Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:56 WIB | Kamis, 30 Januari 2014

Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Memenuhi Komponen B3

Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Memenuhi Komponen B3
Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira (Jawa Timur). (Foto-foto: Equivalent Pangasi)
Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Memenuhi Komponen B3
Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira bersama Miss Universe 2013 Maria Gabriela Isler dalam pemilihan Puteri Indonesia 2014 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada Rabu (29/1).
Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira Memenuhi Komponen B3
Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira menyapa hadirin di penutup acara.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Elvira Devinamira, finalis Puteri Indonesia 2014 asal Jawa Timur memenuhi komponen Beauty, Brain, Behaviour (B3) yang tergambar dari jawabannya yang lugas namun mendalam untuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dewan juri.

Grand final kontes kecantikan Puteri Indonesia 2014 yang berlangsung pada Rabu (29/1) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) itu menobatkan Elvira sebagai pemenang.

Berdasarkan penilaian sejak masa karantina, finalis yang semula 38 orang dari 33 provinsi mengerucut menjadi 10 besar. Setiap finalis yang berhasil masuk dalam 10 besar wajib memilih satu dari 12 pertanyaan yang telah disiapkan oleh juri secara acak dan menjawab pertanyaan yang telah dipilih dalam waktu 30 detik.

Pertanyaan-pertanyaan yang disiapkan di antaranya mengenai isu ekonomi, sosial, politik, pendidikan, lingkungan, kesetaraan gender, dan budaya, yang sengaja disiapkan untuk menguji wawasan sekaligus respons para kontestan mengenai isu terkait. Dewan juri akan menilai jawaban dari kontestan yang kemudian digunakan sebagai penentu untuk masuk ke lima besar.

Pertanyaan mengenai kesetaraan gender, misalnya, mengenai peran perempuan dalam kancah politik di Indonesia. Selain itu, muncul pula pertanyaan mengenai strategi untuk mempertahankan budaya Indonesia agar tidak diklaim oleh bangsa lain.

Pada tingkat lima besar itu, peserta kembali diminta menjawab pertanyaan masih seputar isu ekonomi, sosial, politik, pendidikan, lingkungan, kesetaraan gender, dan budaya.

Hasil penilaian menyisakan tiga besar Puteri Indonesia 2014, yaitu Estelita Liana asal Daerah Istimewa Yogyakarta, Elfin Pertiwi asal Sumatera Selatan, dan Elvira Devinamira asal Jawa Timur.

Untuk mencapai posisi pertama, ketiga finalis harus menjawab pertanyaan yang sama, mengenai keuntungan dari hubungan kerja sama Indonesia dengan negara lainnya.

Jawaban yang diberikan finalis menjadi penentu pemenang Puteri Indonesia 2014.

Terlihat persaingan yang ketat antara Elvira dan Elfin Pertiwi, finalis asal Sumatera Selatan. Selama proses penjurian, penonton tampak sangat mendukung kedua finalis dengan terus meneriakkan nama kedua finalis.

Namun, Elfin terdengar ragu menjawab pertanyaan juri dengan hanya mengatakan hubungan dengan dunia internasional akan membawa keuntungan pada Indonesia tanpa penjelasan mendalam. Tak banyak penonton yang mengapresiasinya dengan tepuk tangan.

Sementara itu, Elvira mengatakan hubungan kerja sama Indonesia dengan dunia internasional akan menunjukkan jati diri bangsa Indonesia. Elvira juga mengatakan hubungan kerja sama ini akan mempromosikan budaya bangsa dengan segala keramahtamahannya.

Elvira Devinamira, berhasil meraih posisi pertama Puteri Indonesia. Sedangkan Elfin harus puas berada di posisi kedua, yaitu Runner Up 1 Puteri Indonesia (Puteri Indonesia Lingkungan Hidup) sekaligus memenangkan posisi sebagai Puteri Indonesia Berbakat.

Puteri Indonesia 2014 akan menjadi utusan Indonesia dalam ajang Miss Universe. Sementara itu, Runner Up 1 dan Runner Up 2 masing-masing akan menjadi utusan Indonesia dalam Miss International dan Miss Supranational.

Puteri Indonesia 2014 harus memiliki tiga komponen, yaitu Beauty, Brain, Behaviour. Puteri Indonesia bukan hanya cantik secara fisik, tetapi juga berprestasi dan memiliki wawasan yang luas serta pembawaan diri yang dapat menunjukkan jati diri bangsa Indonesia.

 

Hasil Grand Final Puteri Indonesia 2014-01-30

Puteri Indonesia Inteligensia:

Sriana (Kalimantan Tengah)

Raisa Adila (Sumatera Barat)

Dini Marlien (DKI Jakarta 5)

Puteri Indonesia Berbakat: Elfin Pertiwi (Sumatera Selatan)

Puteri Indonesia Persahabatan: Mega Tryanastasia (Sumatera Utara)

Puteri Indonesia Favorit Kepulauan:

Kepulauan Sumatera: Raisa Adila (Sumatera Barat)

Kepulauan Jawa: Ayeesha Thyzianza (DKI Jakarta 4)

Kepulauan Kalimantan: Rizka Afriandita (Kalimantan Barat)

Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara: Dyantra Silvana (Nusa Tenggara Timur)

Kepulauan Sulawesi:Vensca Veronica (Gorontalo)

Kepulauan Indonesia Timur: Claudia Djafaar (Maluku Utara)

Runner Up 2/Puteri Indonesia Pariwisata: Estelita Liana (DI Yogyakarta)

Runner Up 1/Puteri Indonesia Lingkungan Hidup: Elfin Pertiwi (Sumatera Selatan)

Puteri Indonesia 2014: Elvira Devinamira (Jawa Timur)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home