Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:41 WIB | Jumat, 11 September 2015

Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Kembali Dilantik

Pelantikan pejabat eselon II dan III Jumat (11/9) sore di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari 100 pejabat eselon III dan IV secara resmi telah dilantik oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hari ini, Jumat (11/9) sore di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Nomor 1.866 – 1.882 tahun 2015 tanggal 10 September 2015 tentang pengangkatan, pemilihan, dan pemberhentian dari dan dalam jabatan administrator serta Keputusan Gubernur DKI Nomor 1.883 – 1.905 tahun 2015 tanggal 10 September tentang pengangkatan, pemilihan, dan pemberhentian dari dan dalam jabatan pengawas.

Dari data yang dihimpun dari Humas Pemprov DKI, jumlah pejabat eselon yang dilantik untuk pejabat eselon III yakni sebanyak 35 orang dari hasil rotasi jabatan dan 22 orang dari hasil promosi jabatan. Sementara untuk pejabat eselon IV, tercatat sebanyak 91 orang yang terkena rotasi jabatan dan 64 orang diangkat dari promosi jabatan.

Pemprov juga melakukan demosi dan mutasi pada sejumlah pegawai yang dinilai tidak kredibel, serta mengistrahatkan pegawai yang masuk masa pensiun. Untuk eselon III, tercatat sebanyak 23 orang terdampak demosi, 10 orang terdampak mutasi, dan 1 orang pensiun. Sementara untuk eselon IV, tercatat sebanyak 8 orang terdampak demosi dan 2 orang terkena mutasi.

Dalam pidatonya, Ahok mengatakan tak sungkan mendemosi PNS yang ketahuan nakal. Meski ia mengakui banyak yang tak suka dengan caranya mecopot-tempel jabatan, Ahok memastikan cara ini efektif untuk menyeleksi pegawai yang layak menduduki posisi strategis dalam struktur birokrasi.

“Tolong kalau nggak suka saya, buat saya bingung gimana caranya mecat bapak ibu. Mungkin pekan depan ada pelantikan lagi,” ujar Ahok.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home