Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:06 WIB | Rabu, 17 Juli 2013

Profil Kabinet Mesir: Wakil PM, Menteri Pertahanan, Jenderal Abdel Fattah E--Sisi

Jenderal Abdel Fattah El-Sisi, PM dan Menteri Pertahanan Mesir.

SATUHARAPAN.COM - Kelahiran tahun 1954,  Abdel Fattah-El-Sisi lulus dari akademi militer Mesir tahun 1977. Dia bertugas pada mekanik infanteri, kemudian mengkhususkan diri dalam strategi perang anti-tank dan perang mortir. Tahun 2008 menjadi komandan zona militer di Mesir Utara.

Ketika meletus revolusi 25 Januari 2011, Jenderal El-Sisi adalah kepala intelijen militer serta anggota termuda Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, sebuah lembaga yang kemudian memerintah Mesir hingga pemilihan presiden pada bulan Juni 2012. Pada Agustus 2012, Presiden Mohamed Morsi menunjuk El-Sisi sebagai menteri pertahanan untuk menggantikan Marsekal Tantawi.

Pada 1 Juli 2013, angkatan bersenjata Mesir, dipimpin oleh El-Sisi, menyampaikan ultimatum kepada kelompok-kelompok politik di Mesir, meminta mereka memecahkan kebuntuan politik yang sedang berlangsung dalam waktu 48 jam atau menghadapi roadmap yang ditawarkan militer.

Pada tanggal 3 Juli, El-Sisi menyatakan di televisi bahwa Presiden Mohammed  Morsi telah gagal memimpin Mesir dan bahwa ia tidak lagi menjabat sebagai  presiden, dan akan digantikan oleh kepala Mahkamah Konstitusi. El-Sisi menyatakan bahwa tentara bertindak semata-mata untuk menjaga keamanan nasional Mesir.

Jenderal El-Sisi saat ini sebagai figur paling popular di kalangan rakyat mesir dari kelas yang berbeda dan kelompok-kelompok di Mesir. Namun demikian, Ikhwanul Muslimin menuduh dia memimpin kudeta yang tidak sah terhadap Morsi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home