Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:23 WIB | Jumat, 11 Desember 2020

Program Pangan Dunia Terima Penghargaan Nobel Perdamaian

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) David Beasley usai menerima Penghargaan Nobel Perdamaian 2020 di Roma, Italia Kamis (10/12). (Foto: VOA)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Program Pangan Dunia (WFP) pada hari Kamis (10/12) menerima Hadiah Nobel Perdamaian atas upaya badan itu memerangi kelaparan di seluruh dunia. Hadiah itu diberikan dalam upacara kecil di markas besar badan PBB itu di Roma.

Hadiah biasanya diberikan dalam upacara besar yang disiarkan televisi di ibu kota Norwegia, Oslo, tetapi pandemi COVID-19 membuat upacara itu dilakukan secara virtual, dengan para anggota Komite Nobel di Norwegia, dan Direktur Eksekutif WFP David Beasley di Roma.

Ketua Komite Nobel Norwegia Berit Reis-Anderson membuka upacara tersebut, secara daring, dan mengundang Beasley untuk datang ke Oslo, diharapkan tahun depan, untuk menyampaikan pidato tradisional penerimaan hadiah Nobel atas nama WFP.

Di Roma, Beasley dianugerahi Medali Nobel dan Diploma atas nama panitia Nobel oleh wakil Presiden Biro Perdamaian Internasional, Lisa Pelletti Clark.

Beasley berterima kasih kepada komite yang telah mengakui upaya WFP memerangi kelaparan, mengakhiri konflik, dan menciptakan stabilitas dan perdamaian.

“Kami percaya makanan adalah jalan menuju perdamaian,” katanya, seraya menyebut hadiah itu lebih dari sekedar ucapan terima kasih, tetapi itu adalah seruan untuk bertindak “karena begitu banyak perang, perubahan iklim, penggunaan meluas makanan sebagai senjata politik dan militer dan pandemi global yang membuat semua itu semakin buruk.”

Ada 12 penerima hadiah Nobel tahun ini dan semuanya kecuali Hadiah Perdamaian telah diberikan dalam beberapa hari terakhir pada upacara-upacara sederhana di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. WFP – seperti semua pemenang hadiah Nobel – juga akan menerima hadiah uang tunai sekitar $ 1,18 juta (sekitar Rp17 miliar). (VOA)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home