Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:39 WIB | Jumat, 16 Desember 2022

Putin: Atasi Sanksi Barat, Rusia Perluas Dagang ke Asia, Afrika dan Amerika Latin

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menghadiri pertemuan dengan Gubernur Wilayah Altai, Viktor Tomenko, melalui tautan video di kediaman negara Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia 14 November 2022. (Foto: dok. Sputnik)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Vladimir Putin mengatakan pada hari Kamis (15/12) bahwa Rusia akan memperluas kerja sama perdagangan dengan mitra baru, termasuk dengan mengalihkan aliran gas ke tetangga timur, untuk memerangi sanksi Barat.

Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa Rusia akan mengembangkan hubungan ekonominya dengan mitra di Asia, Afrika, dan Amerika Latin untuk menggagalkan upaya Barat untuk mengisolasinya secara ekonomi.

“Kami akan menghapus batasan dalam logistik dan keuangan. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa dengan memberlakukan sanksi, negara-negara Barat berusaha mendorong Rusia ke pinggiran pembangunan dunia. Tapi kami tidak akan pernah mengambil rute isolasi diri,” katanya.

“Sebaliknya, kami memperluas, dan akan memperluas, kerja sama dengan semua orang yang berkepentingan di dalamnya.”

Penjualan energi Rusia ke Eropa telah turun tajam sejak dimulainya perangnya di Ukraina. Putin mengatakan akan meningkatkan penjualan gas ke timur dan menegaskan kembali rencananya untuk membangun "pusat gas" baru di Turki.

Dia mengatakan akan menentukan harga penjualan gas ke Eropa menggunakan "platform elektronik".

Ekonomi Rusia diperkirakan menyusut 2,5 persen pada tahun 2022, kata Putin. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home