirahat,” lapor Wall Street Journal, mengutip komentar Zelenskyy.

Dia berkata, “Masyarakat percaya bahwa semua wilayah harus dibebaskan terlebih dahulu, dan kemudian kita dapat bernegosiasi tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana kita dapat hidup di abad-abad mendatang”.

“Kebutuhan yang lebih mendesak adalah sistem pertahanan udara yang dapat mencegah Rusia menghujani rudal jarak jauh di kota-kota yang damai, ratusan mil dari garis depan,” tambah Zelenskyy.

Mengacu pada kesepakatan yang ditandatangani dengan Rusia untuk membuka kembali ekspor biji-bijian, Zelenskyy mengatakan, “Konsesi diplomatik ke Moskow mungkin agak menstabilkan pasar, tetapi hanya akan memberikan jeda dan bumerang sementara di masa depan.”

Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting pada hari Jumat untuk membuka kembali pelabuhan Laut Hitam Ukraina untuk ekspor biji-bijian, meningkatkan harapan bahwa krisis pangan internasional yang diperparah oleh invasi Rusia dapat diredakan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home