Loading...
INDONESIA
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 05:58 WIB | Senin, 19 Agustus 2013

Ramai-ramai Pulang Kampung di Kongres Diaspora

Congress of Indonesia Diaspora - CID (dok: Diaspora Indonesia )

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Luar Negeri Indonesia kembali menyelenggarakan Congress of Indonesia Diaspora (CID) atau Kongres Diaspora Indonesia. Acara yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini mengambil tema Pulang Kampung, berlangsung pada tanggal 18 – 20 Agustus 2013, bertempat di Jakarta Convention Center.

Kongres Diaspora Indonesia merupakan acara yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat diaspora Indonesia untuk saling terhubung dan menyatukan diri menjadi sebuah komunitas besar, agar menciptakan kekuatan nyata untuk mencapai Indonesia yang lebih baik. Acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan dan mengimplementasikan inisiatif konkret untuk memberdayakan masyarakat Indonesia di seluruh dunia.

CID akan menjadi peristiwa penting, yang memberikan paradigma baru mengenai Diaspora Indonesia di abad ke-21. Sebelumnya, fokus Kemenlu ditekankan pada peran pekerja migran Indonesia, yang menjadi bagian penting dari Diaspora Indonesia. CID diharapkan dapat menjangkau tidak hanya pekerja migran, tetapi lebih luas lagi, agar dapat mencerminkan spektrum penuh dan beragam dari Diaspora Indonesia di seluruh dunia.

“Tahun ini, jumlah orang yang mendaftar untuk mengikuti CID sekitar 3.880 orang. Ini melebihi target yang hanya 3.000 orang,” kata Staf Ahli Kemenlu Bidang Ekosusbud sekaligus Ketua Desk Diaspora Indonesia, M. Wahid Supriyadi.

Pada kongres tahun ini, Kemenlu bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mengadakan serangkaian acara. Seperti Fun Bike, Public Forum yang membahas banyak hal dan Kampung Kuliner. Juga akan menampilkan sejumlah orang-orang penting perwakilan Indonesia dan negara lain sebagai nara sumber dan tamu undangan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home