Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:39 WIB | Selasa, 07 Juli 2015

Putin Dukung Rakyat Yunani Atasi Berbagai Kesulitan

Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Kotzias (kiri) menggelar konferensi pers gabungan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan) di kantor Perdana Menteri, Yerusalem, 6 Juli 2015. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin, hari Senin (6/7), mengatakan kepada Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dia mendukung rakyat Yunani mengatasi “berbagai kesulitan” yang mereka hadapi setelah hasil dukungan “Tidak” mereka terhadap ketentuan dana talangan dari kreditor, kata Kremlin.

“Putin menyampaikan dukungan kepada rakyat Yunani dalam mengatasi berbagai kesulitan yang melanda negara tersebut,” menurut pernyataan Kremlin.

Pernyataan itu mengatakan pembicaraan diinisiasi oleh pihak Yunani dan kedua pemimpin tersebut juga membahas “sejumlah masalah mengenai perkembangan lebih lanjut kerja sama Rusia-Yunani.”

Seorang juru bicara Kremlin sebelumnya menyatakan bahwa Moskow berharap Athena dapat mencapai kompromi dengan kreditornya setelah rakyat Yunani menolak langkah penghematan lebih lanjut dalam referendum pada Minggu.

“Kami berharap bahwa sejumlah mitra Yunani mencapai kompromi penting dengan lembaga kreditor sesegera mungkin dan membuat keputusan yang akan sangat berkontribusi pada stabilitas ekonomi dan sosial di negara tersebut,” ujar juru bicara Dmitry Peskov seperti dikutip kantor berita Rusia.

Peskov menambahkan Kremlin menghormati hasil referendum tersebut – yang menunjukkan lebih dari 61 pemilih menolak rencana dana talangan – dan akan memantau secara ketat perkembangan situasi di negara anggota Uni Eropa tersebut.

Kepemimpinan pemerintahan sayap kiri Yunani semakin mendekat kepada Moskow dalam beberapa bulan terakhir saat konflik dengan lembaga kreditornya semakin memburuk. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home