Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:08 WIB | Rabu, 27 Juli 2022

Prototipe Apple1 Steve Jobs Dilelang

Prototipe Apple-1 Computer Steve Jobs sedang dilelang oleh RR Auction yang berbasis di Boston. (Twitter)

SATUHARAPAN.COM-Sepotong sejarah langka dari hari-hari awal Apple Inc. yang berkembang di Silicon Valley akan dibawa ke penawar tertinggi dalam lelang.

Prototipe computer Apple-1 dari Steve Jobs sedang dilelang oleh RR Auction yang berbasis di Boston, dengan tawaran saat ini sebesar US$278.005. Penawaran akan berakhir pada 18 Agustus. Lelang RR menjual komputer Apple-1 pada September 2018 seharga US$375.000.

Prototipe, yang dianggap "hilang hingga saat ini," adalah apa yang digunakan oleh pendiri Apple untuk mendemonstrasikan Apple-1 kepada pemilik toko komputer pribadi Paul Terrell pada tahun 1976.

Menurut deskripsi item di situs web RR Auction, Jobs dan salah satu pendiri Steve Wozniak awalnya membayangkan bahwa komputer Apple-1 sebagai bagian dari kit do-it-yourself seharga US$ 40.

Terrell meyakinkan para pengusaha untuk mengubah produk menjadi komputer pribadi pra rakitan seharga US$666,66 dan memberi mereka pesanan besar pertama mereka.

“Tidak ada Apple-1 tanpa papan ini, ini adalah cawan suci Steve Jobs dan memorabilia Apple,” kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction.

Perangkat melewati tangan Wozniak juga: Prototipe tampaknya telah disolder tangan oleh Wozniak pada "papan sirkuit Apple Computer A" yang unik, menurut deskripsi rumah lelang. Prototipe menunjukkan "teknik tiga tangan Wozniak yang tidak biasa menggunakan kawat di satu tangan, menyolder besi di tangan yang lebih tua dan menyolder dengan mulutnya."

Pada tahun 1976, Terrell mengambil foto Polaroid dari prototype itu, yang dicocokkan dengan papan sirkuit. Prototipe diperiksa dan diautentikasi pada tahun 2022 oleh ahli Apple-1, Corey Cohen, yang juga menulis laporan 13 halaman yang menyertainya. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home