Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:15 WIB | Kamis, 27 September 2018

Puspiptek Kembali Menggelar Innovation Festival (PIF) 2018

Ilustrasi. Flyer undangan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2018. (Foto: puspiptek.ristekdikti.go.id)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) kembali mengelar Puspiptek Innovation Festival (PIF), Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (27/9) – Minggu (30/9), memiliki tema Innovation for All, di kawasan Puspiptek, kota Tangerang Selatan.

Festival yang ditujukan untuk menampilkan dan membagikan informasi tentang Puspiptek, karya-karya, dan prestasi yang telah dihasilkan.

PIF pertama kali digelar pada tahun 2017, sebagai rangkaian kegiatan ulang tahun ke- 41 tahun Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dengan mengangkat tema "Kenal, Bangga, Ceritakan". Tujuannya untuk mengajak masyarakat lebih mengenal dan mencari tahu lebih jauh tentang Puspiptek dan kiprahnya pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia.

PIF digelar sebagai festival tahunan, bukan hanya untuk Puspiptek namun juga untuk Kota Tangerang Selatan. Bahkan diharapkan juga menarik minat masyarakat Jabodetabek bahkan Indonesia secara umum.

Tahun ini, penyelenggaraan PIF kembali dilaksanakan dengan berbagai inovasi baru yang dipamerkan. Selain itu juga terdapat berbagai agenda menarik untuk meningkatkan minat dan pengetahuan masyarakat terkait perkembangan Iptek di tanah air.

Innovation for All, yang menjadi tema, yang adalah inovasi untuk semua. Siapapun dapat menciptakan inovasi sebagai suatu solusi dari aksi menyelesaikan masalah. Inovasi sudah memotivasi berbagai kalangan untuk melahirkan sebuah bottom-up project yang akan membantu pembangunan berkelanjutan.

PIF 2018 kali ini terdapat kolaborasi kegiatan internasional antara Puspiptek dengan ASEAN-India Grassroots Innovation Forum dalam bentuk seminar, kompetisi, dan pameran kerja sama dengan ASEAN-India; dan juga UN ESCAP Forum: Policis for Inclusive Innovation and Social Entreprenuership, bekerja sama dengan United Nations Economics and Social Commisions for Asia and The Pacific (UN ESCAP).

Kegiatan ini akan menampilkan seminar, workshop, talkshow, kids science project, treasure hunt, science tour, pameran inovasi, planetarium mini, serta berbagai macam kompetisi.

Masyarakat,  akan diajak  mengenal lebih jauh tentang Puspiptek dan kiprahnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dan Internasional. (puspiptek.ristekdikti.go.id/ innofest.id)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home